Apakah Berat Janin Dalam Kandungan Anda Sudah Sesuai Cek di Sini

Apakah Berat Janin
Seiring menjalani kehamilan, perut mak akan semakin mengembang. Ini mengindikasikan bahwa janin terus bertumbuh kembang dalam dalam kandungan. Apakah berat janin dalam kandungan Knda sudah ideal didasarkan  usia janin? Cari memahami dalam artikel ini.

Berat janin yg ideal didasarkan  usia kehamilan

Panjang & berat janin satu & yg lainnya mungkin tidak sinkron. Pasalnya, taraf tumbuh kembang masing-masing bayi bisa tidak sinkron alasannya ditentukan sang poly faktor  mulai menurut asupan makanan hingga kesehatan ibunya sendiri.

Jadi, jangan terlalu risi dulu jikalau scan USG Knda menawarkan bahwa bayi Knda mini atau lebih akbar. Pada biasanya, berat janin mungkin terdapat dalam kurang lebih 2-4 kilogram dalam akhir kehamilan.

Dirangkum menurut Mayo Clinic & Baby Center, berikut artinya anggapan panjang & berat janin yg ideal didasarkan  perkembangannya dalam dalam kandungan.

Perkembangan janin dalam trimester pertama

Dua minggu pertama sehabis pembuahan, Knda mungkin belum mencicipi perubahan yg berarti. Sebab, tubuh janin masih belum terbentuk sama sekali hingga dalam minggu kelima sehabis pembuahan (waktu haid Knda berhenti).

Di masa ini pun, calon jabang bayi Knda masih berupa embrio yg seukuran biji wijen. Satu biji wijen berbobot kurang lebih 0,00364 gram. Namun, embrio waktu ini sudah memiliki cikal bakal lapisan kulit, saraf, organ penting (hati, jantung, paru, & usus), mata & indera pendengaran, hingga sistem genre darah meski belum paripurna.

Di kurang lebih minggu ke 7 hingga kedelapan, idealnya berat janin waktu ini kurang lebih 1 gram beserta panjang tubuh 1,6 centimeter. Pertambahan berat ini terjadi alasannya janin sudah mulai membuatkan anggota motilitas, kepala, & bagian-bagian paras. Minggu ke-9 berat bayi bertambah kurang lebih 2 gram beserta panjang janin kurang lebih 2,3 centimeter, alasannya diiringi beserta perkembangan anggota tubuh lainnya.

Pada minggu kesepuluh, kepala bayi sudah lingkaran & anggota geraknya. Kepala bayi akan menjadi lebih lingkaran & jari menjadi lebih paripurna dalam inggu ke-10. Diikuti beserta perkembangan indera pendengaran luar & tali sentra akan terlihat lebih terperinci. Saat ini berukuran panjang janin 3,1 centimeter beserta berat 4 gram.

Pada minggu ke-11, bagian paras bayi sudah terbentuk paripurna, akan tetapi bagian gigi baru akan tumbuh. Alat kelamin juga akan terbentuk menjadi penis atau klitoris & labia mojora. Berat tubuh janin waktu ini sudah 2 kali lipatnya, yaitu kurang lebih 7 hingga 8 gram beserta panjang 4,1 senti meter. Pada minggu ke-12, kuku akan tumbuh & berukuran panjang janin menjadi lima,4 centimeter beserta berat 14 gram.

Perkembangan janin dalam trimester ke 2

Minggu ke-13 hingga minggu ke-27

Memasuki trimester ke 2, janin menjadi tampak lebih konkret. Pada minggu ke-13, janin sudah mulai mengeluarkan urin ke kantung amnion, membangun cairan ketuban. Tulang & kerangka bayi sudah mulai mengeras, terutama dalam kepala & tulang panjang. Kemudian kulit janin yg masih tipis & transparan akan segera menebal.

Saat ini berukuran panjang bayi kurang lebih 7,4 centimeter beserta berat 23 gram. Minggu ke-14, bagian leher & tungkai bawah akan terlihat lebih terperinci. Sela darah merah membangun limpa dalam janin & indera reproduksinya akan terlihat dalam minggu ini atau beberapa minggu yg akan tiba. Ukuran panjang bayi waktu ini artinya 8,7 centimeter beserta berat 43 gram. Minggu ke-15, pola rambut kulit kepala akan terbentuk & berukuran panjang janin kurang lebih 10,1 centimeter beserta berat 70 gram.

Minggu ke-16, kepala bayi sudah tegak & pembentukan indera pendengaran sudah hampir smpurna. Gerakan anggota tubuh janin sudah bisa dideteksi beserta USG. Namun, masih terlalu sedikit buat dirasakan. Ukuran panjang janin kurang lebih 11,6 centimeter beserta berat 100 gram. Kemudian dalam minggu ke-17, kuku kaki sudah timbul & janin menjadi lebih aktif, san jntungnya bisa memompa kurang lebih 100 liter darah per hari. Ukuran panjang janin kurang lebih 13 centimeter beserta beratnya kurang lebih 140 gram.

Pada minggu ke-18, bentuk indera pendengaran mulai menonjol menurut sisi kepala, bagian mata sudah menghadap ke depan, & pencernaan bayi sudah mulai bekerja. Ukuran panjang janin kurang lebih 14,2 centimeter beserta berat 190 hingga 200 gram.

