Tahap Perkembangan Bayi Dalam Kandungan dari Minggu 1-40

Tahap Perkembangan Bayi Dalam Kandungan dari Minggu 1-40
Tahukah Enda bahwa perkembangan bayi dalam dalam kandungan berjalan bareng sangat cepat? Bayi poly belajar bahkan melakukan poly sekali hal dalam dalam kandungan, misalnya tertawa & menangis, yg adalah keliru satu tanda berasal tumbuh kembangnya. Berikut adalah gosip perkembangan & pertumbuhan bayi dikala dalam dalam kandungan:

Kehamilan minggu pertama

Perhitungan usia kehamilan dimulai berasal hari pertama menstruasi terakhir sebelum akhirnya menstruasi bisa dikatakan terlambat. Oleh karenanya, bisa dikatakan bahwa dalam minggu pertama & kedua, sebenarnya Enda belum mengalami kehamilan. Lalu apa yg terjadi dalam minggu ini? Setelah mengalami proses pembuahan, yaitu bertemunya telur bareng sperma, maka akan terbentuk jaringan yg terdiri berasal 100 sel yg nantinya akan menjadi cikal bakal janin. Setelah membelah & memperbanyak sel, calon janin atau embrio tadi akan melekat dalam rahim, yaitu kawasan tumbuh kembangnya selama kehamilan terjadi.

Kehamilan minggu kedua

Memasuki minggu kedua, sel yg dimiliki embrio sebanyak sekitar 150 sel yg menciptakan 3 lapisan, yaitu endoderm, mesoderm, & ektoderm. Lapisan-lapisan yg dibuat sang sel inilah yg akan menjadi poly sekali organ & bagian tubuh berasal bayi, misalnya otot, tulang, jantung, sistem pencernaan, sistem reproduksi, & sistem saraf.

Kehamilan minggu ketiga

Embrio berhasil melekat bareng paripurna dalam rahim. Pada masa ini, embrio masih melakukan pembelahan & perbanyakan sel, sang karenanya belum berbentuk misalnya embrio atau bayi. Lapisan terluar berasal embrio akan menciptakan plasenta atau ari-ari. Di termin ini jua, poly sekali organ tubuh mulai dibuat, misalnya otak, tulang belakang, kelenjar tiroid, organ jantung, & pembuluh-pembuluh darah. Ukuran embrio dalam minggu ketiga masih sangat mini, hanya sebanyak 1,lima mm.

Kehamilan minggu 4

Jantung sudah terbentuk & mulai berfungsi & pembuluh-pembuluh darah sudah memiliki sirkulasi darahnya sendiri. Selain itu, sudah mulai menciptakan tangan & kaki. Pada minggu ke-4 berukuran embrionya sebanyak lima mm.

Kehamilan minggu lima

Tangan bayi sudah mulai tumbuh, akan tetapi masih nir berbentuk misalnya tangan, masih homogen tanpa jari-jari. Struktur dasar otak & sistem saraf pun jua sudah terbentuk, ad interim mata, pendengaran, & ekspresi baru akan dibuat. Ukuran dalam minggu ke-lima sebanyak 7 mm.

Kehamilan minggu 6

Masuk ke minggu ke-6, berukuran embrio sudah sebanyak kacang polong atau sekitar 12 mm. Kaki sudah mulai tumbuh walaupun jari-jari kaki belum terbentuk. Sistem pencernaan baru mulai buat tumbuh. Sementara bibir atas & langit-langit ekspresi sudah terbentuk. Kepala berasal embrio sudah mulai terlihat akan tetapi ukurannya sangat mini, & terlihat bahwa pendengaran & mata sedang dikembangkan.

Kehamilan minggu 7

Ukuran embrio dikala memasuki minggu ke-7 adalah sekitar 19 mm. Pada termin ini, paru-paru baru akan dibuat, jari-jari sudah mulai terlihat, & otot & sistem saraf sudah berfungsi bareng baik. Oleh karenanya kontemporer, embrio sudah bisa mengambarkan refleksnya kepada ibunya.

Kehamilan minggu 8

Di minggu ke-8, embrio sudah bisa dianggap janin karena sudah memiliki bentuk & paras misalnya insan. Kelopak mata & hidung mulai terbentuk dalam minggu ini. Pada termin ini, plasenta berkembang & janin dikelilingi air ketuban yg terbentuk berasal pembuluh-pembuluh darah mak. Air ketuban berfungsi buat menjaga suhu janin permanen normal, membantu janin berkecimpung, & membantu dalam perkembangan jantung janin. Ukuran janin mencapai 3 cm atau sebanyak butir plum dalam minggu ke-8.

