5 Cara Menurunkan Demam Anak dan Menjaganya Tetap Sejuk

5 Cara Menurunkan Demam Anak dan Menjaganya Tetap Sejuk
Demam pada anak belum tentu berbahaya, sebab peningkatan suhu tubuh sebanrnya bertujuan untuk membantu melawan peradangan atau infeksi. Demam ringan mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, demam tinggi bisa berbahaya, terutama bagi bayi dan anak usia dini. Orang tua wajib memperhatikan bagaimana anak terlihat dan berperilaku daripada hanya memeriksa termometer.

Bagaimana cara menurunkan demam pada anak?

1. Jangan kemasan bareng selimut dan jaket tebal

Bika anak Enda tetap aktif, makan bareng baik, minum relatif cairan, dan terutama buang air mini dalam jumlah normal, maka obat tidak dibutuhkan. Untuk mendinginkan tubuh anak, orang tua dapat memakaikan busana tipis daripada membalutnya bareng selimut.

2. Kompres bareng lap lembab

Pastikan bahwa anak Enda mendapatkan istirahat yang relatif dan tempatkan kain lap yang lembap dan sejuk pada loka ketiak atau lipatan paha anak dan ganti bareng yang baru saat lap tersebut tidak lagi terasa sejuk. Menyalakan kipas angin pada pengaturan rendah pula dianjurkan untuk membuat udara di lebih kurang anak Enda bergerak.

3. Mandikan bareng air suam-suam kuku

Memandikan anak yang sedang demam ialah kebiasaan yang generik. Pastikan bahwa airnya suam-suam kuku, dan bukan dingin, untuk menurunkan suhu tubuh. Mengoleskan obat gosok pada kulit membuat kulit terasa lebih sejuk. Namun, imbas mendinginkan ini tidak membantu sebab dapat menyebabkan menggigil, yang meningkatkan suhu tubuh inti anak.

4. Pastikan anak banyak minum

Pastikan bahwa anak mendapatkan relatif cairan dan masakan yang sejuk, untuk membantu mendinginkan tubuh berdasarkan dalam ke luar dan tetap terhidrasi. Jaga supaya ruangan tetap dingin dan kemarau. Suhu ruangan yang tinggi dapat membuat demam bertahan lebih lama dan menyebabkan keringat berlebihan yang membuat anak mengalami dehidrasi.

5. Kalau perlu, pakai obat

Acetaminophen memang membantu menurunkan demam, tetapi dosis untuk bayi dan anak-anak tergantung pada berat badan dan usia, dan wajib didiskusikan bareng dokter anak. Baca petunjuk dosis pada kemasan bareng seksama. Obat penurun demam wajib dilengkapi bareng indera takar untuk mengukur dosis bareng benar.

Kapan wajib membawa anak ke dokter saat demam?

Segera hubungi dokter bila anak berusia di bawah 3 bulan dan terkena demam. Untuk bayi usia 3 sampai 5 bulan, hubungi dokter bila suhu tubuhnya mencapai 38C atau lebih. Untuk bayi di atas usia 6 bulan, hubungi dokter bila demamnya mencapai lebih kurang 39C atau lebih.

Terlepas berdasarkan usia anak, bila orang tua menyadari adanya tanda-tanda berfokus berdasarkan infeksi seperti sulit bernapas atau bercak ungu pada kulit, segera hubungi dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan pesan implisit medis, penaksiran, maupun pengobatan.
loading...

0 komentar untuk 5 Cara Menurunkan Demam Anak dan Menjaganya Tetap Sejuk