Selanjutnya dalam minggu ke-19, pertumbuhan bayi mulai melambat akan tetapi terbentuk kulit vernix caseosa (lapisan minyak yg melindungi kulit bayi menurut lecet). Ukuran panjang janin kurang lebih 15,3 centimeter beserta berat 240 gram.

Pada minggu ke-20, mungkin Knda bisa mencicipi gerakan bayi & indera reproduksi sudah terentu. Pada usia ini, Knda bisa melakukan USG buat melihat jenis kelamin bayi Knda. Ukuran panjang janin kurang lebih 16,4 centimeter beserta berat kurang lebih 300 gram.

Pada minggu ke-21, kulit kepala sudah tertutupi beserta rambut halus (lanugo) kemungkinan bayi juga membuatkan kemampuan mengisap. Ukuran panjang janin kurang lebih 25,6 centimeter & beratnya 360 gram.

Pada minggu ke-22, rambut alis sudah mulai tumbuh & testis dalam janin pria sudah mulai turun. Ukuran panjang bayi waktu ini kurang lebih 27,8 centimeter & beratnya kurang lebih 430 gram.

Pada minggu ke-23, janin sudah memiliki kemampuan buat menggerakan mata & cegukan, kadang sang mak mencicipi sentakan. Ukuran panjang janin waktu ini kurang lebih 28,9 centimeter beserta berat 501 gram.

Kemudian dalam minggu ke-24, sidik jari dalam telapak tangan & telapak kaki juga sudah tercipta. Selain itu, kulit janin mulai berkerut & berwarna merah belia alasannya adanya kapiler. Ukuran panjang janin waktu ini kurang lebih 300cm beserta berat 600 gram.

Kemampuan bayi buat merespon bunyi menjadi gerakan terjadi dalam minggu ke-25 beserta berukuran panjang 34,6 centimeter & beratnya 660 gram. Selanjutnya, perkembangan paru-paru semakin tinggi (gerakan mekar & mengempis), saraf janin sudah bisa bekerja beserta baik, & kulit janin menjadi lebih halus alasannya menerima lemak. Ini terjadi dalam minggu ke-26 & minggu ke-27 beserta berukuran panjang janin kurang lebih 36,6 centimeter & beratnya sudah mencapai 875 gram.

Perkembangan janin dalam trimester ketiga

Minggu ke-28 hingga minggu ke-42

Setelah perkembangan paru-paru semakin tinggi, dalam minggu ke-28, sistem saraf sentra sudah bisa mengarahkan gerakan pernapasan berirama & mengendalikan tubuh. Ini juga disertai beserta pertumbuhan bulu mata & sebagian kelopak mata janin yg bisa terbuka. Perkiraan panjang & beratnya artinya kurang lebih 37,6 centimeter & 1005 gram atau mencapai 1 kilo gram.

Pada minggu ke-29 & minggu ke-30, gerakan janin semakin berkembang mirip menendang, meregang, & membangun gerakan menggenggam. Selain itu, rambut dalam kepala sudah tumbuh beserta baik & sel darah merah sudah terbentuk dalam sumsum tulang janin. Perkiraan panjang & beratnya artinya 39,9 centimeter & 1,3 kilo gram.

Pada minggu ke-31 hingga mingu ke-33, janin sudah sebagian akbar menuntaskan perkembangan tubuhnya & beratnya terus bertambah akbar beserta cepat. Selanjutnya, tulang-tulang dalam janin akan mengeras, akan tetapi tulang tengkorak masih permanen lembut & lentur. Janin juga membuatkan kemampuan pupil buat merespons cahaya. Perkiraan panjang & beratnya sudah mencapai 2 kilo gram.

Selanjutnya, perkembangan kuku & kulit janin sudah paripurna. Ini membuahkan tubuh janin menjadi gemuk; terlihat terdapat lipatan. Kondisi ini bisa membangun rahim sang mak menjadi penuh & mungkin menyulitkan janin buat beranjak, mirip gerakan memukul. Ini terjadi dalam minggu ke-34 hingga minggu ke-36 beserta berukuran panjang & beratnya kurang lebih 47,4 centimeter & 2,6 kilo gram.

Untuk mempersiapkan kelahiran, kepala janin akan mulai turun ke daerah panggul & berukuran lingkar kepala hampir sama beserta berukuran perut janin. Sebagian akbar bayi juga akan melepaskan seluruh lanugo (rambut halus) dalam tubuhnya & lemak akan terus bertambah ke seluruh tubuh janin agar tubuhnya permanen hangat sehabis dilahirkan. Perkembangan ini terjadi dalam minggu ke-37 hingga minggu ke-39 beserta berukuran panjang & beratnya kurang lebih 3,2 kilo gram.

Minggu ke-40 atau sebagian mak terdapat yg melahirkan dalam minggu ke-42, janin sudah dalam bentuk paripurna & dalam poly sekali berukuran, janin sudah siap buat dilahirkan. Ukuran panjangnya berkisar antara 51,2 centimeter hingga 51,7 centimeter & beratnya berkisar 3,4 kilo gram hingga 3,6 kilo gram.
loading...

0 komentar untuk Apakah Berat Janin Dalam Kandungan Anda Sudah Sesuai Cek di Sini