5 Cara untuk Membantu Anak yang Kehilangan Pendengaran

5 Cara untuk Membantu Anak yang Kehilangan Pendengaran
Mendapati anak Anda kehilangan pendengaran adalah situasi yg sulit. Tetapi, kehilangan pendengaran tidak membatasi anak Anda dari belajar & berkomunikasi. Dengan penanganan & pelayanan yg tepat, si kecil bisa berkembang sama misalnya anak lainnya. Berikut ini ialah beberapa hal yg bisa Anda lakukan untuk membantunya.

1. Dapatkan penanganan lebih awal

Untuk syarat kehilangan pendengaran, penanganan awal ialah kuncinya. Ini berarti menggunakan indera bantu dengar atau indera lainnya untuk membantunya mendengar.

Otak bayi berkembang dengan cepat, & sangatlah vital untuk merangsang masuknya suara ke otak secepat mungkin. Anak-anak yg mendengar suara lebih awal cenderung berkembang sama dengan yg lain seusianya.

Sekarang semua bayi umumnya melakukan tes untuk menyelidiki pendengarannya selesainya lahir. Itu berarti apabila mereka memiliki dilema pendengaran, mereka bisa eksklusif menggunakan indera bantu dengar bahkan kepada usia yg baru beberapa minggu. Sangatlah pentung untuk memilih dokter audiologist anak yg bersertifikat.

Bahkan anak yg kehilangan pendengaran cukup parah pun bisa beradaptasi dengan kawan sebayanya saat berusia lima atau 6 tahun apabila ia mendapatkan implan koklea saat berusia 1 atau 2 tahun. Implan koklea ialah indera elektronik yg diletakkan kepada bagian dalam telinga untuk membantu otak memproses suara. Dokter THT akan menjelaskan kenapa indera ini ialah cara yg terbaik untuk anak Anda mendapatkan pendengarannya pulang.

2. Gunakan layanan hegemoni dini

Sekitar 95% orangtua dengan anak yg kehilangan pendengaran tidak mengalami hal yg sama dengan anak mereka. Ini mengharuskan para orangtua untuk belajar lebih banyak. Inilah gunanya acara hegemoni dini. Program ini akan membantu Anda untuk mengkoordinasikan semua pelayanan yg anak Anda akan butuhkan. Bayi yg kehilangan pendengaran wajib mendapatkan hegemoni dini secepatnya.

Anda bisa mencari acara ini melalui rumah sakit terdekat. Anda akan bekerja dengan pakar pendengaran, misalnya audiologist & patologis bahasa, untuk perencanaan pelayanan famili. Intervensi dini pula menyediakan dukungan untuk famili & bisa mengajari Anda cara untuk membantu mengembangkan bahasa & bicara anak.

3. Cari dukungan untuk diri Anda

Aika Anda memiliki dukungan, maka lebih gampang pula Anda membantu anak Anda.

Berurusan dengan kehilangan pendengaran adalah sesuatu yg tidak gampang diatasi kepada awalnya, jadi famili membutuhkan dukungan emosional yg lebih. Beberapa orangtua mendapati bahwa konseling sangat membantu. Yang lainnya beralih ke gerombolan dukungan (support class). Ini akan membantu Anda menjalin interaksi dengan famili lainnya yg memiliki anak yg pula kehilangan pendengaran. Banyak sekali komunitas online yg tersedia, atau Anda bisa menanyakan dokter Anda ihwal gerombolan kepada komunitas Anda. Banyak orangtua yg merasa mengembangkan pengalaman dengan famili yg senasib telah banyak membantu mereka.

4. Eksplor suara dengan anak Anda

Mendengar suara & istilah-istilah sedari anak Anda masih berusia dini akan membantunya untuk mengembangkan bahasanya. Temukan cara-cara sederhana untuk memperkenalkan suara baru setiap harinya dengan cara:

Bermainlah dengan bayi Anda yg mengajarkannya untuk meniru, misalnya permainan cilukba. Permainan ini mengajarkan bayi Anda untuk berkomunikasi bergantian.
Bicaralah ihwal hal yg Anda sedang lakukan. Contohnya, Kita akan ke rumah nenek, atau Ayah sedang cuci piring.
Membacalah untuk anak Anda. Deskripsikan gambar yg terdapat kepada dalam kitab. Saat ia bertambah akbar, minta ia menunjuk gambar yg Anda sebut. Atau minta anak Anda untuk menyebut gambar apakah itu.
Bernyanyi beserta

lima. Berbicara untuk anak Anda

Tnda tahu apa yg terbaik bagi anak Anda. Aika agenda & layanan untuk anak yg disediakan oleh tim dokter atau pengasuh Anda tidak berhasil, beri tahu mereka. Tim kesehatan & pengasuh wajib berkerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan yg ingin Anda berikan kepada anak. Aika tidak, carilah penyedia lain yg akan membantu.

Terlibat penuh dalam perkembangan & pengasuhan anak dalam syarat ini ialah hal terbaik yg Anda bisa lakukan untuknya. Jadi jangan takut untuk berjuang akan kebutuhannya, & jangan berhenti mencari gosip mengenai hal tersebut.
loading...

0 komentar untuk 5 Cara untuk Membantu Anak yang Kehilangan Pendengaran