5 Ide Bekal Sehat untuk Anak

5 Ide Bekal Sehat untuk Anak
Membawakan bekal kuliner ke sekolah untuk anak mempunyai banyak manfaat. Di samping untuk berhemat uang jajan anak, bekal anak juga terjamin kebersihan & gizinya dibanding jikalau dia membeli makan atau jajan di sekolah.

Tidak semua jajanan sekolah terjamin kebersihan & gizinya. Banyak pedagang nakal yang menggunakan bahan-bahan yang tidak aman. Misalnya saja memakai pewarna bukan untuk kuliner supaya rona kuliner atau minuman yang dia jajakan lebih menarik perhatian anak, memakai bahan pengawet secara berlebihan, & memakai bahan-bahan yang sudah rusak. Hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan anak. Anak dapat sakit & prestasinya di sekolah juga dapat menurun.

Kreasi bekal sehat anak sekolah

Banyak kreasi kuliner yang dapat dibawa anak ke sekolah, ini tergantung berasal kreativitas Anda tentunya. Tapi jangan lupa untuk selalu membawakan bekal anak yang terdiri berasal gizi seimbang, yaitu:

Makanan asal karbohidrat, dapat didapat berasal nasi, roti, mie, kentang, & pasta. Karbohidrat merupakan asal energi primer tubuh.
Makanan asal protein, seperti daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, & lainnya. Protein diperlukan untuk pertumbuhan & mempertahankan sel atau jaringan yang sudah terbentuk atau yang sudah rusak.
Makanan asal vitamin & mineral, misalnya sayuran & buah-buahan. Sayuran & buah-buahan juga merupakan asal serat yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan anak & mencegah anak berasal sembelit.

Beberapa ide kuliner sehat yang dapat dibawa anak ke sekolah, yaitu:

Onigiri

Selera makan anak akan bertambah jikalau anak suka dengan makanannya. Salah satu cara supaya anak tertarik untuk makan ialah dengan membentuk kuliner menjadi unik, seperti tokoh kartun atau wajah binatang. Namun, jikalau Anda terlalu sulit untuk melakukannya, Anda dapat membentuknya segitiga seperti onigiri atau nasi kepal. Tambahkan dengan nori atau rumput bahari menyelimuti nasi.

Sebagai lauk, Anda dapat membuat ikan goreng tepung. Pilih fillet ikan yang tidak banyak mempunyai duri sehingga anak aman memakannya. Untuk sayuran, Anda dapat menambahkan tumis brokoli yang dipotong seperti pohon mini & wortel yang dipotong panjang. Pasti anak akan menyukainya.

Omurice

Menu ke 2 yaitu omurice atau nasi yang dibalut dengan omelet. Agar kuliner anak tambah lengkap, tambahkan sayuran waktu membuat omelet, sayuran tersebut dapat berupa buncis, wortel, brokoli, paprika, kolonel, & lainnya. Taruh nasi di atas omelet, kemudian gulung. Anda dapat menambahkan sosis atau bola-bola daging menjadi lauk tambahan.  Tambahkan selada & tomat menjadi sayurannya. Atau Anda juga dapat menambahkan buncis, wortel, jagung manis, & kacang polong yang direbus menjadi sayuran.

Roti sandwich

Bika bosan dengan nasi, Anda dapat membawakan roti menjadi bekal anak. Ini sangat praktis. Roti dapat diisikan dengan daging atau telur + keju (menjadi asal protein & lemak), & selada + tomat (menjadi asal vitamin & mineral). Anda dapat menambahkan mayonaise untuk menambah rasa. Anda juga dapat menyertakan kentang goreng disamping roti sandwich. Atau dapat juga Anda membuat perkedel yang berisi sayuran di dalamnya.

Nasi bento

Bika Anda tidak ingin ribet, nasi bento dapat menjadi pilihan Anda menjadi bekal anak ke sekolah. Anda dapat membuat nugget sendiri di rumah & menambahkannya dengan banyak sekali macam sayuran supaya lebih bergizi. Anda dapat menambahkan sayuran, seperti wortel, buncis, jagung manis, brokoli, kacang polong, & lainnya. Campurkan sayuran tersebut dengan gilingan daging ayam, kemudian balut dengan tepung. Anda dapat menyertakan salad yang terdiri berasal wortel & kolonel yang dipotong panjang & tipis, jangan lupa tambahkan mayonaise supaya cita rasanya lebih lezat. Tambahkan juga timun & tomat.

Mie goreng

Bosan dengan nasi? Anda dapat mengganti asal karbohidratnya menjadi mie. Anak-anak umumnya sangat suka dengan mie. Anda dapat membuat mie goreng  sendiri di rumah & jangan lupa tambahkan sayur-sayuran supaya lebih sehat. Anda dapat memasukkan sawi, kolonel, wortel & kacang polong ke dalam mie goreng tersebut. Sebagai pelengkap, Anda juga dapat tambahkan telur mata sapi/telur dadar, atau Anda dapat menambahkan seafood, seperti cumi-cumi & udang, yang merupakan asal protein. Jadi, deh!

Buah & air tak boleh lupa

Jangan lupa untuk selalu menambahkan buah dalam setiap bekal anak. Contohnya seperti apel, pir, melon, jeruk, pisang, kiwi, semangka, anggur, & lainnya. Anda dapat membawakan buah yang sudah dipotong mini-mini supaya anak dapat langsung memakannya. Bawakan juga air putih sebab minum air putih dalam jumlah relatif diperlukan untuk menjaga kesehatan anak.
loading...

0 komentar untuk 5 Ide Bekal Sehat untuk Anak