Cara Mudah Mengajarkan Anak Supaya Bisa Makan Sendiri

Cara Mudah Mengajarkan Anak Supaya Bisa Makan Sendiri
Seiring pertumbuhan, bayi akan ingin buat bisa makan sendiri. Tapi, buat anak bisa makan sendiri jelas membutuhkan keterampilan.

Bagaimana cara mengajarkan anak buat bisa makan sendiri?

1. Berikan kudapan finger food

Berikan masakan yg aman buat dimakan dengan tangan kepada anak Knda. Knda bisa mulai dengan memberikan pada mereka potongan masakan yg cukup kecil buat dikunyah & ditelan dengan mudah, misalnya masakan yg larut dengan mudah dalam lisan; saat bayi mulai tumbuh lebih akbar, Knda bisa mulai menawarkan lebih banyak masakan.

Berlatihlah berkali-kali dengan anak Knda. Waktu makan artinya kesempatan buat berinteraksi & membantu anak Knda buat bisa makan sendiri. Duduklah dengan anak Knda, bicarakan ihwal masakan baru, & pertahankan gigitan individual buat mendorong genggaman menjepit. Ambil tangan anak Knda, satukan dengan tangan Knda & demonstrasikan.

Selalu fokuskan mata pada anak Knda saat mereka belajar buat makan finger food. Risiko tersedak bisa diminimalisir dengan memberikan gigitan kecil pada mereka.

Bersiaplah buat kekacauan lantaran bayi & balita umumnya membuat berantakan saat mereka belajar buat makan. Gunakan alas makan, & singkirkan karpet atau tempatkan penutup pelindung di bawah kursi bayi buat meminimalkan kerusakan.

2. Coba makan dengan sendok

Gunakan sendok makan bayi yg tepat lantaran sendok teh & sendok makan akan terlalu akbar buat lisan bayi. Gunakan dua sendok pada awalnya: satu buat anak Knda & satu buat Knda. Suapi anak Knda seperti biasa, & mereka akan mulai mencoba memakai sendok mereka.

Tunjukkan pada bayi Knda bagaimana cara memakai sendok & kemudian bantu mereka dengan menempatkan tangan Knda & menggerakkan tangannya buat melakukan demonstrasi. Arahkan sendok dengan perlahan ke dalam lisan balita Knda.

Pilih masakan dengan strategis. Mulailah dengan masakan yg lebih tebal & lebih padat; masakan ini akan tetap terjaga di sendok, sedangkan masakan yg lebih berair akan menetes sebelum anak Knda berhasil menempatkan sendok ke dalam lisan mereka. Yogurt, keju lunak, & pudding bisa bekerja dengan baik. Seiring kemajuan anak Knda, gantilah ke puree cair & sup.

Berikan contoh. Makanlah saat anak Knda makan; makan beserta keluarga krusial buat mengajarkan ketrampilan makan sendiri, komunikasi, & sopan santun.
loading...

0 komentar untuk Cara Mudah Mengajarkan Anak Supaya Bisa Makan Sendiri