Penyebab Bayi Kolik dan Menangis Berjam-jam Tanpa Henti

Penyebab Bayi Kolik dan Menangis Berjam-jam Tanpa Henti
Pernahkah bayi Anda menangis sepanjang waktu? Menangis merupakan hal yg normal bayi lakukan, namun jikalau bayi menangis sepanjang waktu, bayi dapat membuat ibu menjadi risi. Bayi yg menangis sepanjang waktu, mungkin dapat lebih dari tiga jam, biasa disebut dengan kolik. Bayi Anda biasanya seringkali kolik pada usia kurang dari 5 bulan.

Apa itu kolik?

Kolik ialah sebuah kondisi yg bukan termasuk penyakit & tidak akan membahayakan bayi, namun mungkin relatif mengganggu & membuat risi orangtua. Biasanya bayi menangis alasannya adalah mereka pipis, lapar, takut, atau ingin tidur, namun bayi kolik akan terus-terusan menangis & tanpa terdapat penyebabnya. Ada beberapa hal yg dapat membedakan kolik dengan tangis biasa, yaitu:

Kolik biasanya mulai terjadi pada usia bayi 2 atau tiga minggu, biasanya terjadi pada sore atau malam hari
Bayi menangis lebih dari tiga jam, dapat terjadi lebih dari tiga hari dalam seminggu, & dapat berlangsung setidaknya selama tiga minggu
Biasanya mengalami masa zenit pada 6-8 minggu & dapat berlangsung sampai bayi berusia tiga-4 bulan.

Jika bayi kolik, biasanya ibu akan kebingungan menanganinya. Tangisan bayi saat kolik pula lebih keras dibandingkan ia biasa menangis.

Apa yg menyebabkan bayi kolik?

Tidak terdapat yg mengetahui apa yg menyebabkan kolik pada bayi. Para pakar memperkirakan bahwa sekitar 8-40% bayi pernah mengalami kolik. Tidak pula terdapat yg memahami mengapa terdapat bayi yg mengalami kolik & terdapat pula yg tidak. Ya, tidak semua bayi sempurna mengalami kolik, sebagian terdapat yg tidak mengalaminya. Bayi kolik mungkin dapat ditimbulkan oleh aneka macam hal.

Beberapa pakar menduga bahwa kolik yg panjang merupakan pelepasan fisik pada bayi yg sensitif. Ketika hari berganti, bayi mungkin tidak dapat menangani apa yg ia lihat, suara yg ia dengar, atau sensasi yg ia rasakan, sehingga bayi menjadi bingung & menangis terus-menerus. Beberapa pula menganggap kolik merupakan termin perkembangan alami dari bayi alasannya adalah ia mengikuti keadaan dengan lingkungan yg berbeda dari yg ia rasakan saat dalam rahim ibu.

Teori lain menyebutkan bahwa kolik terkadang ditimbulkan oleh ketidakseimbangan bakteri baik dalam usus. Penelitian menunjukkan bahwa bayi dengan kolik memiliki mikroflora usus yg berbeda dengan bayi yg tidak mengalami kolik. Pengobatan dengan probiotik, terutama Lactobacillus reuteri, membantu meredakan kolik pada beberapa bayi.

Beberapa orang mungkin mengira kolik ditimbulkan alasannya adalah perut bayi mengandung gas, sehingga membuat bayi tidak nyaman. Namun, ternyata gas pada perut bayi bukanlah menjadi alasan bayi kolik. Gas pada perut bayi justru muncul alasannya adalah bayi kolik (menangis terus-menerus). Pada saat menangis, tanpa sadar bayi banyak menelan udara, sehingga menyebabkan perutnya bergas. Mungkin Anda akan memperhatikan bayi akan mengepalkan tangannya, menekuk kakinya & kemudian meluruskannya, & kemudian ia akan merasa lebih baik setelah ia mengeluarkan gas dalam perutnya atau terjadi pergerakan dalam ususnya.

Jika bayi Anda mempunyai intoleransi atau alergi susu, mungkin ini pula dapat menyebabkan kolik pada bayi Anda. Masalah perut yg diakibatkan oleh intoleransi susu mungkin dapat membuat bayi Anda menangis terus-terusan. Jika masalah ini muncul alasannya adalah bayi Anda diberi susu formula, Anda mungkin dapat mengganti jenis susu formula bayi Anda menjadi susu spesifik untuk bayi yg menderita intoleransi susu di mana protein susunya sudah dipecah.

Bagaimana menangani bayi yg sedang kolik?

Sebelum menenangkan bayi Anda, sebaiknya Anda tenangkan diri Anda terlebih dahulu. Kadang mendengar bayi yg tidak berhenti menangis dapat membuat Anda merasa ingin marah & kesal. Bayi kolik merupakan hal normal dialami oleh semua bayi. Anda sebagai orangtua tidak perlu merasa buruk atau merasa bersalah dengan hal ini. Anda hanya perlu sabar & memberi pengertian yg lebih kepada bayi Anda.

Di saat bayi Anda kolik, Anda mungkin tidak dapat membuatnya berhenti menangis secara langsung. Tetapi, dengan melakukan beberapa usaha, mungkin Anda dapat membuat bayi Anda lebih damai sampai ia betul-betul berhenti menangis.

Menurut Dr. Harvey Karp, penulis kitab The Happiest Baby on the Block, terdapat lima cara untuk menenangkan bayi saat menangis, yaitu:

membedong bayi, sehingga bayi merasa lebih hangat & nyaman
membisikkan suara sssshh yg panjang ke pendengaran bayi
menggendong & mengayun bayi dengan lembut
membiarkan bayi mengisap dot atau empeng
gendong bayi Anda dalam posisi miring

Melakukan semua hal ini secara bersamaan merupakan cara terbaik untuk menenangkan bayi Anda.
loading...

0 komentar untuk Penyebab Bayi Kolik dan Menangis Berjam-jam Tanpa Henti