Tips Mendidik Anak Dengan Teknik Hypnoparenting

Tips Mendidik Anak Dengan Teknik Hypnoparenting
Orangtua, terutama orangtua baru mungkin merasa kesulitan dalam mendidik & mengasuh anak. Ya, mendidik & mengasuh anak bukan merupakan suatu hal yang mudah dilakukan. Ini tidak terdapat sekolah formalnya. Anda harus mempelajarinya secara belajar sendiri. Anda mungkin mencontoh bagaimana pola asuh orangtua Anda ke Anda untuk diterapkan ke anak Anda. Atau, Anda juga mampu mempelajari teknik pengasuhan baru. Salah satunya yang mampu Anda coba artinya hypnoparenting. Apa itu hypnoparenting?

Apa itu hypnoparenting?

Hypnoparenting merupakan salah satu teknik mengasuh anak dengan memanfaatkan teknik hipnosis. Ya, hypnoparenting merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu hipnosis & parenting. Dengan dengan teknik hipnosis dalam mengasuh anak, Anda mampu menyugesti anak untuk melakukan hal-hal positif yang Anda inginkan. Anak juga mampu menerima pelajaran dari orangtua dengan lebih mudah.  

Apa sih hipnosis itu? Hipnosis merupakan sebuah teknik yang dapat menaikkan fokus & konsentrasi. Teknik ini dilakukan dengan dengan pengulangan verbal & paparan mental. Anda mampu menyampaikan sugesti ke anak Anda melalui hipnosis sehingga anak Anda mampu mengikuti sugesti-sugesti yang Anda berikan. Saat anak terhipnosis dengan pengulangan kata yang berkali-kali dari orangtuanya, anak umumnya akan merasa tenang, santai, & tidak stres, sehingga lebih mudah menerima saran dari orangtua.

Hipnosis ini dapat membantu Anda sebagai orangtua untuk mengontrol perilaku anak yang tidak diinginkan. Membuat anak lebih mudah menerima saran & masukan dari orangtua untuk melakukan hal-hal yang positif. Selain itu, juga mampu menghasilkan anak lebih percaya diri untuk dapat mengatasi masalahnya, seperti tidak mampu bangun pagi, mengompol, malas, & lainnya.

Bagaimana hipnosis mampu dimanfaatkan untuk mengasuh anak?

Orangtua merupakan panutan anak. Semua hal yang dilakukan & diucapkan orangtua dapat ditiru oleh anak dengan mudahnya. Ya, memang anak-anak sangat mudah meniru perilaku & perkataan yang tak jarang ia lihat & dengar dari sekelilingnya. Sehingga, Anda sebagai orangtua harus hati-hati dalam bersikap & mengatakan di depan anak.

Dan, tahukah Anda bahwa secara tidak tertentu itu artinya hipnosis? Perilaku & perkataan yang diulang-ulang di depan anak Anda, mampu jadi itu dapat menghipnosis anak Anda. Secara tidak sadar, Anda telah melakukan hal ini dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, sebagai orangtua sebaiknya bersikap & mengatakan yang baik di depan anak, sehingga secara tidak tertentu Anda menanamkan hal-hal positif kepada anak, begitulah kurang lebih yang dikatakan Ariesandi Setyono, ahli hypnoparenting Indonesia, dalam bukunya Hypnoparenting: Menjadi Orangtua Efektif dengan Hipnosis.

Bagaimana cara menerapkan hipnoparenting dalam mengasuh anak?

Hypnoparenting dapat dilakukan dengan cara yang mudah, melalui perkataan Anda ke anak & melalui perbuatan Anda yang dilihat anak sehari-hari. Beberapa contohnya artinya:

Gunakan selalu kata-kata positif setiap kali Anda berbicara dengan anak Anda. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan kata-kata negatif, seperti kata tidak, tanpa, & jangan. Contoh: sebaiknya gunakan kalimat Sekarang waktunya bereskan kamarmu supaya rapi daripada Coba bereskan kamarnya supaya tidak berantakan. Katakan dengan halus sambil melihat mata anak Anda & merangkulnya.
Katakan selalu bahwa ia anak yang hebat, puji & hargai setiap usaha anak Anda. Contoh: Katakan dalam anak Anak mama tepat mampu mengerjakan soal ujiannya & dapat nilai cantik bukan Kerjakan soalnya yang benar ya, jangan sampai dapat nilai buruk.
Bisikkan kalimat-kalimat positif atau cerita positif dalam anak menjelang tidur. Saat anak mengantuk di mana otak anak sedang rileks, ini artinya waktu yang tepat untuk menyugesti anak dengan kalimat atau cerita positif. Kalimat atau cerita positif ini akan diterima oleh alam bawah sadar anak, sehingga anak lebih mudah untuk mengikuti apa yang Anda mau. Cerita positif tentang pantang menyerah, mengasihi sesama, rajin belajar, & sebagainya dapat sebagai paparan positif bagi anak dalam menghadapi perkara di kehidupannya.

Satu hal lagi yang terpenting artinya berbuatlah yang baik di depan anak Anda sejalan dengan apa yang ingin Anda tanamkan ke anak Anda. Ingat, anak akan meniru setiap perbuatan orangtuanya.
loading...

0 komentar untuk Tips Mendidik Anak Dengan Teknik Hypnoparenting