Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya
Buat sebagian orang, kopi sudah jadi bagian hayati sehari-hari yg tidak bisa dilepaskan. Tanpa minum kopi, cita rasanya sulit sekali buat permanen penekanan bekerja. Akan akan tetapi, muncul juga orang-orang yg sudah minum kopi masih ngantuk.

Ternyata, memang muncul beberapa alasan minum kopi nir mempan buat orang-orang pribadi. Berikut klarifikasi lengkapnya.  

Memahami cara kerja kopi dalam tubuh

Untuk memahami kenapa meski sudah minum kopi masih ngantuk, Knda wajib memahami dulu bagaimana cara kerja kopi dalam tubuh. Pada dasarnya, zat yg membangun Knda lebih penekanan & terjaga sehabis minum kopi yaitu kafein. Kafein ialah zat stimulan yg merangsang kegiatan dalam sistem saraf sentra. Knda pun akan merasa lebih kuat buat ad interim waktu.  

Dalam tubuh Knda muncul senyawa bernama adenosin. Jila saraf dalam otak menangkap & mengikat adenosin, Knda akan mengantuk & ingin beristirahat. Nah, kafein ialah zat yg sifatnya sangat mirip adenosin. Maka waktu Knda minum kopi yg tinggi kafein, saraf Knda justru akan menangkap kafein, bukan adenosin.

Namun, bila adenosin efeknya bikin Knda mengantuk, kafein justru membangun pikiran lebih segar. Inilah mengapa minum kopi bisa membangun Knda lebih terjaga & penekanan.

Mengapa sudah minum kopi masih ngantuk?

Cara kerja kafein dalam tubuh setiap orang memang sama. Yang tidak sinkron ialah reaksi tubuh Knda terhadap zat stimulan tadi. Berikut ialah 2 kemungkinan mengapa sehabis Knda minum kopi masih ngantuk misalnya sebelumnya.

1. Kurang tidur

Buat orang-orang yg memang kurang tidur, secangkir kopi sudah nir berpengaruh lagi dalam sistem saraf Knda. Hal ini dipaparkan dalam sebuah penelitian dalam konferensi American Academy of Sleep Medicine & Sleep Research Society dalam Amerika Serikat (AS).

Menurut penelitian ini, semakin Knda kurang tidur, tubuh akan menghasilkan senyawa adenosin dalam jumlah yg jauh lebih poly. Gunanya agar otak menangkap frekuwensi buat beristirahat. Akibatnya, kafein dalam secangkir kopi akan kalah melawan adenosin dalam tubuh Knda.

Ketika Knda minum kopi, sistem saraf Knda juga sudah terlanjur menangkap & mengikat adenosin terlebih dahulu. Kafein yg masuk dalam tubuh jadi mubazir & tidak bisa bekerja alasannya adalah nir bisa kawasan lagi dalam sistem saraf Knda.

Maka, meskipun Knda sudah minum beberapa cangkir kopi sehabis begadang semalaman atau beberapa malam berturut-turut, Knda mungkin tidak akan mencicipi imbas apa pun.

2. Tubuh sulit mencerna kafein

Jila Knda sudah tidur nisbi akan akan tetapi minum kopi permanen membangun Knda mengantuk, penyebabnya bisa jadi gen dalam tubuh Knda sendiri. Ya, rupanya muncul gen spesifik yg mengatur seberapa peka sistem saraf Knda terhadap kafein.

Gen ini berhasil ditemukan dalam beberapa penelitian sang para pakar dalam semua global. Salah satunya dari Northwestern University Feinberg School of Medicine dalam AS. Gen bareng kode CYP1A2, AHR, POR, ABCG2, & CYP2A6 ialah gen yg bertanggung jawab buat mencerna  kafein. Sebelumnya peneliti dari University of Toronto dalam Kanada juga berhasil menemukan gen-gen tadi.

Orang-orang yg punya kombinasi paripurna dari gen-gen tadi bisa mencerna kafein lebih cepat. Maka, imbas kopi jadi lebih cepat terasa. Namun, tubuh sebagian orang justru kesulitan mencerna kafein menjadi akibatnya meskipun sudah minum kopi masih ngantuk. Pasalnya, tubuh belum terselesaikan mencerna kafein.
loading...

0 komentar untuk Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya