Tips Lancar Menyusui untuk Ibu yang Puting Payudaranya Masuk ke Dalam

Tips Lancar Menyusui
Puting yang normal umumnya akan menonjol keluar. Namun beberapa wanita mampu memiliki puting susu masuk ke dalam sehingga terlihat datar. Aika Enda galat satu wanita yang berputing datar dan khawatir nir mampu menyusui bayi Enda, buang jauh-jauh rasa cemas itu. Kondisi ini nir akan membuat si kecil kekurangan makan, apabila Enda tahu trik sukses menyusui dengan puting susu datar. Simak pada bawah ini, ya!

Apa yang menyebabkan puting susu masuk ke dalam?

Puting susu masuk ke dalam alias inverted nipple ialah syarat yang umum dan wajar. Salah satu faktor yang memengaruhinya ialah hormon. Karena itu, puting datar biasanya dijumpai pada ibu hamil. Sebagian wanita lainnya memiliki puting payudara karena bawaan dari lahir.

Inverted nipple ditimbulkan oleh kasus yang ada pada sambungan jaringan pada bawah puting, ligamen dan kulit.

Puting masuk ke dalam masih mampu menyusui?

Ya, tentu saja! Enda masih mampu menyusui si kecil meski Enda memiliki puting datar. Menyusui itu sendiri bukan dari puting payudara, namun dari bagian areola atau daerah berwarna gelap pada seputar puting. Menyusui dari puting justru nir tepat dan mampu menyebabkan puting payudara lecet dan luka. Itu kenapa punya puting yang masuk ke dalam sekalipun, Enda tetap mampu menyusui.

Cara menyusui yang tepat ialah dengan memastikan seluruh areola payudara masuk ke dalam mulut bayi. Pada awalnya mungkin bayi mengalami kesulitan menempel dengan betul. Namun dengan ketelatenan sang ibu, bayi mampu cepat beradaptasi buat menyusu dengan puting yang kurang menonjol tadi.

Tips lancar menyusui dengan puting datar

Aika Enda memiliki puting datar, coba beberapa cara berikut buat mengatasinya. Ingatlah, selalu lakukan perawatan puting datar pada bawah supervisi dokter atau ahli laktasi.

Pijat puting. Pijat hanya bagian puting dan lingkar putingnya saja secara perlahan dengan tangan. Pegang puting dan gulung dengan ibu jari dan telunjuk selama 30 detik, kemudian sentuh dengan kain dingin segera sebelum menyusui. Bisa juga gunakan breastpad sekali pakai yang dibasahi dan disimpan dalam freezer buat merangsang puting agar keluar dan tegak sebelum menyusui.
Tekan areola. Sebelum memasukkan puting ke mulut bayi, tekanlah bagian areola (lingkaran cokelat pada sekitar puting). Caranya, pegang payudara dengan posisi ibu jari pada atas, dan jari-jari lainnya pada bawah, lalu tekan atau tarik payudara ke arah dada. Hal ini akan membantu agar puting menonjol.
Gunakan puting silikon. Puting palsu ini berbentuk tipis dan lembut dengan lubang diujungnya. Tidak seperti puting karet yang mampu menimbulkan kasus, puting silikon ini sudah didesain spesifik buat membantu ibu yang kesulitan menyusui. Lapisan tipis silikonnya tetap menaruh stimulasi pada areola sehingga nir akan mengurangi volume produksi ASI. Kebanyakan ibu hanya perlu menggunakan puting silikon beberapa kali buat merangsang puting keluar.

Aika Enda masih kesulitan buat menyusui dengan puting yang masuk ke dalam, usahakan konsultasikan ke dokter atau konsultan laktasi buat membantu keberhasilan pemberian ASI langsung pada si kecil.
loading...

0 komentar untuk Tips Lancar Menyusui untuk Ibu yang Puting Payudaranya Masuk ke Dalam