Benarkah Makan Wortel Baik untuk Kesehatan Mata

Benarkah Makan Wortel Baik untuk Kesehatan Mata
Makan wortel izin matanya sehat!, begitu istilah orang-orang. Dari mini, kita sudah diajarkan bahwa wortel bisa menjaga kesehatan mata kita. Sehingga, para orangtua dalam umumnya memasukkan wortel menjadi bahan makanan harus buat anaknya. Namun, benarkah wortel sungguh bisa menaikkan kesehatan mata atau ini hanyalah mitos?

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah sayur butir yg poly mengandung vitamin A dalam bentuk betakaroten (karotenoid) yg bisa menaikkan kesehatan mata Knda. Vitamin A ini membantu mata buat bisa melihat. Hal ini dilakukan vitamin A bareng cara membantu mengonversikan cahaya yg diterima mata menjadi frekuwensi yg bisa ditransmisikan ke otak. Hal ini lalu memproduksi orang bisa melihat dalam syarat cahaya rendah.

Saat Knda mengonsumsi wortel yg mengandung betakaroten, tubuh akan membarui betakaroten tadi menjadi vitamin A dalam bentuk retinol. Retinol ini bisa ditemukan dalam sel-sel mata yg diklaim bareng sel btg. Sel inilah yg akan mengonversikan cahaya menjadi gambar dalam otak, menjadi akibatnya Knda bisa melihat dalam cahaya lemah.

Dari klarifikasi dalam atas, bisa disimpulkan bahwa vitamin A diharapkan buat penglihatan. Kekurangan vitamin A yg parah bisa menimbulkan penyakit dalam mata, bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

Perlu diketahui bahwa vitamin A, terbagi dalam 2 bentuk, yaitu:

Retinoid.  Bentuk vitamin A yg umumnya ditemukan dalam asal makanan hewani, mirip ati, minyak ikan (contohnya minyak cod-liver), & mentega. Konsumsi makanan yg mengandung retinoid dalam jumlah tinggi bisa menimbulkan kelebihan vitamin A dalam tubuh & hal ini jelek. Kelebihan vitamin A bisa menjadikan keracunan, atau juga bisa menaikkan risiko penyakit kanker eksklusif.
Karotenoid (betakaroten). Biasanya ditemukan dalam makanan asal botani, mirip wortel, brokoli, ubi jalar, labu, & sayuran berdaun hijau. Karotenoid ini akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Berapa poly jumlah betakaroten yg akan dikonversi tergantung asal seberapa poly kadar vitamin A yg sudah terdapat dalam tubuh Knda. Tubuh nir akan mengonversi betakaroten menjadi vitamin A jikalau tubuh nir membutuhkannya. Sehingga, kelebihan vitamin A dalam bentuk betakaroten nir akan memproduksi Knda keracunan.

Benarkah vitamin A bisa menaikkan penglihatan?

Benar bahwa vitamin A sangat memiliki kegunaan buat kesehatan penglihatan. Bahkan, diharapkan buat menunjang kemampuan mata dalam melihat. Namun, berdasarkan Profesor Algis Vingrys, asal University of Melbourne Department of Optometry and Vision Services, konsumsi wortel nir akan menaikkan penglihatan Knda jikalau Knda sudah menerapkan diet bareng gizi seimbang.

Dengan menerapkan diet gizi seimbang, artinya kebutuhan vitamin A Knda sudah terpenuhi bareng baik & sudah nisbi membantu kemampuan mata buat melihat. Sehingga, bareng adanya tambahan konsumsi wortel yg bertujuan buat menaikkan penglihatan Knda, maka ini bukan adalah sesuatu yg bisa membuahkan output, jikalau konsumsi vitamin A Knda sudah nisbi.

Namun, mengonsumsi wortel atau asal vitamin A lainnya terbukti bisa menaikkan penglihatan dalam malam hari dalam orang yg mengalami kekurangan vitamin A dalam tubuh atau bagi yg nir menerapkan diet bareng gizi seimbang.

Zat lain juga diharapkan buat menaikkan kesehatan mata

Sebuah penelitian mata yg dinamakan Blue Mountains dalam Australia pertanda bahwa berkurangnya kemampuan melihat dalam partisipan dalam studi tadi ternyata lebih poly ditimbulkan sang kerusakan yg berkaitan bareng usia, bukan alasannya adalah kekurangan makanan yg mengandung vitamin A. Sehingga, penglihatan mereka nir akan semakin tinggi, walaupun mereka sudah poly mengonsumsi wortel atau makanan lain yg mengandung vitamin A.

Betakaroten memang baik buat kesehatan mata kita secara holistik. Namun, ternyata lutein & zeaxanthin yg poly ditemukan dalam sayuran hijau & wortel, juga diharapkan buat menaikkan kesehatan mata Knda. Lutein & zeaxanthin bekerja sama buat melindungi makula mata, menjadi akibatnya mata Knda nir kehilangan sensitivitasnya seiring bareng bertambahnya usia.

Jadi, nir hanya betakaroten dalam wortel yg diharapkan buat menjaga kesehatan mata, akan tetapi lutein & zeaxanthin yg poly ditemukan dalam sayuran hijau, mirip bayam, daun kale, & brokoli, juga diharapkan buat kesehatan mata. Ingat, konsumsi poly wortel atau vitamin A nir akan menaikkan penglihatan Knda secara drastis, akan tetapi hal ini bisa membantu Knda menjaga kesehatan mata lebih baik. Yang terpenting artinya Knda menerapkan diet gizi seimbang yg mengandung vitamin A, lutein, & zeaxanthin, buat menjaga kesehatan mata Knda hingga tua.
loading...

0 komentar untuk Benarkah Makan Wortel Baik untuk Kesehatan Mata