6 Faktor Tak Terduga yang Bisa Bikin Anda Sulit Hamil

6 Faktor Tak Terduga yang Bisa Bikin Anda Sulit Hamil
Gaya hayati & faktor lingkungan sanggup memengaruhi peluang Knda untuk memiliki kehamilan & bayi yang sehat. Aika Knda ingin menaikkan kesempatan hamil, tak jarang kali Knda nir tahu apa yang wajib dilakukan atau diwaspadainya. Akibatnya, Knda pun jadi lebih sulit hamil. Untuk memeriksa apa saja penyebab sulit hamik, berikut artinya enam faktor krusial yang menentukan kesuburan Knda.

Mengapa saya atau pasangan saya sulit hamil?

1. Usia

Kualitas & jumlah sel telur wanita semakin menurun seiring bertambahnya usia. Dimulai dalam usia 32, peluang wanita untuk hamil menurun secara sedikit demi sedikit. Pada usia 35, taraf kesuburan semakin menurun & kemungkinan hamil setiap bulannya lebih kurang 20 %. Pada usia 40, kesuburan telah menurun setengahnya & kemungkinan hamil setiap bulannya lebih kurang 5 %.

dua. Berat Badan

Berat badan sanggup memengaruhi masa fertile wanita. Berat badan ideal, diukur beserta indeks massa tubuh (BMI) yang normal sanggup memperlancar ovulasi (divestasi sel telur yang siap dibuahi) menjadi akibatnya peluang hamil pun semakin tinggi.

Nah, kelebihan berat badan sanggup membuat kadar hormon nir seimbang, menjadi akibatnya Knda lebih sulit hamil. Sama mirip kelebihan berat badan, terlalu kurus pula sanggup menghipnotis kesuburan wanita. Aika BMI Knda dalam bawah batas normal, Knda akan mengalami kekurangan hormon leptin, yang mengontrol rasa lapar & perasaan kenyang. Kadar leptin yang rendah sanggup mengganggu periode menstruasi.

3. Merokok

Merokok menyebabkan 13 % kasus ketidaksuburan secara holistik. Merokok membuat indung telur menua & menghabiskan pasokan telur dalam tubuh wanita. Pada tubuh laki-laki, merokok menurunkan jumlah sperma. Paparan asap rokok yang mengandung poly sekali zat berbahaya pula sanggup membuat Knda dan pasangan lebih sulit hamil. 

4. Mengantongi ponsel

Paparan ponsel sanggup menghipnotis kualitas sperma menjadi lebih rendah. Hal ini mungkin terjadi sebab radiasi elektromagnetik radio frekuensi yang merusak DNA menjadi akibatnya merusak kemampuan sperma membuahi sel telur. Ponsel diduga menaikkan suhu testis jadi lebih panas ketika disimpan dalam saku celana. Padahal, suhu yang terlalu panas buruk bagi kualitas & jumlah sperma.

5. Berolahraga terlalu keras

Olahraga sanggup membantu Knda permanen langsing, bertenaga, & penuh tenaga. Namun, jikalau Knda melakukannya terlalu hiperbola, ini akan berdampak negatif dalam kesuburan.

Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Fertility and Sterility menemukan bahwa wanita beserta berat badan normal yang berolahraga keras, yaitu selama lebih dari lima jam dalam seminggu, jadi lebih sulit hamil. Tanda yang terlihat terang artinya perubahan dalam daur menstruasi. Aika Knda mulai mengalami perubahan tadi, sebaiknya kurangi durasi atau intensitas olahraga Knda, kemudian konsultasikan beserta dokter tentang kesehatan & kesuburan Knda.

6. Terlalu stres

Banyak orang bilang wanita hamil perlu kenyamanan, sebab stres tak baik untuk bayi. Tetapi ternyata stres pula tak baik untuk Knda yang sedang berusaha untuk hamil. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Human Reproduction, wanita yang memiliki taraf stres yang tinggi akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Dalam penelitian ini, para pakar pula menganjurkan bagi pasangan yang sedang mencoba hamil untuk latihan yoga atau meditasi. Pasalnya, yoga & meditasi sanggup membantu menenangkan pikiran & menghalau stres berlebih. Stres sebenarnya artinya hal yang wajar, tapi jikalau hiperbola & Knda nir sanggup mengelolanya, kesuburan Knda pula akan ikut terganggu.
loading...

0 komentar untuk 6 Faktor Tak Terduga yang Bisa Bikin Anda Sulit Hamil