Penyebab Kulit Bayi Berminyak dan Langkah-langkah Mengatasinya

Penyebab Kulit Bayi Berminyak dan Langkah-langkah Mengatasinya
Kulit bayi sangat sensitif, tidak sama bareng orang dewasa. Ada beberapa masalah kulit yg biasanya terjadi kepada bayi yg baru lahir, galat satunya kulit bayi berminyak, terutama di bagian kulit kepala. Kulit kepala bayi yg berminyak bisa menjadi galat satu indikasi adanya masalah kulit, yaitu dermatitis seboroik.

Apa itu dermatitis seboroik?

Dermatitis seboroik adalah syarat di mana kulit bayi terlihat berisisik dan berkerak. Bagian kulit yg biasanya terkena artinya kepala, belakang pendengaran, dan lipatan kulit. Kondisi ini maupun bisa memengaruhi daerah berminyak kepada tubuh, misalnya paras, sisi hidung, alis, kelopak mata, dan dada.

Dermatitis seboroik yg biasanya terjadi di kepala bayi diklaim maupun bareng ungkap cradle cap. Kondisi ini mirip bareng ketombe kepada orang dewasa. Umumnya hal ini terjadi di 3 bulan pertama dan bisa berlangsung hingga satu tahun.

Cradle cap bukan termasuk penyakit kulit yg berfokus. Hanya saja, rasa gatal yg disebabkan terkadang nisbi membuat bayi Anda rewel. Selain itu, masalah kulit yg satu ini sangat mengganggu penampilan karena kulit kepala terlihat berminyak, seolah berketombe dan kotor.

Gejala dan karakteristik dermatitis seboroik kepada bayi

Ada sisik putih atau kuning yg simpel mengelupas kepada kulit di bagian tubuh bayi yg berminyak contohnya belakang pendengaran, sisi hidung, terutama kepala.
Muncul kemerahan kepada kulit.
Terasa gatal, yg biasanya ditunjukkan bayi bareng cara menggosok atau menyentuh bagian kulitnya yg gatal. Bisa maupun gatalnya nir bisa dijangkau, menjadi akibatnya bayi Anda hanya bisa menangis dan rewel terus.

Penyebab dermatitis seboroik

Aktivitas kelenjar minyak yg berlebih
Jamur malassezia yg masih ada di kulit yg berminyak
Sistem kekebalan tubuh yg lemah

Mengatasi kulit bayi berminyak karena dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik dan masalah kulit bayi berminyak umumnya akan sembuh bareng sendirinya. Namun, ada beberapa cara yg bisa Anda lakukan buat menjaga penampilan dan kebersihan kulitnya.

Untuk bagian badan, cuci dan mandikan misalnya biasa menggunakan air hangat dan sabun spesifik bayi. Lalu, pakai sampo spesifik bayi buat bagian kepala yg terkena cradle cap. Sampo spesifik bayi nir mengandung detergen menjadi akibatnya cenderung ringan dan kondusif dipakai, nir akan menyebabkan iritasi yg lebih parah.

Sebelum mencuci kepala bayi, oleskan baby oil, minyak zaitun, atau petroleum jelly secara perlahan. Pijat lembut agar sisik di kulit kepala melunak dan perlahan terlepas. Kemudian bilas lagi kepalanya bareng air hangat atau suam-suam kuku hingga bersih.

Biasanya, menggunakan sampo spesifik bayi sudah nisbi buat menjaga kebersihan kulit kepala bayi Anda. Namun, apabila keadaan memburuk, Anda bisa konsultasikan ke dokter buat mengetahui pengobatan yg pasti.

Jika diperlukan, dokter akan meresepkan krim antijamur, clotrimazole, econazole, atau miconazole. Krim tadi biasanya membantu membersihkan ruam dan kemerahan dan mengatasi kulit bayi berminyak yg sudah nisbi parah. Jika ada pembengkakan, krim steroid ringan maupun menjadi pilihan pengobatan yg biasanya diresepkan.
loading...

0 komentar untuk Penyebab Kulit Bayi Berminyak dan Langkah-langkah Mengatasinya