Tips Membuat Bayi Tertidur Tanpa Tangisan

Tips Membuat Bayi Tertidur Tanpa Tangisan
Bayi terbangun di malam hari memang merupakan hal yang wajar. Saat awal-awal kelahirannya, mungkin Anda akan kurang tidur. Tapi tahukah Anda ada metode atau latihan untuk membentuk bayi Anda tertidur sendiri? Latihan tersebut dibagi sebagai dua. Pertama ialah membiarkannya menangis dalam jangka waktu pendek supaya kembali tertidur. Kedua ialah melatihnya tertidur tanpa tangisan. Yang akan kita bahas kali ini ialah latihan yang ke 2.

BACA JUGA: Manfaat Membiarkan Bayi Menangis di Malam Hari

Benarkah Anda bisa membentuk bayi tertidur tanpa tangisan?

Anda mungkin nir tega membiarkan bayi Anda menangis beberapa waktu saja untuk membiarkannya kembali tertidur. Kalau begitu, Anda bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu metode tanpa tangisan atau tanpa-airmata (no tears method). Tentu saja, tangisan tetap ada waktu ia terbangun, tapi melatihnya untuk cepat tidur kembali dilakukan tanpa melibatkan airmata mungkin ada, tapi nir berlebihan.

Ketika si mini terbangun di malam hari, Anda bisa pergi menghampirinya, dan membuatnya nyaman supaya kembali tertidur. Para pakar merekomendasikan aneka macam macam cara untuk membentuk bayi tertidur, seperti tidur bersamanya, mengendong dan mengayunkannya, dan membelainya sampai ia mengantuk, lalu meninggalkannya tertidur.

Ada maupun yang menyarankan untuk melakukan latihan ini secara bertahap. Contohnya, waktu bayi sudah terlihat mengantuk, sebaiknya Anda sudah meletakkannya di ranjang bayi. Ketika ia masih terjaga, Anda bisa menepuk-nepuknya, dan mengelusnya. Tapi lakukan ke 2 hal tersebut, hanya jikalau bayi Anda membutuhkan kenyamanan. Setelah beberapa malam melakukan latihan ini, coba untuk meninggalkan ranjangnya, sampai akhirnya bayi Anda bisa tertidur tanpa Anda berada di ruangannya.

BACA JUGA: Mencari Tahu Arti Tangisan Bayi Anda

Cara lainnya ialah hal yang paling awam dilakukan orangtua. Ketika ia menangis, Anda segera menggendongnya, lalu tenangkan menggunakan kata-kata, seperti, Sshhh. Setelah ia cukup tenang, tempatkan kembali di ranjangnya.

Menemukan kata-kata yang menenangkan penting untuk dilakukan. Mungkin, kita berpikir bahwa bayi masih belum paham waktu kita berbicara apa pun. Memang, dia belum bisa mencerna apa yang Anda maksud, tapi ia bisa diajari untuk mengerti apa yang Anda maksud. Ia perlahan akan mengerti waktunya untuk tidur. Ungkapkan kata-kata tersebut waktu ia sudah terlihat mulai mengantuk.

Kekurangan asal membentuk bayi tertidur tanpa tangisan

Beberapa beropini bahwa cara ini lebih kondusif dan menguntungkan. Cara ini dapat menciptakan koneksi ibu-anak menggunakan suasana nyaman dan tenang yang terbentuk. Anda mungkin berpikir bahwa bayi Anda lebih tenang waktu Anda meresponnya menggunakan cepat. Namun, dari beberapa pakar, metode ini kurang direkomendasikan sebab dapat membentuk bayi Anda sebagai ketergantungan.

Adanya pro dan kontra mengenai latihan yang dilakukan untuk membentuk bayi Anda tertidur. Dikutip asal situs Baby Center, William Sears, dokter anak mengatakan kritik  terhadap teknik membiarkan bayi menangis sebagai metode melatih bayi tidur dalam satu bab asal buku The Baby Sleep. Pendapat berbeda diungkapkan oleh Elizabeth Pantley, penulis buku The No-Cry Sleep Solution, Pantley mempercayai bahwa membiarkan bayi menangis dapat menyampaikan dampak negatif terhadap waktu tidur anak, bahkan dampak ini mungkin akan terjadi seumur hidup.

BACA JUGA: Penyebab Bayi Kolik dan Menangis Berjam-jam Tanpa Henti

Mereka yang setuju menggunakan membiarkan bayi menangis beropini bahwa jangka waktu untuk membiarkan buah hati menangis tidaklah lama, ke 2 orang tua maupun wajib melakukan pengecekan dalam bayi mereka. Metode tersebut pun diterapkan waktu bayi siap, orangtua maupun harus membaca kondisi bayi mereka. Namun, kalau Anda memang khawatir menggunakan metode membiarkan bayi menangis, metode tanpa airmata ini sangat cocok untuk diaplikasikan. Ikatan Anda dan si mini bisa terbentuk asal sini.

Setiap bayi tentunya berbeda-beda cara penanganannya. Anda sebagai orangtuanya tahu apa yang terbaik untuk dilakukan. Anda harus terbuka dalam setiap cara dan memilih-milih mana yang cocok untuk bayi Anda dan mana yang nir cocok. Jangan memaksa bayi Anda untuk berhasil dalam satu cara, hal ini tentu nir baik untuk perkembangannya.

Tips praktis untuk melatih bayi untuk tidur tanpa tangisan

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melatih bayi Anda tertidur sendiri tanpa melibatkan tangisan:

Membuat jadwal tidur siang yang teratur. Tidur siang yang rutin dapat membantu mengatur jadwal tidur di malam hari.
Sebaiknya sudah menaruh bayi Anda di ranjang sekitar jam 7 malam.
Jika bayi Anda tetap nir bisa tidur, Anda bisa melakukan cara untuk membuatnya tertidur, menggunakan mengelusnya, atau cara yang menenangkan lainnya. Bayi Anda maupun merasakan lelah, namun ia kesulitan untuk tidur. Menurut beberapa pakar, bayi yang tidur lebih awal maupun dapat mempunyai waktu tidur yang lama.
Jika bayi Anda tidurnya cukup larut, coba ubah jadwal tersebut perlahan. Misalnya, ia tertidur jam 21.30, maka ubah beberapa menit lebih awal. Jadi, sebelum jarum jam menerangkan waktu tidurnya, Anda sudah menyiapkan ritual yang biasa dilakukan untuk membuatnya tertidur.
Cari rutinitas sebelum tidur, misalnya menyanyikan lagu nina bobo, membacakannya dongeng, atau memakai kata-kata yang menerangkan waktunya tidur. Bayi Anda perlahan akan mengerti bahwa rutinitas tersebut menandakan ia harus tidur
loading...

0 komentar untuk Tips Membuat Bayi Tertidur Tanpa Tangisan