Siapa Saja yang Boleh Melakukan CT Scan dan Seperti Apa Persiapannya

Siapa Saja yang
Apakah Knda diminta dokter buat melakukan investigasi CT scan? CT (computed tomography) scan adalah investigasi medis lanjutan yg umumnya dilakukan buat membantu dokter mengetahui syarat kesehatan pasien. Sebelum melakukan investigasi medis ini, usahakan Knda ketahui beberapa hal yg wajib disiapkan.

Apa itu investigasi CT Scan?

CT scan adalah investigasi medis yg dengan teknologi sinar X & personal komputer sekaligus. Pemeriksaan ini membuat tim medis bisa melihat apa yg terjadi dalam dalam tubuh pasien. Bisa dibilang CT scan adalah indera yg dipergunakan buat membaca syarat tubuh seseorang. Pemeriksaan ini lebih terang dan lebih rinci ketimbang investigasi rontgen.

Dokter umumnya meminta Knda buat melakukan investigasi CT scan buat melihat:

Masalah dalam tulang & sendi. Prosedur investigasi ini bisa mendeteksi adanya patah tulang atau tumor dalam tulang.
Mendeteksi tumor, penggumpalan darah, & infeksi.
Aika Knda mengalami suatu syarat kesehatan spesifik mirip kanker, penyakit jantung, atau gangguan fungsi hati, maka dokter dengan investigasi ini buat melihat perkembangan penyakit yg Knda derita.

Persiapan sebelum menjalani mekanisme investigasi

Sebenarnya, Knda gak perlu mempersiapkan apa pun buat melakukan investigasi ini. Namun, muncul beberapa hal yg wajib Knda sampaikan dalam dokter Knda sebelum menjalani CT scan. Simak daftarnya dalam bawah ini. 

Sedang hamil atau berencana buat hamil dalam waktu dekat
Memiliki gangguan fungsi jantung, mirip gagal jantung
Menderita diabetes
Sedang mengonsumsi metformin
Memiliki asma
Mengalami gangguan fungsi ginjal

Sementara kalau Knda tidak memiliki syarat-syarat tadi, maka Knda tinggal tiba saja ke tempat tinggal sakit ketika investigasi Knda dijadwalkan. Sesaat sebelum investigasi berlangsung, maka Knda akan diminta buat melakukan beberapa hal ini dia.

Melepas kostum & merubahnya bareng kostum yg disediakan spesifik berdasarkan tempat tinggal sakit.
Melepas perhiasan atau aksesoris yg dikenakan mirip jam tangan.
Tidak makan & minum beberapa jam sebelum melakukan mekanisme investigasi ini.

Pemeriksaan ini hanya memakan waktu lebih kurang 30-60 menit, tergantung bareng bagian tubuh yg diperiksa.

Apakah muncul risiko melakukan investigasi ini?

Sama mirip rontgen, CT scan dengan sinar X buat membaca organ tubuh Knda. Jadi investigasi ini memang usahakan tidak dilakukan sang bunda hamil jua bayi. Pasalnya, sinar X bisa memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayi & janin. 

Aika Knda sedang nir hamil, investigasi ini kondusif buat dilakukan. Knda gak perlu khawatir bareng gambaran sinar X yg Knda terima ketika investigasi dilakukan. Radiasi yg dimuntahkan sinar X tadi sudah diatur dosisnya, menjadi akibatnya nir menyebabkan bahaya bagi kesehatan Knda.

Ada sebuah penelitian yg menyatakan bahwa mekanisme investigasi ini menaikkan risiko kanker & bisa mengganggu DNA. Namun, risiko ini sangat mini buat terjadi, kemungkinannya hanya 1 banding dua.000 kasus. Jadi, CT scan masih dipercaya menjadi investigasi yg nisbi kondusif & bisa membantu dokter dalam mengevaluasi syarat pasiennya.

Hanya, memang dalam beberapa kasus, CT scan bisa menyebabkan alergi implikasi suntikan obat yg diberikan sebelum melakukan investigasi. Tetapi damai saja, dampak samping tadi sporadis terjadi. Jila Knda masih cemas buat melakukan investigasi ini, maka usahakan Knda diskusikan hal ini dalam dokter yg menangani Knda.
loading...

0 komentar untuk Siapa Saja yang Boleh Melakukan CT Scan dan Seperti Apa Persiapannya