Mendeteksi Radang Usus Buntu Pada Remaja

Mendeteksi Radang Usus Buntu Pada Remaja
Awal masa remaja ialah waktu waktu pertama kalinya radang usus buntu umumnya muncul. Kondisi ini berpotensi mengalami peradangan usus yang parah. Usus buntu mini yang terletak di sisi kanan perut bagian bawah keluar berasal usus mirip lidah yang menonjol. Membedah & membuang tonjolan tadi adalah satu-satunya cara mengobati radang usus buntu, & tubuh Knda pun akan baik-baik saja tanpa usus buntu sebab ia tidak memiliki fungsi yang diketahui.

Gejala radang usus buntu, yaitu:

Sakit dalam bagian tengah perut pindah sebagai di bagian kanan bawah perut
Mual & muntah
Sembelit
Gas pain
Diare
Demam, muncul sesudah gejala lainnya
Sakit dalam perut bagian kanan bawah
Pembengkakan perut
Jumlah sel darah putih tinggi
Hilangnya nafsu makan

Siapa saja yang memiliki radang usus buntu akan mencicipi sakit yang berbeda dengan sakit lainnya. Pada remaja, dimulai dengan sakit perut yang kurang jelas di dekat pusar. Kemudian akan merasa sakit lagi dalam bagian bawah sebelah kanan perut. Rasa sakit ini sama mirip apabila perut penuh & ditekan dalam waktu yang bersamaan.

Gejala harus diperhatikan dengan berfokus. Radang usus buntu bisa menginfeksi lapisan ganda membran peritoneum yang melapisi rongga perut. Istilah medisnya ialah peritonitis. Beri memahami dokter anak Knda atau hubungi gawat darurat tempat tinggal sakit setempat. Sambil menunggu diperiksa dokter, instruksikan anak Knda untuk berbaring & membisu. Setiap gerakan termasuk batuk atau mengambil napas dalam-dalam bisa memperparah rasa sakit. Jangan berikan air, makanan, laxatives, aspirin atau bantal pemanas.

Bagaimana cara mendiagnosis radang usus buntu?

Radang usus buntu didiagnosis melalui inspeksi fisik & riwayat kesehatan menyeluruh, ditambah satu atau lebih berasal prosedur berikut:

 jumlah sel darah putih
Urinalisis, untuk menyingkirkan infeksi saluran kencing
USG
GI yang rendah (barium enema)
CT scan
Operasi exploratory laparoscopic

Bagaimana mengobati radang usus buntu?

Radang usus buntu bisa sulit untuk didiagnosis. Oleh karenanya, dokter Knda mungkin tidak menjadwalkan pembedahan usus buntu sampai gejala berkembang pesat. Operasi usus buntu  umumnya memerlukan waktu dua hari dirawat di tempat tinggal sakit, berisiko komplikasi, & meninggalkan bekas luka mini, namun Knda akan sungguh sembuh.

Membantu anak untuk menolong dirinya sendiri

Anak harus didorong untuk mengikuti pedoman dasar untuk saluran pencernaan yang sehat:

Makan di jam yang sempurna
Minum poly air (setidaknya delapan gelas air atau cairan lain setiap hari)
Selalu aktif secara fisik
Kunyah makanan secara perlahan & telan dengan hati-hati
Gunakan aspirin & obat anti peradangan secukupnya. Obat ini bisa mengiritasi lapisan saluran pencernaan yang rapuh
Tidak merokok, sebab merokok bisa mengakibatkan luka perut
Jangan menunda BAB
Cobalah untuk tidak mengencangkan perut waktu buang air akbar
Yang paling krusial, walaupun aktivitas sangat sibuk, pastikan permanen makan secara teratur. Setidaknya sisakan waktu untuk duduk santai di meja makan, mengunyah, & mencerna.Hal ini tidak hanya akan membantu usus anak Knda namun juga mempererat ikatan keluarga.
loading...

0 komentar untuk Mendeteksi Radang Usus Buntu Pada Remaja