Benarkah Melihat Sesuatu yang Hijau Bikin Mata Lebih Sehat

Benarkah Melihat Sesuatu yang Hijau Bikin Mata Lebih Sehat
Mungkin orangtua atau bahkan pengajar Enda dalam sekolah pernah bilang kepada kita bahwa melihat pemandangan yg hijau dalam luar sana, contohnya pepohonan atau bukit, punya manfaat yg baik buat mata kita.

Sejauh ini sih, tampaknya belum muncul penelitian yg niscaya wacana manfaat rona hijau dalam kesehatan mata, dan masih sekadar sugesti orangtua saja. Namun, sebenarnya melihat rona-rona langsung, termasuk rona hijau, bukan cuma menyegarkan mata, lho. Secara psikologis, rona hijau memiliki dampak dalam mood dan pikiran kita, dan membuat kita merasa lebih tenang.

Berdasarkan laporan yg dimuat Kompas.com, rona diketahui sanggup menyampaikan dampak terhadap psikologi dan emosi kita. Warna jua menjadi bentuk komunikasi nonverbal yg sanggup membicarakan pesan secara instan dan lebih memiliki makna.

Ilmu yg dengan rona buat terapi disebut colourology (dengan rona buat penyembuhan). Metode ini sudah usang dipergunakan dan dikembangkan dalam rakyat Mesir dan Cina jaman dulu atau dalam masa kebudayaan antik.

Mata yg kita miliki sanggup menangkap 7 juta rona tidak sinkron. Tetapi, muncul beberapa rona pokok yg sanggup memiliki yg akan terjadi dalam kesehatan dan mood. Setiap rona memancarkan gelombang tenaga panjang yg tidak sinkron dan memiliki imbas yg tidak sinkron jua.

Efek psikologis dari rona hijau

Seperti dijelaskan dalam Colour-Affects.co.uk, muncul 4 rona pokok yg mensugesti psikologi kita sehari-hari, yaitu merah, biru, kuning, dan hijau. Mereka memiliki keterkaitan bareng tubuh, pikiran, emosi, dan ekuilibrium krusial dalam antara ketiganya.

Warna hijau memiliki arti ekuilibrium. Ia memiliki manfaat positif bagi kita, contohnya membawa harmoni dalam kehidupan sehari-hari, ekuilibrium emosi, penyegaran mata dan pikiran, menenangkan, membuat kita peduli akan lingkungan, ekuilibrium pikiran, dan membawa kedamaian.

Namun, rona hijau jua memiliki imbas samping misalnya sanggup membuat kita merasa bosan, cita rasanya begitu-gitu saja, membuat kita lemah dan lemas.

Saat mata melihat sesuatu yg hijau atau berwarna hijau, mata kita nir perlu penyesuaian apapun, makanya kita terasa nyaman dan tenang waktu melihatnya. Ketika kita melihat rona hijau, kita akan mencicipi kehadiran alam, misalnya kehadiran adanya air, dan merasa kondusif karena rasa ancaman bahaya lebih sedikit.

Hijau dipercaya rona yg menenangkan dan kalem, cocok sekali buat dipandang bagi orang yg sedang tegang atau butuh menyeimbangkan emosi dan membuat keterbukaan antara Enda dan orang lain. Hijau dikaitkan jua bareng cakra jantung, makanya rona ini dipercaya membantu perkara emosional, misalnya cinta, agama, dan afeksi.

Para peneliti menemukan jua bahwa rona hijau sanggup menaikkan kemampuan membaca buat para pelajar. Mereka yg biasa membaca materi goresan pena dalam atas lembaran berwarna hijau transparan akan menaikkan menaikkan kecepatan membaca dan pemahaman. Mungkin karena imbas rona hijau ini adalah merilekskan dan menenangkan pikiran kita.
Jadi, setidaknya kita memahami kalau imbas atau manfaat melihat rona hijau ternyata lebih dari sekadar menyegarkan mata. Meski mungkin mata nir akan jadi lebih sehat selesainya melihat rona hijau, setidaknya pikiran jadi lebih tenang.
loading...

0 komentar untuk Benarkah Melihat Sesuatu yang Hijau Bikin Mata Lebih Sehat