Kehamilan minggu 9

Muka dalam janin semakin terang terbentuk. Mata lebih akbar & berwarna, didasarkan  bareng pigmen yg dimiliki masing-masing janin. Janin sudah bisa buat membuka mulutnya & pita bunyi & kelenjar air liur mulai terbentuk. Janin yg berusia 9 minggu berukuran sebanyak jeruk limo atau sekitar lima,lima cm.

Kehamilan minggu 10

Janin yg berusia 10 minggu berukuran 7,lima cm, memiliki kepala yg lebih akbar dibandingkan bareng berukuran badannya. Jantung sudah bekerja secara paripurna. Jantung dalam janin berdetak 180 kali per menit, 2 atau 3 kali lebih cepat dibandingkan bareng detak jantung normal dalam orang dewasa. Sel tulang pertama kali terbentuk, menggantikan tulang rawan yg sebelumnya sudah dibuat.

Kehamilan minggu 11

Tulang paras mulai terbentuk, kelopak mata masih tertutup & nir akan terbuka hingga beberapa minggu ke depan. Kuku jua sudah mulai dibuat. Pada minggu ini, ternyata janin sudah bisa menelan & mengeluarkan urin, yg dimuntahkan dalam dalam air ketuban.

Kehamilan minggu 12

Setelah 12 minggu berasal terakhir menstruasi Enda, organ-organ & sistem tubuh yg terdapat dalam orang dewasa sudah dimiliki seluruh dalam janin. Organ, otot, kelenjar, & tulang, sudah paripurna terbentuk & mulai berfungsi. Mulai berasal minggu ini, akan terjadi perkembangan & pematangan berasal poly sekali organ yg sudah dibuat sebelumnya. Tulang belakang janin yg tadinya terbentuk berasal tulang rawan, dalam minggu ke-12 akan berubah menjadi tulang keras.

Kehamilan minggu 13-17

Ketika memasuki usia minggu ke 13-17, berat janin sebanyak 57-113 gram & panjangnya sekitar 10-13 cm. Janin mengalami mimpi dalam termin ini, dia bisa bangun & kemudian tidur. Selain itu, ekspresi janin jua sudah bisa digerakkan, misalnya dibuka atau ditutup. Pada minggu ke-16, janin sudah bisa dicermati jenis kelaminnya, apakah dia pria atau wanita bisa dibantu lihat bareng melakukan USG. Muncul rambut-rambut halus dalam kepala, yg dianggap menjadi lanugo.

Kehamilan minggu 18-22

Ukuran janin sudah mencapai 25 hingga 28 cm & memiliki berat 227 hingga 454 gram. Pada termin ini, tulang yg terdapat & keras sudah menggantikan tulang-tulan rawan dalam janin. Janin mulai bisa mendengar & menyampaikan respon gerakan. Oleh karenanya, mak bisa mencicipi tendangan, pukulan & poly sekali gerakan berasal janin. Kelenjar minyak dalam kulit mulai bekerja.

Kehamilan minggu 23-26

Pankreas janin mulai bekerja secara efektif & paru-paru semakin matang dalam termin ini. Bayi yg lahir dikala memasuki minggu ke 23-26 memiliki lebih akbar peluang buat bertahan hayati, dibandingkan bareng minggu-minggu sebelumnya. Bulu mata & alis pun mulai terlihat.

Kehamilan minggu 27- 31

Diperkirakan 91% janin yg lahir dalam minggu ke 27-31 bisa bertahan hayati walaupun berisiko mengalami poly sekali komplikasi misalnya stigma lahir & berat badan lahir rendah. Pada dasarnya, seluruh organ & sistem tubuh sudah semakin matang dalam usia ini & akan terus berkembang hingga kelahiran terjadi.

Kehamilan minggu 32-36

Gerakan & tendangan yg dilakukan sang janin semakin bertenaga & semakin terasa. Saat ini, kulit janin berwarna pink & sangat halus. Janin dalam usia ini memiliki berat sebanyak 1,814 hingga 2,268 gram & panjang sekitar 41-43 cm.

Kehamilan minggu 37-40

Minggu ini adalah minggu-minggu terakhir kehamilan. Saat ini berat badan janin sudah mencapai 2,722 hingga 3,639 gram & panjang badan yaitu sekitar 46 cm. Pada bayi pria, testikel sudah paripurna terbentuk & dilapisi bareng skrotum. Ketika memasuki minggu ke-40, maka janin siap dilahirkan & seluruh organ sudah terbentuk & berfungsi bareng baik.
loading...

0 komentar untuk Tahap Perkembangan Bayi Dalam Kandungan dari Minggu 1-40