Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial, Kunci Kecerdasan Anak

Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial, Kunci Kecerdasan Anak
Kebanyakan orang mengidentikan lemak menjadi makanan yang berbahaya untuk kesehatan. Padahal, timbul lemak yang ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan, loh. Terutama untuk perkembangan otak si mini. Lemak jenis ini disebut bareng asam lemak esensial. Asam lemak esensial ialah lemak yang diperlukan sang tubuh untuk pembentukan sel & mengendalikan peradangan. Ketahui bermacam-macam manfaat asam lemak esensial dalam artikel ini.

Manfaat asam lemak esensial untuk anak

Asam lemak esensial ialah lemak yang sangat krusial sebab tidak mampu diproduksi sang tubuh. Lemak ini mampu membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, menguatkan sistem kardiovaskular, membangun sistem kekebalan tubuh, & membantu tubuh menyerap nutrisi. Asam lemak esensial pula sangat krusial untuk kesehatan fungsi otak & mata.

Omega-6 & omega-3 termasuk dalam asam lemak esensial. Keduanya ialah lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, & membuat jantung tetap sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang lahir berasal bunda yang mengonsumsi suplemen omega-3 (DHA & EPA) selama kehamilan mendapat nilai lebih tinggi pada tes kognitif pada usia 4 tahun dibandingkan anak-anak yang ibunya tidak mengonsumsi suplemen DHA & EPA.

Selain itu, penelitian lain pula menemukan bahwa suplemen ikan yang kaya akan lemak esensial mampu membantu mengurangi perilaku proaktif & hiperaktif, serta meningkatkan perhatian pada anak pada bawah usia 12 tahun.

Omega-6 & Omega-3: Berapa banyak yang diperlukan sang anak?

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia, rekomendasi asupan asam lemak omega-3 & asam lemak omega-6 ialah:

0 1 tahun

440 mg, atau 4,4 gram omega-6 setiap hari
500 mg, atau 0,lima gram omega-3 setiap hari

1 3 tahun

7000 mg, atau 7 gram omega-6 setiap hari
700 mg, atau 0,7 gram omega-6 setiap hari

4 9 tahun

1.000 mg, atau 10 gram omega-6 setiap hari
900 mg, atau 0,9 gram omega-3 setiap hari

Di atas 9 tahun

1.600 mg, atau 1,6 gram omega 6 setiap hari

Biasanya omega-6 akan tersedia dalam jumlah banyak dalam makanan Enda, jadi Enda hanya perlu fokus memastikan anak Enda mendapatkan asupan omega-3 yang cukup. (Banyak omega-6 terkandung pada makanan 1/2 jadi yang mengandung minyak seperti minyak kedelai)

Anak Enda tidak perlu mendapatkan asam lemak esensial yang cukup setiap hari. Sebagai gantinya, Enda mampu menyicil pemenuhan kebutuhan lemak esensial sesuai rekomendasi AKG dalam beberapa hari atau satu minggu.

Sumber yang baik untuk mendapatkan asam lemak esensial

Beberapa pakar merekomendasikan untuk menambah jumlah asupan minyak esensial dalam menu makanan Enda. Berikut ini beberapa makanan yang jadi sumber asam lemak esensial terbaik, yaitu:

Ikan & makanan bahari (salmon, sarden, makarel, tuna, lele, udang, kepiting, kerang, & sebagainya)
Minyak langsung (minyak kanola, minyak walnut, minyak kedelai & produk kedelai lainnya, serta minyak biji rami.
Sayur & butir (alpukat, bayam, & kubis)
Biji chia
Telur
Susu & produk turunannya (keju, yogurt, & mentega)

Enda pula mampu mendapatkan asupan minyak esensial berasal makanan yang telah diperkaya bareng omega 3 seperti selai kacang, susu, yogurt, juz jeruk, margarin, & lain sebagainya. Sayangnya, kandungan omega-3 berbeda pada setiap produk. Itu sebabnya, ingat selalu cek label nutrisi yang tertera pada bungkus.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk mengonsumsi omega-6 dibandingkan omega-3. Beberapa pakar menyatakan bahwa ketidakseimbangan antara omega-6 & omega-3 mampu ganggu imun, menyebabkan terjadi peradangan dalam tubuh, & mungkin mampu menimbulkan penyakit seperti penyakit jantung & diabetes tipe 2.
loading...

0 komentar untuk Segudang Manfaat Asam Lemak Esensial, Kunci Kecerdasan Anak