Yuk, Cuci Muka Dulu! Ini Bahayanya Kalau Ibu Ketiduran Saat Menyusui Bayi

Yuk, Cuci Muka
Menyusui bayi yang baik dilakukan sesering mungkin mengikuti harapan bayi. Oleh karena itu, jadwal menyusui pun tidak selalu pasti. Termasuk jikalau bayi terbangun di tengah malam & kelaparan. Capek asal aktivitas seharian mungkin membuat Anda tak jarang ketiduran saat sedang menyusui bayi. Tapi awas, ketiduran saat menyusui bayi mampu membahayakan keselamatan bayi Anda, lho!

Tidur satu kawasan tidur bareng bayi, apakah aman?

Hal ini tampaknya masih menjadi perdebatan. Tidur malam dalam satu kawasan tidur bareng bayi Anda memang mampu memudahkan Anda menjaga bayi di malam hari. Terlebih jikalau bayi tak jarang menyusu tengah malam, ini mampu memudahkan Anda memberikan ASI tengah malam kepada bayi.

Namun di samping itu, tidur bareng bayi dalam satu kawasan tidur pula mampu meningkatkan risiko bayi mati mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Selimut, bantal, atau mungkin tangan Anda mampu saja menutupi jalan napas bayi saat tidur tanpa Anda sadari, sehingga SIDS mampu terjadi. Inilah hal yang ditakutkan.

Oleh karena itu, para pakar merekomendasikan supaya bayi berusia enam bulan atau kurang tidur di dalam satu ruangan bareng Anda tapi di kawasan tidurnya sendiri atau box bayi. Di dalam box bayi pula sebaiknya tidak ada selimut, bantal, boneka, atau mainan yang mampu menghalangi jalan napas bayi.

Bahayanya kalau ibu ketiduran saat menyusui bayi

Menyusui tengah malam memang melelahkan. Banyak asal Anda mungkin yang menunjuk menidurkan bayi di samping Anda supaya menyusui di tengah malam lebih gampang. Namun, saat menyusui bayi tengah malam Anda mampu saja tertidur tanpa sadar karena kelelahan mengurus bayi seharian. Hal ini tentu jelek. Ketiduran saat menyusui mampu meningkatkan risiko SIDS.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan supaya Anda tidak menyusui & kemudian tertidur di samping bayi. Anda mampu saja berguling & menimpa bayi, ini ialah sebuah kemungkinan. Ketiduran saat menyusui di kawasan tidur maupun di sofa mampu meningkatkan peluang bayi terjatuh atau meninggal karena sesak napas ketika jalan napasnya terhalangi sesuatu.

Dilansir asal Baby Center, ketiduran di sofa atau kursi saat sedang menggendong bayi (walaupun tidak sambil menyusui) sangatlah berbahaya. Ini meningkatkan risiko bayi kepanasan & tercekik, sehingga bayi mampu mengalami SIDS. Hal ini berlaku kapan pun, baik di malam maupun siang hari. Intinya, ketiduran saat menyusui bayi atau hanya sekadar menggendong bayi di sofa jelek dilakukan. Meski tampak sepele, risiko keselamatan bayi lebih akbar daripada manfaatnya.

Jangan abaikan bayi ketiduran pula saat menyusu

Bayi yang tertidur saat menyusu pula jelek. Bika dibiarkan terus-terusan bayi tertidur saat menyusu, ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik bagi bayi. Selain itu, mungkin pula ada risiko bayi tersedak oleh sirkulasi susu. Sebaiknya untuk bayi tetap terjaga terlebih dulu sebelum terselesaikan menyusu, jikalau bayi sudah terlihat mengantuk.
loading...

0 komentar untuk Yuk, Cuci Muka Dulu! Ini Bahayanya Kalau Ibu Ketiduran Saat Menyusui Bayi