4 Cara Cepat Mengatasi Lidah Terbakar

4 Cara Cepat Mengatasi Lidah Terbakar
Saat masakan yg sudah Knda ingin-inginkan selama beberapa waktu, Knda cita rasanya ingin saja segera menyantapnya, bukan? Namun ternyata virtual tadi justru membuat Knda lupa bahwa masakan tadi masih panas. Alhasil, bukannya menikmati masakan, Knda justru mencicipi sensasi pengecap Knda terbakar (burnt tongue). Apa yg wajib dilakukan buat mengatasi pengecap terbakar sehabis makan atau minum sesuatu yg terlalu panas ini?

Apa itu pengecap terbakar?

Lidah terbakar terjadi waktu Knda meremehkan suhu masakan atau cairan yg akan Knda tuang ke dalam ekspresi Knda. Derajat keparahan sumber pengecap terbakar ini ternyata masih terdapat majemuk:

Pada derajat pertama, yg Knda rasakan mungkin timbulnya rasa sakit dalam pengecap Knda, hingga pengecap Knda mungkin terlihat memerah & membengkak.

Pada derajat ke 2, rasa sakit yg Knda rasakan mungkin lebih sumber yg dirasakan dalam derajat pertama, karena jikalau hingga dalam fase ini, bagian pengecap yg terpapar panas bukan lagi hanya bagian terluar, melainkan termasuk lapisan dalam bawah bagian tadi. Pada derajat ini pengecap juga akan terlihat memerah & bengkak, disertai timbulnya benjolan berisi cairan.

Pada derajat ketiga, suhu panas ternyata bisa mencapai jaringan pengecap yg lebih dalam. Bukan lagi memerah, pengecap bahkan bisa berubah mirip kehitaman dalam kulit yg terbakar. Pada derajat ini, pengecap Knda mungkin akan cenderung mengalami tewas rasa.

Cara mengatasi pengecap terbakar

Lidah terbakar hingga bisa mencapai derajat ke 2 & ketiga yg nir segera ditangani tentu akan bisa menurunkan kemampuan pengecap Knda dalam menyicipi rasa, meskipun efek ini hanya artinya efek ad interim, karena biasanya organ pengecap dalam pengecap Knda akan meregenerasi dirinya setiap 2 minggu. Berikut beberapa tindakan yg bisa Knda lakukan buat mengatasinya:

Sesuatu yg dingin. Sepotong es batu atau es lilin yg Knda letakkan dalam atas pengecap terbakar Knda, atau segelas air putih dingin mungkin akan bisa mengatasi pengecap terbakar Knda bahkan mengurangi efek sensasi terbakar yg Knda rasakan.
Sesuatu yg melapisi. Setelah upaya mengurangi sensasi rasa terbakar, mungkin melapisi pengecap Knda bareng sesuatu yg menenangkan bisa dicoba. Susu & yoghurt memiliki kemampuan melapisi tadi.
Beberapa bahan lain dalam tempat tinggal Knda yg memiliki kemampuan menenangkan juga bisa Knda coba, mirip sesendok gula & madu yg terdapat taburkan dalam atas pemukaan pengecap terbakar Knda.
Seleksi masakan. Sensasi pengecap terbakar yg Knda rasakan sudah mulai berkurang, namun belum sepenuhnya pulih. Ada baiknya bila Knda masih menghindari beberapa masakan yg mungkin justru bisa memperparah syarat tadi mirip masakan yg terlalu pedas atau terlalu asam, karena beberapa rasa tadi bisa memperburuk kerusakan dalam kulit.

Segera periksakan ke dokter bila

Tubuh insan memiliki kemampuan istimewa buat menyembukan dirinya sendiri. Namun jikalau sehabis segala upaya yg sudah disebutkan dalam atas & pengecap Knda tidak kunjung sembuh, pengecap terbakar Knda juga diikuti sang beberapa pertanda-pertanda mirip demam, pembengkakan & memerah yg semakin memburuk, usahakan segera periksakan pengecap terbakar Knda tadi
loading...

0 komentar untuk 4 Cara Cepat Mengatasi Lidah Terbakar