Apakah Seseorang Bisa Mati Karena Tersedak

Apakah Seseorang Bisa Mati Karena Tersedak
Salah seseorang aktor Hollywood yg dikenal lewat sejumlah film kenamaan mirip Star Wars, Gordon Drewe Henley, meninggal global dalam Januari 2016. Seperti dilansir berasal beberapa media, Henley meninggal sehabis tersedak seusai menikmati makan siangnya. Jila Knda melakukan penelusuran dalam mesin pencari Google, mungkin Knda jua akan menemukan bahwa wikipedia bahkan sudah membuat daftar beberapa tokoh yg meningga karena tersedak.

Bagaimana tersedak bisa membuahkan kematian?

Tersedak terjadi karena tertutupnya jalan udara dalam pernafpsan permukaan. Hal yg mengganggu pernapasan tadi bisa berupa kuliner atau benda lain. Orang yg tersedak umumnya ditandai beserta batuk-batuk dan kesulitan bernapas.

Dengan istilah lain, tersedak artinya syarat darurat yg memerlukan tindakan segera. Hal ini dikarenakan, bernapas artinya kegiatan yg krusial. Oksigen yg kita hirup melalui kegiatan bernapas, sangat diharapkan tubuh buat:

Sumber bahan bakar dalam pembuatan tenaga berasal kuliner yg kita konsumsi
Otak insan sangat membutuhkan oksigen. Sehingga, ketiadaan oksigen dalam otak bisa membuahkan kematian dalam 4 hingga 6 menit. Dengan istilah lain, betul adanya tersedak bisa membuahkan kematian.

Kenapa seseorang bisa tersedak?

Pada bagian belakang verbal kita, masih terdapat dua arah; esofagus (organ yg menunjuk kepada perut) dan trakea (jalur masuk oksigen, sebelum akhirnya oksigen memasuki paru-paru). Meskipun begitu, masih terdapat beberapa hal yg membuahkan seseorang tersedak, dalam antaranya :

Pada orang dewasa, tersedak seringkali kali ditimbulkan karena kuliner nir dikunyah beserta baik, berbicara atau bahkan tertawa sambil makan, mengonsumsi alkohol atau obat-obatan, dan mengidap penyakit mirip Parkinson, yg bisa memperlambat seseorang menelan makanannya.
Pada anak-anak, tersedak umumnya ditimbulkan terlalu banyaknya memasukkan kuliner ke verbal dalam sekali makan, dan beberapa penyebab lain yg serupa beserta dalam orang dewasa. Anak-anak jua terkadang masih senang memasukkan barang-barang nonmakanan ke dalam mulutnya.

Bagaimana cara mengatasi tersedak?

Jangan berikan seseorang yg tersedak minuman apapun, karena cairan yg masuk justru akan lebih mengganggu jalannya udara.
Tanyakan dulu apakah beliau tersedak. Jila beliau masih bisa menjawab, Knda nisbi boleh hanya mendampingi beliau. Namun kalau beliau sudah tidak bisa menjawab atau hanya mengangguk, usahakan berikan beliau pertolongan selanjutnya.
Pertolongan selanjutnya bisa dilakukan beserta hibahpertolongan pertama: berdirilah dalam belakang orang tadi, buatlah kepalan dalam tangan Knda, lingkarkan lengan Knda dalam lebih kurang tubuh orang tadi dan kepalan tangan Knda menekan berkecimpung ke atas dalam perut orang tadi, mirip mencongkel. Lakukan beserta gerakan yg cepat.
Jila benda asing tadi nir jua keluar, segera larikan beliau ke tempat tinggal sakit terdekat.

Pertolongan napas sintesis bisa diberikan kalau korban dalam keadaan nir sadarkan diri. Sedangkan tepukan dalam punggung bisa diberikan kalau korban masih anak-anak.

BACA JUGA:

8 Kandungan dalam Rokok dan Bahayanya Bagi Tubuh
Langkah Pertolongan Pertama Saat Tersengat Listrik (Kesetrum)
Komplikasi Alergi: Sinusitis
loading...

0 komentar untuk Apakah Seseorang Bisa Mati Karena Tersedak