Tahap Perkembangan Anak Sosialisasi

Tahap Perkembangan Anak Sosialisasi
Apakah Anda ingat tangisan pertama bayi Anda? Sejak baru dilahirkan pun, bayi sudah mulai berkomunikasi.

Pada awalnya, tangisan bayi terasa seperti bahasa asing. Tapi, usang kelamaan Anda akan belajar mengenal bahasa bayi & dapat menjawab kebutuhan bayi Anda.

Bagaimana cara bayi berkomunikasi?

Bayi terlahir dengan kemampuan untuk menangis. Itulah cara dia berkomunikasi untuk ad interim waktu. Tangisan bayi akan memberi tahu bahwa terjadi sesuatu pada bayi Anda, entah itu rasa lapar, popok yang basah, kaki yang dingin, merasa lelah, atau ingin dipeluk, dll.

Terkadang, kebutuhan bayi dapat diidentifikasikan melalui tangisannya. Contohnya, ketika dia lapar, dia akan menangis sebentar dengan nada suara yang rendah. Ketika dia sedih, suara tangisannya akan terputus-putus. Lama kelamaan, Anda dapat memahami kebutuhan bayi Anda & meresponnya dengan baik.

Tapi bayi juga dapat menangis tanpa alasan seperti ketika mendengar suara terlalu keras. Jadi, seandainya bayi Anda menangis & Anda tidak dapat langsung menghiburnya, ingatlah bahwa tangisan merupakan satu dari stimuli ketika mereka terlalu berat mencerna apa yang dirasakannya.

Menangis merupakan cara utama bagi bayi untuk berkomunikasi, tapi mereka juga dapat menggunakan cara lain. Belajar mengenali tingkah mereka dapat memperat hubungan mak & bayi.

Bayi yang baru lahir dapat membedakan suara manusia & suara lain. Cobalah untuk memperhatikan tanggapan bayi Anda terhadap suara Anda, sebab suara Anda akan ia hubungkan masakan, kehangatan & sentuhan.

Jika bayi Anda menangis dalam buaian Anda, lihatlah seberapa cepat suara Anda dapat membuatnya tenang. Lihat bagaimana cara bayi mendengar ketika Anda berbicara dengan suara penuh kasih sayang. Bayi Anda mungkin belum dapat berkoordinasi antara melihat & mendengar, tapi meskipun ia melihat ke  rah lain, dia dapat medengar dengan saksama suara Anda ketika berbicara. Bayi Anda dapat menyesuaikan posisi tubuh atau ekspresi wajah, atau menggerakkan lengan & kaki ketika Anda berbicara.

Terkadang di bulan pertama kelahiran bayi, Anda mungkin akan melihat senyum pertamanya sebuah cara baru bagi bayi Anda untuk berkomunikasi.

Apa yang wajib aku lakukan?

Saat Anda pertama kali memeluk bayi Anda setelah dilahirkan, Anda akan mulai berkomunikasi satu sama lain dengan memberikan pandangan, suara, & sentuhan pertama. Bayi dapat dengan cepat belajar global dengan indra mereka.

Beberapa hari setelah kelahirannya, bayi akan terbiasa melihat Anda & mulai fokus terhadap wajah Anda. Indra peraba & pendengaran merupakan indra yang terpenting.

Bayi Anda akan penasaran tentang suara di sekitarnya, terutama suara manusia. Bicaralah dengan bayi Anda setiap Anda mempunyai kesempatan. Meskipun bayi Anda tidak mengerti apa yang Anda katakan, suara Anda yang lembut akan menjadi penenang untuknya.

Berkomunikasi dengan bayi Anda krusial untuk memenuhi kebutuhannya. Selalu tanggapi kebutuhan bayi Anda ketika ia menangis. Bayi tidak akan menjadi manja sebab terlalu banyak diperhatikan. Sebaliknya, dengan merespon cepat saat dia menangis, akan membuat mereka tahu bahwa mereka krusial & diperhatikan.

Anda saatnya di mana Anda sudah memenuhi seluruh kebutuhannya, & bayi Anda tetap menangis. Janganlah risi! Bayi Anda mungkin hanya merasa terlalu lelah, mempunyai terlalu banyak energi, atau hanya menangis tanpa alasan.

Sangat wajar bagi bayi untuk mempunyai masa rewel di waktu yang sama setiap hari, umumnya saat sore hari atau tengah malam. Meskipun seluruh anak yang baru lahir menangis & memberikan sifat rewelnya, bayi yang sehat akan menangis lebih dari 3 jam sehari, lebih dari 3 hari per minggu, setidaknya selama 3 minggu. Kondisi ini disebuti kolik. Hal ini mungkin akan membuat Anda tertekan, tapi kabar baiknya, hal ini akan berlangsung ad interim saja. Kebanyakan bayi akan melewati masa ini saat umur 3-4 bulan.

Cobalah menenangkan bayi Anda. Lakukan beberapa gerakan yang menenangkan, seperti menggoyangkannya, atau berjalan maju mundur mengelilingi ruangan, atau responlah dengan suara, seperti musik yang lembut atau suara berdengung vacuum cleaner. Mungkin akan butuh waktu untuk menemukan cara terbaik untuk menenangkan bayi Anda saat periode ini.

Apakah aku perlu risi?

Bicarakan dengan dokter Anda seandainya bayi Anda menangis pada jangka waktu yang tidak wajar, seandainya suara tangisannya terasa aneh bagi Anda, atau seandainya dia menangis dengan diikuti berkurangnya aktivitas, napsu makan, & cara bernafas yang tidak biasa. Dokter Anda akan mencari penyebab medis atas keadaan bayi Anda. Kemungkinan bahwa semuanya baik-baik saja, & dengan mengetahui hal ini dapat membuat Anda lebih rileks & tenang saat mengetahui alasan bayi Anda menangis.

Beberapa alasan lainnya atas tangisan bayi:

Bayi sakit. Bayi yang menangis lebih sering ketika digendong mungkin sedang sakit. Hubungi dokter Anda, terutama seandainya suhu tubuh bayi mencapai 38C atau lebih.
Bayi mempunyai iritasi mata. Kornea mata yang tergores atau ada benda asing pada mata bayi dapat menyebabkan kemerahan & mata berair. Hubungi dokter.
Bayi Anda sedang merasa kesakitan. Sebuah peniti atau objek lainnya dapat melukai kulit bayi. Cobalah lihat di setiap kawasan, termasuk setiap jari tangan & kaki (kadang rambut dapat melingkar di kawasan ini & menyebabkan rasa sakit; hal ini disebut hair tourniquet).

Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai kemampuan bayi Anda dalam melihat atau mendengar, hubungi dokter Anda dengan segera. Jika dibutuhkan, bayi dapat dites dengan menggunakan alat-alat medis yang canggih. Semakin cepat masalah ditemukan, semakin baik pula dapat diobati.
loading...

0 komentar untuk Tahap Perkembangan Anak Sosialisasi