Demam Anak Tidak Sembuh-Sembuh Meski Sudah Minum Obat, Harus Bagaimana

Demam Anak Tidak Sembuh-Sembuh Meski Sudah Minum Obat, Harus Bagaimana
Demam adalah penyakit langganan anak-anak. Demam itu sendiri merupakan tanda bahwa anak sedang terserang infeksi tertentu atau mengalami peradangan dalam tubuh. Pada kebanyakan perkara, demam anak bisa mudah ditangani ketika penyebab aslinya diobati atau memakai minum obat penurun panas yang dijual bebas. Namun jikalau demam anak tidak kunjung sembuh meski sudah minum obat, apa artinya ini? Apa yang harus ortu lakukan?

Demam anak tidak sembuh-sembuh, apa sebabnya?

Demam biasanya bisa pulih memakai sendirinya setelah 3-5 hari sembari diberikan obat demam. Namun, demam anak yang tidak kunjung sembuh (bahkan bisa berlangsung hingga 2-3 minggu berturut-turut) bisa jadi mengindikasikan infeksi atau penyakit lain yang lebih serius.

Pada umumnya, demam berkepanjangan juga ditandai memakai suhu melebihi 38Celcius (pada bayi melebihi 37,5C), berkeringat deras, panas dingin (meriang), sakit kepala, nyeri tubuh atau sendi, kelemahan, sakit tenggorokan, kelelahan, batuk, ruam merah pada kulit, & hidung mampet.

Dikutip berasal Healthline, penyebab demam anak yang berkepanjangan bisa meliputi gangguan sistem imun sehingga tubuh tidak bisa memerangi infeksi secara cepat & efektif, kanker anak (leukimia paling umum menyebabkan demam berkepanjangan) & imbas samping kemoterapinya, hingga beberapa kondisi kesehatan seius lainnya seperti:

Emboli paru
Enterocolitis atau radang usus
Radang pada dalam selaput lendir
Trombosis vena dalam
Septik tromboflebitis, peradangan yang memengaruhi pembuluh darah

Bila ditimbulkan oleh keliru satu kondisi pada atas, demam pada anak yang berkepanjangan juga seharusnya diikuti oleh gejala lain khas penyakit yang mendasarinya.

Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua?

Penanganan demam pada anak umumnya meliputi:

Pemberian paracetamol setiap 4 sampai 6 jam sesuai kebutuhan.
Aternatifnya, berikan obat ibuprofen per 6 sampai 8 jam sesuai kebutuhan. Pastikan anak Knda telah mengonsumsi kuliner sebelum minum ibuprofen. Jangan mencampur ibuprofen memakai paracetamol untuk mengatasi demam anak.
Knda bisa menganjurkan anak untuk mandi air hangat supaya menurunkan suhu panas demam lebih cepat.

Jangan berikan aspirin pada bayi atau balita. Hubungi dokter andai saja demam anak tidak kunjung sembuh lebih berasal dua hari bahkan setelah diberi obat. Segera larikan ke IGD rumah sakit terdekat andai saja suhu anak pada atas 40 derajat Celcius atau lebih. Aika tidak ditangani, demam pada anak bisa menyebabkan fatal.

Pengobatan dokter untuk demam anak yang berkepanjangan akan bervariasi tergantung penyebabnya.
loading...

0 komentar untuk Demam Anak Tidak Sembuh-Sembuh Meski Sudah Minum Obat, Harus Bagaimana