6 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Gigi Berlubang

6 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Gigi Berlubang
Gigi berlubang menjadi kasus dalam gigi yg paling awam ditemui dalam Indonesia. Seperti diungkapkan sang drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD., praktisi kesehatan gigi & ahli hidup berkaitan dengan mulut Universitas Indonesia, penderita gigi berlubang ini sangat tinggi dalam Indonesia. Penyebabnya artinya pencerahan penduduk Indonesia akan kesehatan gigi masih sangat minim. Itu juga yg mendasari adanya acara-acara edukasi kebersihan lisan ke sekolah-sekolah, lantaran membangun adat memang wajib dilakukan dari mini. Ketika pencerahan ini nir ditumbuhkan, maka risiko terkena gigi berlubang pun akan bertambah.

Gigi berlubang ditimbulkan sang asam yg diproduksi bakteri yg memakan gula dari makanan yg kita makan. Asam ini bisa ganggu gigi. Aika nir ditangani beserta betul, gigi berlubang bisa menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan beserta beberapa penyakit, galat satunya artinya penyakit jantung. Lalu, bagaimana penyelesaiannya?

Knda bisa balik  ke dokter gigi, dokter akan melakukan pengecekan, menjadi akibatnya bisa melakukan tindakan yg pasti buat menangani gigi berlubang. Knda tentu pernah mendengar menambal gigi, bukan? Prosedur yg dilakukan artinya beserta mengebor gigi yg berlubang, kemudian diisi beserta bahan-bahan kondusif buat menambal gigi misalnya gabungan perak, emas. Tapi, apabila gigi sudah senut-senut namun Knda belum bisa tertentu ke dokter, terdapat beberapa cara mengatasi rasa sakitnya beserta beberapa pengobatan alami dalam tempat tinggal.

Cara mengatasi gigi berlubang beserta pengobatan alami

Kabar baiknya, Knda bisa menemukan bahan-bahan rumahan menjadi pengobatan rasa sakit yg diakibatkan gigi berlubang. Berikut ini terdapat beberapa bahan & cara yg bisa Knda coba:

1. Garam

Ya, Knda bisa pakai garam buat mengobati gigi berlubang. Garam mengandung antiseptik & antibakteri. Knda bisa memakai air garam menjadi obat kumur buat mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, dan mencegah perkembangan bakteri dalam lisan. Berikut cara menggunakannya:

Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kumur larutan tadi hingga menyapu seluruh bagian lisan Knda selama satu menit. Selain itu, fokuskan berkumur dalam area yg masih terdapat gigi berlubang. Knda bisa melakukan pengobatan ini tiga kali sehari hingga mengambarkan-mengambarkan mereda (apabila disertai nyeri gigi).
Cara lain yg bisa dilakukan artinya beserta mencampurkan sendok teh garam & sari lemon. Oleskan gabungan tadi sambil memijat gusi selama beberapa menit, kemudian berkumur beserta air hangat sesudahnya. Ulangi pengobatan ini 2 kali sehari dalam beberapa hari buat membunuh bakteri

2. Bawang putih

Bawang putih bisa berfungsi menjadi antibakteri & sangat direkomendasikan buat mengatasi gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga bisa mengurangi rasa nyeri yg terdapat implikasi gigi berlubang & membuat gusi dan gigi menjadi lebih sehat. Cara mengaplikasikannya:

Sediakan tiga hingga 4 siung bawang putih & sendok teh garam. Oleskan dalam gigi yg berlubang atau terinfeksi, abaikan hingga 10 menit. Lalu, berkumur beserta obat kumur. Knda bisa melakukan ini 2 kali sehari dalam beberapa minggu buat mengurangi penyebaran gigi berlubang.
Aika Knda mengalami nyeri dalam area yg berlubang, Knda juga bisa menggosokan minyak bawang putih buat meredakan nyeri.
Satu hal yg paling mudah dilakukan artinya memakan bawang putih mentah. Hal ini juga disebut bisa menyampaikan output yg efektif.

tiga. Licorice (akar anggun)

Menurut penelitian yg dipublikasikan dalam American Chemical Societys Journal of Natural Products, licorice alias akar anggun disebut memiliki manfaat buat kesehatan gigi. Terdapat senyawa licoricidin & licorisoflavan A, yg adalah antibakteri, berfungsi buat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu, licorice juga bisa mengurangi plak dalam gigi. Knda bisa memakai serbuk akar anggun buat menyikat gigi. Selain itu, Knda bisa memakai tertentu batangnya yg lembut menjadi sikat gigi.

4. Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C yg bersifat antibakteri & antiperadangan. Manfaat yg bisa Knda peroleh berupa kesehatan gusi & mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Cara mengaplikasikannya beserta menghancurkan kunyit menjadi serbuk, atau Knda bisa mencari serbuk kunyit dalam toko. Biarkan selama beberapa menit, kemudian berkumur beserta air hangat. Cara lainnya, campurkan serbuk kunyit beserta sedikit minyak mustard, kemudian oleskan sambil memijat gigi & gusi. Biarkan selama 10 menit, kemudian ludahkan gabungan tadi.

lima. Cengkeh

Bersifat antiperadangan, analgesik, & antibakteri membuat cengkeh menjadi galat satu bahan yg krusial buat mengatasi kasus gigi. Tak hanya itu, cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit & mencegah penyebaran gigi berlubang. Berikut cara yg bisa dicoba:

Larutkan 2 hingga tiga tetes minyak cengkeh beserta sendok teh minyak biji wijen. Celupkan kapas dalam larutan tadi & tepuk-tepuk dalam gigi yg berlubang. Lakukan pengobatan ini dalam malam hari sebelum tidur.

Alternatif lain yg bisa dilakukan artinya beserta mengunyah seluruh cengkeh hingga terekstraksi menjadi minyak. Diamkan cengkeh tadi dalam bawah pengecap Knda selama beberapa menit.

6. Oil pulling

Oil pulling adalah teknik berkumur beserta minyak. Pengobatan Ayuverdic berasal dari budaya India ini sudah dipergunakan berabad kemudian. Manfaat yg ditawarkan berupa berkaitan dengan mulut detoksifikasi. Knda bisa memakai minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun. Caranya artinya:

Ambil satu sendok makan galat satu minyak yg direkomendasikan dalam atas
Gunakan buat berkumur selama lebih kurang 20 menit
Ludahkan (jangan menelan minyak)
Bersihkan lisan Knda beserta air hangat, Knda juga bisa mencampurkan garam ke dalam air
Lalu sikat gigi misalnya biasa
Sebaiknya dilakukan dalam pagi hari, ketika perut masih kosong

BACA JUGA:

lima Kebiasaan yg Tanpa Disadari Merusak Gigi
Bagaimana Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kematian?
9 Kesalahan Menyikat Gigi yg Paling Sering Knda Lakukan

Sumber foto: jennifermay
loading...

0 komentar untuk 6 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Gigi Berlubang