4 Cara Mengajari Anak untuk Makan Makanan Sehat

4 Cara Mengajari Anak untuk Makan Makanan Sehat
Makan bukan hanya sekadar kegiatan untuk mengenyangkan perut. Namun lebih asal itu, makan merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan. Ini penting untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari & untuk meningkatkan kesehatan Anda. Hal ini karena bareng makan kita mendapatkan tenaga untuk beraktivitas, serta mendapatkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, & mineral untuk mendukung kesehatan. Jadi, penting bagi setiap orangtua untuk mengajari anak makan sehat sejak dini. Bagaimana caranya?

Pentingnya mengajari anak makan sehat

Mengajari anak makan sehat sangat penting dilakukan karena akan memudahkan anak untuk membawa kebiasaan sehat ini seumur hidupnya. Masa anak merupakan masa pada mana anak bareng mudah mempelajari & menerapkan apa yang dilihatnya. Sehingga, memulai gaya hidup sehat sejak masa kanak-kanak mampu berdampak jangka panjang, menurut American Psychological Association.

Mengajari anak makan sehat pula mampu membantu anak dalam menentukan apa yang harus ia makan, ia batasi, & ia hindari. Sehingga, anak pun terlatih untuk peduli bareng kesehatannya sejak kecil. Mengonsumsi makanan sehat pula mampu mendukung pertumbuhan & perkembangan anak, termasuk perkembangan otak.

Cara mengajari anak makan sehat

Mengajari anak makan sehat mampu dilakukan bareng cara menyenangkan & secara perlahan. Hal ini membuat anak tidak merasa dipaksa untuk mengerti apa itu makanan sehat & apakah ia harus memakan semuanya yang sehat. Sehingga, anak pun akan bareng bahagia hati menerapkan apa yang Anda ajarkan tentang makanan sehat. Beberapa tips dalam mengajari anak makan sehat yang mampu Anda coba artinya:

1. Ibu sebagai role contoh

Ingat, pada saat ini anak Anda pandai sekali meniru, termasuk meniru kebiasaan makan Anda. Sebuah penelitian pun membuktikan bahwa selera makan anak bekerjasama bareng makanan yang disukai & tidak disukai oleh ibunya. Untuk itu, sebelum Anda mengajari anak makan makanan sehat, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan makan Anda sendiri menjadi lebih sehat. Sering menyediakan sayuran & butir pada meja makan mampu mendorong anak suka makan sayur & butir, tapi Anda pun pula harus memakannya.

dua. Sediakan bermacam-macam jenis makanan untuk anak

Sering menyediakan makanan yang bermacam-macam pada rumah mampu mendorong anak penasaran bareng semua jenis makanan yang Anda sediakan. Sehingga, ia akan bertanya makanan apa itu, ia akan penasaran rasa makanan tersebut & akan mencobanya. Usahakan untuk selalu menyediakan makanan sehat pada rumah, sebagai akibatnya anak mampu menghindari makan makanan tidak sehat, seperti keripik & minuman bersoda.

3. Melibatkan anak saat berbelanja & menyiapkan makanan

Melibatkan anak berbelanja makanan pada pasar atau supermarket mampu dijadikan kesempatan mengajari anak tentang aneka macam jenis makanan & nutrisi. Sambil berbelanja, Anda mampu menunjukkan makanan apakah itu, kandungan nutrisi yang ada pada dalamnya, apakah makanan itu sehat, & lain sebagainya. Sehingga, anak mampu tertentu melihat bentuk & warna makanan, merasakan bagaimana teksturnya, & setelah dimasak ia mampu mencoba rasanya.

Melibatkan anak pada dapur & menyiapkan makanan membuat anak tak jarang terpapar bareng aneka macam sayuran, butir-buahan, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, & biji-bijian. Sehingga, anak lebih mengenali makanan yang dimakannya.

4. Rangsang pemahaman anak bareng permainan

Anda pula mampu mengajari anak tentang aneka macam jenis makanan sehat asal permainan atau asal gambar pada kitab. Hal ini tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Dari kegiatan bermain sambil belajar ini, anak mampu mengenal nama, bentuk, & warna aneka macam jenis sayuran, butir-buahan, makanan sumber protein, & makanan sumber karbohidrat.
loading...

0 komentar untuk 4 Cara Mengajari Anak untuk Makan Makanan Sehat