Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan yang Aman untuk Anak

Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan yang Aman untuk Anak
Nafsu makan anak sulit untuk ditebak. Kadang, nafsu makan anak meningkat, sehingga Anda sebagai orangtua bahagia melihat anak makan beserta lahap. Namun, kadang pula nafsu makan anak mampu turun datang-datang. Hal ini mungkin merupakan hal yang normal terjadi. Lalu, pada saat nafsu makan anak menurun, apa yang harus dilakukan? Apakah boleh anak diberi vitamin penambah nafsu makan?

Mengapa anak susah makan?

Nafsu makan anak menurun merupakan hal normal, berasal tidak berlangsung terlalu lama. Biasanya, yang menjadi penyebab utama nafsu makan anak menurun merupakan karena anak sedang sakit atau tidak lezat badan. Sakit, seperti demam, pilek, flu, sakit tenggorokan, sakit perut, diare, sembelit, pusing, atau lainnya mampu membuat nafsu makan anak menurun.

Nafsu makan anak pula mampu menurun saat anak sedang sedih, kesal, atau marah. Misalnya saja saat anak kurang tidur atau saat anak sedang marah karena permintaannya tidak dituruti, & lainnya.

Apakah anak butuh konsumsi suplemen vitamin?

Tidak semua anak membutuhkan konsumsi suplemen vitamin, seperti vitamin penambah nafsu makan. Anak beserta nafsu makan yang baik tidak membutuhkan suplemen vitamin tersebut, karena semua kebutuhan nutrisinya mampu ia dapatkan dari konsumsi makanan yang bermacam-macam setiap hari.

Namun, anak beserta kondisi tertentu mungkin dirasa perlu diberikan suplemen vitamin, seperti:

Anak yang tidak makan teratur & tidak mendapatkan makanan beserta gizi seimbang
Anak yang sangat pemilih dalam hal makanan, sehingga ia tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan
Anak beserta kondisi medis kronis, seperti asma atau masalah pencernaan
Anak yang banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan olahan, sehingga ia kurang mendapatkan makanan segar
Anak beserta pola makan vegetarian atau vegan, atau anak beserta diet terbatas lainnya
Anak yang seringkali & banyak minum minuman bersoda, sehingga tidak cukup mendapatkan vitamin & mineral

Bika anak tidak nafsu makan, sebaiknya rayu anak terlebih dahulu secara perlahan supaya anak mau makan, tapi jangan sampai memaksa anak. Buat suasana yang menyenangkan saat makan, sehingga anak menikmati makanannya. Coba pula sediakan makanan yang disukai anak supaya ia mau makan, serta batasi konsumsi snack supaya anak tidak kekenyangan saat makan akbar.

Bika cara-cara tersebut sudah dilakukan namun nafsu makan anak tidak meningkat, mungkin Anda mampu memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk merangsang nafsu makan anak.

Memilih vitamin penambah nafsu makan untuk anak

Sebelum memilih vitamin untuk anak, sebaiknya konsultasikan beserta dokter terlebih dahulu apakah anak Anda boleh diberikan suplemen vitamin, terutama jikalau anak sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Menurut WebMD, sebaiknya tunggu sampai anak berusia empat tahun saat ingin memberikan suplemen vitamin untuk anak, kecuali jikalau dokter menyarankan hal lain.

Beberapa hal yang mungkin perlu dipertimbangkan saat memilih vitamin penambah nafsu makan untuk anak merupakan:

Pilih suplemen vitamin yang didasarkan  beserta usia & kebutuhan anak.
Perhatikan apa saja yang terkandung dalam suplemen tersebut. Sebaiknya pilih suplemen yang tidak menyediakan lebih dari 100% kebutuhan vitamin & mineral harian anak. Suplemen yang mengandung vitamin & mineral beserta dosis tinggi mampu membahayakan kesehatan anak, terutama vitamin A.
Sebaiknya pilih suplemen vitamin yang bukan dalam bentuk seperti permen & yang tidak mengandung gula tinggi. Dikhawatirkan, anak menganggap suplemen tersebut sebagai permen, sehingga ia ingin mengonsumsinya lagi & lagi. Di mana, hal ini akan menyebabkan asupan vitamin & mineral anak menjadi berlebih. Ini tentu jelek. Bika Anda memilih suplemen dalam bentuk seperti permen, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak & jelaskan ke anak bahwa itu bukan permen.
Pilih suplemen vitamin yang sudah terdaftar & telah lulus sertifikasi Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM).

Salah satu contoh suplemen vitamin penambah nafsu makan yang mampu Anda berikan ke anak merupakan Bio Strath. Suplemen vitamin ini mengandung 61 nutrisi yang diharapkan anak, terdiri dari 11 vitamin, 19 mineral, 18 asam amino, & 13 zat pembangun lain. Suplemen ini pula terbuat dari bahan alami sehingga mampu diserap beserta mudah oleh tubuh. Bio Strath mampu membantu meningkatkan nafsu makan anak & meningkatkan kesehatan anak secara holistik.

Perlu diingat, walaupun anak sudah diberikan suplemen vitamin, sebaiknya tetap dorong anak untuk mengonsumsi makanan beserta gizi seimbang. Bagaimanapun, kebaikan vitamin & mineral alami yang terdapat dalam sayur & butir tidak mampu tergantikan.
loading...

0 komentar untuk Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan yang Aman untuk Anak