Apakah Kandungan Gula Dalam Susu Formula Berbahaya Buat Bayi

Apakah Kandungan Gula Dalam Susu Formula Berbahaya Buat Bayi
Di dalam susu formula yg diberikan dalam si kecil, masih terdapat kandungan gula yg mungkin tidak Anda sadari. Ada yg bilang gula dalam susu formula ini mempunyai output jelek bagi kesehatan & perkembangan si kecil. Apakah ini betul? Lalu apa saja jenis gula dalam susu formula? Apakah safety buat dikonsumsi dalam jumlah banyak? Simak jawabannya berikut ini.

Apa saja jenis gula dalam susu formula buat bayi usia 0-6 bulan?

Apakah Anda pernah perhatikan komposisi & nilai gizi asal bks susu formula yg diberikan dalam butir hati? Nah, coba lihat seberapa banyak kandungan gula yg terdapat di dalamnya. Mungkin, Anda tidak menemukan kandungan gula tertera dalam nilai gizi atau komposisi susu formula, sebab umumnya gula yg digunakan merupakan jenis tertentu. Memang terdapat banyak jenis gula sehingga Anda bisa saja tak menyadarinya. 

Pada susu formula buat bayi di bawah usia 6 bulan yg mempunyai gangguan khusus sehingga tak bisa mendapatkan ASI, terdapat dua jenis gula yg terkandung di dalamnya, yaitu:

Laktosa
Maltosa

Ada beberapa produk susu yg maupun mengandung gula maltodextrin di dalamnya. Tapi, sejauh ini kandungan gula yg terdapat dalam susu formula dirancang semirip mungkin beserta ASI. Entah itu kadar karbohidrat, gula, lemak, & zat gizi lainnya.

Hal ini telah diatur oleh WHO. Sekarang, telah banyak yg mengganti gula dalam produk susu formulanya beserta seluruhnya laktosa. Ini sebab dalam dasarnya gula yg terkandung dalam ASI merupakan laktosa.

Apa saja jenis gula dalam susu formula buat usia lebih asal 6 bulan?

Sementara dalam susu formula yg diperuntukkan bagi bayi di atas 6 bulan, kebanyakan asal produknya mengandung gula jenis sukrosa. Sukrosa merupakan jenis gula protesis yg rasanya jauh lebih elok ketimbang laktosa & maltosa.

Satu sendok teh sukrosa mengandung 17 kalori & bisa beserta mudah menciptakan kadar gula darah melonjak. Sukrosa ini yg dipercaya sebagai jenis gula yg berisiko menimbulkan anak mengalami obesitas (kelebihan berat badan). 

Apa efeknya kalau bayi  gula dalam susu formula?

Beberapa penelitian telah tanda jika susu formula yg diberikan saat anak berusia balita bisa menyebabkannya mengalami obesitas bahkan hingga ia dewasa kelak. Hal ini ditimbulkan sebab terlalu banyak kandungan gula dalam susu formula yg dikonsumsi & tak disadari oleh para orangtua.

Oleh sebab itu, jika memang bayi Anda tidak mengalami gangguan kesehatan apa pun & tak perlu diberikan susu formula, maka usahakan berikan butir hati ASI saja secara eksklusif. Apalagi, jika si kecil masih berusia di bawah 6 bulan. Sementara pemberian susu formula buat anak yg di atas 6 bulan usahakan Anda konsultasikan dulu dalam pakar gizi. Ini agar porsi pemberiannya didasarkan  & anak tidak akan kelebihan gula.
loading...

0 komentar untuk Apakah Kandungan Gula Dalam Susu Formula Berbahaya Buat Bayi