Tanda-tanda Bayi Anda Siap Makan Makanan Padat (MPASI)

Tanda-tanda Bayi Anda Siap Makan Makanan Padat (MPASI)
Apabila Knda berpikir untuk mulai memperkenalkan makanan padat atau MPASI pada bayi Knda, terdapat beberapa tanda yang mampu dicermati untuk membantu Knda menentukan apa waktunya sudah tepat. Ketahui gejala ini supaya Knda tak memberi MPASI terlalu awal.

Ciri-karakteristik bayi sudah siap diberi MPASI

Bayi Knda mungkin sudah siap makan makanan padat bila beliau:

Dapat menahan kepalanya. Bayi Knda wajib mampu mempertahankan posisi kepala tegak beserta stabil untuk mengonsumsi makanan pertamanya.
Dapat duduk beserta disokong. Knda mungkin wajib memangku bayi Knda dulu. Kursi tinggi mampu dipergunakan setelah beliau mampu duduk sendiri.
Membuat gerakan mengunyah. Bayi Knda seharusnya mampu menggerakkan makanan ke belakang mulut & menelan. Seiring beserta bayi Knda belajar untuk menelan secara efisien, Knda mungkin memperhatikan bahwa beliau lebih jarang berliur menurut biasanya. Mungkin pula beliau sudah memiliki satu atau 2 gigi.
Telah memilki berat badan yang sehat. Banyak bayi sudah siap makan makanan semi-padat saat mereka telah mencapai 2 kali berat badan lahir mereka. Ini terjadi pada sekitar usia 6 bulan.
Penasaran beserta apa yang Knda makan. Saat Knda sedang makan, beliau tak jarang berusaha mengambil makanan tersebut & mencoba memasukkan ke dalam mulutnya.
Memiliki koordinasi tangan & mulut yang baik. Dapat melihat, mengambil, & menaruh makanan ke dalam mulutnya sendiri.

Jangan tertukar beserta karakteristik-karakteristik berikut!

Banyak orangtua yang terkecoh gejala palsu menurut si kecil. Beberapa kebiasaan bayi pada bawah ini tak jarang disalahartikan sebagai tanda si kecil sudah siap diberi MPASI, sehingga orangtua malah memberi makanan padat terlalu awal sebelum waktunya.

Beberapa tanda yang tak jarang disalahartikan sebagai kesiapan bayi ini termasuk:

Mengunyah kepalan tangan
Bangun pada tengah malam saat biasanya beliau tertidur
Menyusu lebih banyak

Amannya, tunggu sampai usia bayi enam bulan

Meskipun Knda melihat gejala bayi Knda siap untuk memakan makanan pertamanya, terdapat baiknya Knda menunggu sampai bayi berusia sekitar enam bulan sebelum mulai.

Menunggu sampai enam bulan untuk memberi bayi Knda makanan pertama akan melindungi kesehatannya. Hal ini mengurangi kemungkinan bayi mengembangkan alergi atau terkena infeksi menurut makanan, karena pada usia enam bulan sistem imun & pencernaannya lebih kuat.

Penting untuk menunggu enam bulan khususnya bila terdapat riwayat alergi atau penyakit celiac pada famili. Penyakit celiac dipicu oleh gluten pada gandum.

Apabila Knda berencana untuk memulai makanan padat pada bayi Knda sebelum 6 bulan, konsultasikanlah beserta dokter Knda.
loading...

0 komentar untuk Tanda-tanda Bayi Anda Siap Makan Makanan Padat (MPASI)