4 Hal yang Akan Terjadi Pada Ibu di Masa Nifas

4 Hal yang Akan Terjadi Pada Ibu di Masa Nifas
Masa-masa setelah melahirkan butir hati mungkin adalah masa yang paling membahagiakan, namun masa ini pula adalah waktu penyembuhan & penyesuaian bagi mak. Masa-masa ini dianggap dengan postpartum atau mungkin yang lebih dikenal dengan masa nifas. Istilah ini merujuk pada enam minggu pertama setelah melahirkan. Masa nifas adalah masa yang penting bagi mak & bayi. Namun, selain penting, masa ini pula terkadang memberi kesulitan tersendiri bagi mak. Penyesuaian apa saja yang akan seseorang mak alami, hal apa saja yang perlu dilakukan? Berikut akan kami bahas satu per satu.

Rutinitas baru sebagai seseorang mak

Beradaptasi ke dalam rutinitas sehari-hari setelah melahirkan akan menaruh tantangan tersendiri, terutama apabila Anda baru menjadi seseorang mak. Walau menjaga & merawat bayi Anda artinya hal yang penting, perlu diingat bahwa kesehatan diri Anda pula penting.

Kebanyakan mak yang baru melahirkan nir kembali bekerja setidaknya selama 6 minggu setelah melahirkan. Jeda ini menaruh waktu bagi mak untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya yang baru. Karena bayi baru lahir harus diberi makan & diganti popoknya secara rutin, maka akbar kemungkinan bahwa akan mengalami kekurangan tidur. Hal ini kadang mampu menjadi sangat melelahkan & membuat frustrasi. Namun, informasi baiknya, Anda akan cepat terbiasa dengan hal ini.

Sementara Anda berusaha menyesuaikan diri, Anda mampu mencoba hal-hal berikut untuk mempermudah masa transisi Anda:

Banyak istirahat: Tidurlah sesering & selama mungkin saat Anda memiliki kesempatan supaya Anda nir gampang kelelahan. Bayi baru lahir umumnya akan terbangun setiap 2 sampai tiga jam. Anda mampu ikut tidur ad interim bayi Anda tidur.
Cari pertolongan: jangan ragu untuk mendapatkan donasi asal keluarga atau teman Anda. Sementara tubuh Anda memerlukan waktu untuk sembuh, pertolongan mereka akan sangat membantu untuk menaruh ruang & waktu yang relatif bagi Anda untuk beristirahat.
Konsumsi kuliner bernutrisi & sehat: Menjaga pola makan mampu mempercepat penyembuhan Anda. Tingkatkan konsumsi tepung terigu, sayur, butir, & protein. Jangan lupa pula untuk minum air putih dalam jumlah poly, terutama apabila Anda menyusui.
Berolahraga: Tanyakan pada dokter Anda apakah Anda boleh berolahraga. Mulailah asal aktivitas ringan yang nir terlalu menguras energi. Anda mampu berjalan pada lebih kurang rumah, melihat-lihat pemandangan lebih kurang mampu mempertinggi energi Anda.

Perubahan dalam interaksi dengan suami

Bayi baru lahir adalah hal baru bagi seluruh angggota keluarga & mampu mengubah dinamika interaksi Anda & pasangan. Selama masa nifas, Anda & pasangan pula mungkin akan lebih jarang menghabiskan waktu dengan yang berkualitas. Hal ini mampu menjadi beban, & tentu saja Anda harus memiliki jalan keluarnya.

Sebagai permulaan, bersabarlah. Pahami bahwa seluruh pasangan yang memiliki bayi baru lahir pula mengalami hal serupa. Anda & pasangan hanya memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri & segalanya akan segera membaik. Mengurus bayi baru lahir akan semakin gampang asal hari ke hari.

Ingatlah, komunikasi adalah hal yang penting dalam keluarga. Aika seseorang merasa nir diperhatikanbaik itu pasangan Anda juga anak yang lebih tua, bicarakan hal tersebut & coba pahamilah mereka. Walau bayi membutuhkan perhatian yang akbar, Anda nir perlu merasa bersalah saat harus menghabiskan waktu berkualitas berdua dengan pasangan Anda.

