5 Masalah yang Biasa Terjadi Pada Anak yang Lahir Prematur

5 Masalah yang Biasa Terjadi Pada Anak yang Lahir Prematur
Bayi yg lahir prematur biasanya tidak jarang mengalami gangguan kesehatan lantaran secara fisik belum siap buat keluar dari rahim. Bayi-bayi yg baru lahir ini lebih rentan terhadap cacat (seperti kelumpuhan otak) & bahkan kematian. 

Akibatnya, bayi prematur perlu diberikan perhatian serta kontribusi medis ekstra segera sesudah kelahiran. Bergantung dalam seberapa awal kelahiran bayi, dokter anak atau dokter kandungan bisa menghubungi neonatolog (spesialis perawatan bayi prematur atau penyakit dalam bayi) buat membantu memilih jenis perlakuan khusus yg dibutuhkan oleh bayi. Berikut ialah beberapa duduk perkara yg paling awam terjadi dalam bayi prematur.

1. Sindrom gangguan pernapasan

Ini ialah gangguan dalam sistem pernapasan lantaran perkembangan paru-paru bayi belum tepat. Hal ini terjadi lantaran paru-paru bayi prematur kekurangan surfaktan, suatu cairan yg memungkinkan paru-paru mengembang. Surfaktan protesis bisa digunakan buat menangani duduk perkara ini, digunakan bersama dengan ventilator atau mesin CPAP buat membantu bayi bernapas lebih baik serta menjaga kadar oksigen dalam darah permanen memadai. Kadang, bayi yg lahir terlalu awal (sangat prematur) mungkin memerlukan suplai oksigen jangka panjang & sesekali bisa pulang dengan dukungan terapi oksigen.

dua. Bronchopulmonary dysplasia

Atau penyakit paru-paru kronis, ialah istilah yg digunakan dalam bayi yg membutuhkan oksigen selama beberapa minggu atau bahkan bulan. Bayi cenderung bisa mengatasi duduk perkara ini, yg taraf keparahannya bervariasi, seiring dengan pertumbuhan & perkembangan paru-paru si bayi.

3. Apnea

Apnea ialah jeda pernapasan yg terjadi selama sekitar 15 detik, yg awam terjadi dalam bayi prematur. Hal ini tidak jarang dikaitkan dengan penurunan denyut jantung, yg dianggap bradikardia. Penurunan saturasi oksigen yg diukur oleh mesin pulse oximetry ini dianggap desaturasi. Umumnya, bayi dengan gangguan seperti ini akan bisa mengatasinya sendiri seiring dengan kepulangan ke rumah (dari rumah sakit).

4. Retinopati prematuritas (ROP)

Ini ialah penyakit mata di mana retina belum sepenuhnya berkembang. Kebanyakan kasus sembuh tanpa pengobatan, meskipun beberapa kasus serius memerlukan perawatan, termasuk operasi laser buat kasus yg sangat parah. Bayi Anda mungkin akan diperiksa oleh dokter mata atau spesialis retina anak buat didiagnosis serta mendapatkan perawatan seandainya diharapkan.

lima. Sakit kuning

Bayi akan mengalami sakit kuning ketika bilirubin menumpuk dalam darah. Akibatnya, kulit akan tampak kekuningan. Sakit kuning bisa terjadi dalam bayi dari ras atau warna kulit apa pun. Menanganinya yakni dengan menempatkan bayi yg nir dibalut pakaian di bawah sinar lampu khusus (matanya wajib ditutupi supaya terlindung).
loading...

0 komentar untuk 5 Masalah yang Biasa Terjadi Pada Anak yang Lahir Prematur