Perkembangan Bayi di Usia 4 Minggu

Perkembangan Bayi di Usia 4 Minggu
Perkembangan bayi usia 4 minggu

Bagaimana perkembangan bayi dalam minggu 4?

Bayi Anda sekarang berumur 4 minggu. Bayi bahagia dan perlu mengisap sebagai akibatnya Anda dihentikan mencegahnya. Faktanya, Anda mungkin telah mengetahui bahwa dot mampu membantu menenangkan bayi. Dalam beberapa kasus, bayi Anda bahkan mungkin mampu mengisap ibu jari atau jari lainnya.

Di minggu ke-4, bayi mungkin mempunyai penglihatan dan fokus benda dalam jeda 20-35 cm.

Pastikan bayi Anda permanen dalam posisi telentang, meskipun tidak sedang tidur. Jika bayi menelungkup, kepalanya berisiko sebagai konkaf. Jadi selalu taruh bayi dalam posisi telentang buat mencegah situasi ini.

Cobalah posisikan wajah Anda dalam depan bayi buat membuatnya mendongakkan kepalanya buat melihat Anda. Anda jua mampu menggulung handuk atau memberikan selimut dalam bawah dadanya buat merangsangnya menarik-narik benda.  Ini adalah buat membantu sistem saraf dan pengendalian otot bayi buat berkembang.

Kesehatan Bayi Usia 4 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan bareng dokter dalam minggu 4?

Dalam fase ini, Anda perlu membawa bayi Anda ke dokter buat menjalankan investigasi mirip:

Darah bayi diambil dari tumit bareng rapid test strip buat menilik apakah bayi mengalami penyakit saluran kemih phenylketonuria atau hipotiroid. Tes darah ini mampu membantu dokter menilik duduk perkara metabolisme. Di samping itu, Anda mampu menyarankan dokter melakukan investigasi mendalam buat mendeteksi kelainan atau kondisi kesehatan lainnya yang mungkin bayi alami.
Dalam sejumlah kasus, bayi mungkin perlu diberi vaksinasi hepatitis B, terutama bila Anda jua telah didiagnosis positif terkena hepatitis B. Jika Anda tidak mempunyai hepatitis B, Anda mampu memberikannya vaksin hepatitis B kapanpun selama dua bulan pertama, atau memberinya suntikan vaksin sintetis diphtheria-pertussis-tetanus dalam umur dua bulan. Bayi lahir prematur jua mampu disuntik vaksin buat mencegah hepatitis B. Selalu konsultasi kepada dokter bila Anda buat menetapkan buat memvaksinasi bayi.
Lakukan tes pendengaran. Dokter akan menilik buat memastikan bahwa bayi Anda tidak terkena gangguan pendengaran.

Merawat bayi usia 4 minggu

Bayi paling tidak jarang menangis dalam beberapa bulan pertama. Kolik adalah tangisan bayi yang tidak terkendali dan berkepanjangan. Kolik mungkin mempengaruhi 10-25% bayi berumur dalam bawah 3 bulan. Semua bayi lebih tidak jarang menangis dalam 3 bulan pertama daripada waktu manapun dalam hayati mereka, tapi kolik tidak sinkron bareng tangisan biasa. Beberapa dokter mendefinisikannya bareng rumus 3 yaitu: sekali menangis mampu hingga 3 jam; terjadi setidaknya 3 kali seminggu; dan setidaknya 3 minggu berturut-turutbiasanya mulai antara minggu ke-3 dan ke-6. Episode kolik tidak jarang mendadak muncul dalam malam hari. Banyak bayi akan menangis kencang, tidak mampu ditenangkan, sembari mengepalkan tangan, dan meregangkan kaki mereka. Setiap bayi tidak sinkron satu sama lain, tapi kolik umumnya membaik dalam waktu sekitar 3 bulan. Beberapa orang berteori bahwa penyebab kolik adalah sistem pencernaan bayi yang belum sempurna atau alergi kuliner. Lainnya percaya penyebabnya mungkin alasannya sistem saraf yang masih berkembang atau temperamen bayi yang membuatnya terlalu gampang terstimulasi. Walaupun kolik memproduksi orangtua tidak mampu berbuat apa-apa dan merasa bersalah, ini hanya sementaradan bukan menunjukan duduk perkara jangka panjang.

Setiap bayi bhineka dan mampu dihibur bareng cara yang jua tidak sinkron, sebagai akibatnya Anda mungkin perlu bereksperimen bareng sejumlah teknik terbaik buat bayi, dalam antaranya adalah:

Cobalah membentuk lingkungan yang menenangkan yang meniru hayati bayi dalam dalam rahim: nyaman, hangat, dan teduh. Bedong bayi Anda dalam selimut. Goyangkan bayi Anda dalam lengan Anda atau ranjang goyang.
Beberapa bayi ditenangkan bareng white noise yang berulang, contohnya bunyi penyedot debu, indera pencuci piring, pengering baju, semuanya mungkin mirip bareng bunyi dari dalam organ tubuh Anda. Ide lain: mandi air hangat, kompres botol berisi air panas atau handuk dalam atas perut bayi, atau dot. Sejumlah orangtua melaporkan bahwa gejala kolik bayi mereka membaik bareng obat nonresep bernama simethicone, yang mungkin mengurangi gas dalam dalam usus.
Mendengarkan tangisan bayi mampu memproduksi frustrasi dan capek. Akan sangat membantu jikalau Anda mempunyai seseorang mampu bergantian membantu merawat dan menangani bayi Anda. Jika Anda harus memberikan bayi dalam atas ranjangnya atau tempat lain yang safety selama beberapa menit buat pergi ke kamar mungil, ingatlah bahwa meninggalkan bayi selama beberapa menit, walaupun beliau sedang menangis, tidak akan membuatnya marah. Beri memahami dokter jikalau tangisan bayi terdengar mirip jeritan dan teriakan kesakitan, jikalau berat badan bayi tidak lagi naik, bayi demam, atau bayi mengalami gejala kolik dalam usia lebih dari 3 bulankarena ini mungkin adalah menunjukan duduk perkara kesehatan.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai dikala usia bayi 4 minggu?

Pada tahap ini, Anda perlu memahami tentang interaksi rokok bareng kesehatan bayi. Jila Anda atau pasangan Anda merokok, Anda mungkin harus berhenti. Menjadi perokok pasif mampu sangat berbahaya bagi bayi. Paparan asap rokok berulang mampu melemahkan paru-paru, memproduksi bayi lebih rentan terhadap infeksi telinga, bayi lebih tidak jarang mendengkur dan mengalami gangguan pernapasan dikala tidur. Merokok terbukti mengakibatkan duduk perkara kesehatan, kebiasaan, dan duduk perkara belajar dalam bayi, dan mempertinggi risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Meskipun Anda merokok dalam luar dan tidak berada dalam ruangan yang sama bareng bayi, zat-zat kimia yang berbahaya permanen akan menyebar dalam segala penjuru tempat tinggal hanya dalam hitungan menit, belum lagi yang melekat dalam tubuh, rambut, dan baju Anda.

Tanyakanlah kepada dokter bagaimana cara berhenti merokok, atau bila Anda atau anggota keluarga Anda tidak mampu pribadi berhenti, tanyakan bagaimana caranya agar bayi permanen safety dan asap rokok tidak hingga mempengaruhi bayi Anda.

Bagaimana perkembangan bayi Anda dalam minggu selanjutnya?
loading...

0 komentar untuk Perkembangan Bayi di Usia 4 Minggu