Baby blues atau bahkan depresi postpartum

Aika Anda mengalami baby blues pada masa postpartum, hal tersebut artinya hal yang wajar. Hal ini biasa terjadi beberapa hari setelah melahirkan & mampu bertahan sampai 2 minggu. Dalam sebagian akbar kasus, Anda nir akan mengalami gejalanya sepanjang waktu & derajat membuktikan-membuktikan Anda mampu bervariasi. Sekitar 70-80% mak mengalami perubahan suasana hati yang nir menentu atau mood swings setelah melahirkan. Gejala-membuktikan-membuktikan yang mampu Anda nikmati diantaranya artinya rasa gampang marah, insomnia, kesedihan, perubahan suasana hati, & kelelahan.

Aika membuktikan-membuktikan Anda bertahan selama lebih asal 2 minggu, Anda mungkin harus berkonsultasi ke dokter. Baby blues yang bertahan lebih asal 2 minggu mampu mengindikasikan Anda mengalami depresi postpartum. Gejala yang menyertainya diantaranya artinya rasa bersalah, nir berharga, & gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Perubahan pada tubuh

Tidak hanya emosi & suasana hati, tubuh Anda pun ikut berubah setelah melahirkan. Penurunan berat badan nir akan terjadi dalam waktu singkat, jadi tentu saja Anda harus bersabar. Aika dokter sudah mengizinkan Anda berolahraga, Anda mampu memulai dengan latihan ringan yang kemudian bertahap menjadi lebih intens & berat. Menurunkan berat badan pula harus diimbangi dengan pola makan yang sehat & seimbang. Apa saja perubahan implikasi pada tubuh Anda pada masa nifas?

1. Perubahan berat badan

Setiap mak baru melahirkan mengalami penurunan berat badan yang bhineka kecepatannya, jadi nir usah membandingkan tubuh Anda dengan tubuh wanita lain. Menyusui pula mampu membantu Anda menurunkan berat badan sebab akan mempertinggi pembakaran kalori.

2. Payudara penuh & bengkak

Selain berat badan, rasa penuh & bengkak pada payudara pula mungkin akan mengganggu Anda. Tenang saja, rasa bengkak & penuh ini akan membaik seiring dengan berjalannya waktu. Untuk meringankan rasa nir nyamannya, Anda mampu mengompres payudara Anda. Aika puting Anda terasa sakit, Anda mampu menggunakan krim khusus untuk meredakan perihnya.

3. Nyeri perineum

Setelah melahirkan, wilayah pada lebih kurang vagina & rektum (perineum) Anda mungkin akan membutuhkan perhatian khusus. Daerah ini umumnya akan teregang & robek saat melahirkan. Untuk membantu penyembuhannya, Anda mampu melakukan senam kegel, mengompres dingin wilayah ini, & duduk pada atas bantal untuk mengurangi nyerinya.

4. Perdarahan vagina

Anda pula mungkin akan mengeluarkan cairan asal dalam vagina Anda. Hal ini wajar terjadi dalam 2 sampai empat minggu setelah melahirkan & adalah proses untuk mengeluarkan darah & jaringan asal rahim Anda. Anda mampu menggunakan pembalut sampai cairan vagina Anda berhenti. Jangan menggunakan tampon & mencebok area kemaluan Anda sebelum dokter mengizinkannya sebab mampu memperbesar risiko infeksi. Aika cairan vagina Anda berbau atau darah yang keluar sangat deras, Anda harus segera menghubungi dokter.

lima. Kram perut

Rahim yang mengecil setelah melahirkan pula mampu menimbukan keram perut. Rasa nyeri ini akan berkurang seiring waktu, Anda mampu menanyakan pada dokter Anda mengenai obat apa yang kondusif untuk Anda konsumsi.

Kesimpulan

Masa setelah melahirkan mampu menjadi masa yang penuh tantangan bagi Anda para mak & keluarga. Akan tetapi hal ini akan membaik seiring dengan berjalannya waktu. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter apabila Anda memiliki kekhawatiran berkaitan dengan kondisi Anda baik fisik juga mental.
loading...

0 komentar untuk 4 Hal yang Akan Terjadi Pada Ibu di Masa Nifas