Tips Mengenalkan Uang Kepada Anak Sejak Dini

Tips Mengenalkan Uang Kepada Anak Sejak Dini
Ingatkah Anda, pada usia berapa dulu Anda dikenalkan menggunakan uang? Bagaimana orangtua Anda mengenalkan uang pada Anda? Sekarang, apakah Anda sudah mengenalkan uang kepada anak Anda?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge mengatakan bahwa kebiasaan pengeloaan uang sebenarnya sudah mampu dibuat bahkan asal seseorang masih berumur 7 tahun. Beth Kobliner, seseorang penulis kitab best seller Get a Financial Life, bahkan menambahkan anak usia tiga tahun sudah mampu dikenalkan menggunakan konsep menabung dan menghabiskan uang menggunakan betul. Namun seringkali kali para orang tua ragu, atau bahkan mengenalkannya menggunakan cara yang salah.

Bagaimana mengenalkan uang kepada anak?

Pada anak usia tiga-lima tahun

Pelajaran yang seharusnya anak pelajari pada usia ini adalah bila ia harus menunggu buat membeli sesuatu. Konsep ini sebenarnya adalah hal yang sulit buat diaplikasikan bahkan buat poly usia. Namun, kemampuan seseorang menunda keinginannya, mampu jadi indikator betapa sukses ia nantinya. Beberapa hal yang mampu Anda lakukan buat mengenalkan uang pada anak usia ini diantaranya:

Berlatih mengelompokkan uang menggunakan memberi si anak celengan. Beri pemahaman pula anak kapan sebaiknya uang tadi disimpan dan kapan uang tadi dipergunakan.
Dengan tidak melulu menuruti permintaannya saat pergi ke minimarket buat membeli sesuatu, akan namun disertai penerangan saat Anda menolak permintaannya
Bantu si anak menciptakan suatu tujuan. Menabung buat membeli suatu mainan contohnya.

Pada anak usia 6-12 tahun

Pelajaran yang seharusnya anak pelajari pada usia ini adalah ia harus menciptakan pilihan bagaimana ia akan menghabiskan uangnya. Pada usia ini, krusial buat mengungkapkan padanya bahwa uang adalah barang yang terbatas menjadi akibatnya harus dipergunakan secara bijaksana, lantaran sekali uang habis, takkan ada lagi yang tersisa. Aktivitas yang mampu Anda lakukan buat mengenalkan anak usia ini menggunakan uang diantaranya:

Mulai membandingkan mana yang lebih murah antara naik bis atau ojeg, beli roti atau susu indomilk 250 ml, dll.
Pada usia ini anak pula mulai mampu diajak menghitung total perkirakan suatu pengeluaran. Dengan mempercayakannya suatu uang, dan membiarkannya memilih mana yang sebaiknya dibeli.
Buat adanya percakapan antara Anda menggunakan anak. Perlukah kita membeli ini? Atau kita mampu membelinya lain waktu? Yang mana yang lebih murah, ya?

Pada anak usia 13-21 tahun

Anak pada usia ini sudah mampu tetapkan keuangannya sendiri bahkan menghasilkan uangnya sendiri dan mencicipi implikasi dan risiko asal keputusan-keputusan yang ia buat. Hal yang mampu Anda dan anak Anda lakukan beserta pada usia ini diantaranya mampu menggunakan, melakukan penelusuran pekerjaan apa yang ingin ia lakukan, pendidikan dan training apa yang harus ia pelajari buat mendapatkan pekerjaan, itu dan memperkirakan porto yang akan dimuntahkan beserta-sama.

Bagaimana? Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba!
loading...

0 komentar untuk Tips Mengenalkan Uang Kepada Anak Sejak Dini