11 Makanan Penghangat Tubuh Saat Sedang Kedinginan

11 Makanan Penghangat Tubuh Saat Sedang Kedinginan
Suka atau nir, buat sementara lagi kita akan disambut sang musim hujan juga musim banjir. Ketika suhu dalam luar terus menurun, Knda mungkin sedang sibuk menghangatkan tubuh beserta menumpuk berlapis-lapis baju hangat tebal buat melindungi diri dari terpaan angin kencang yang bikin badan meriang. Kadang, secangkir teh tawar hangat serta semangkuk bakso yang dilahap panas-panas juga lumayan ampuh buat menghangatkan tubuh dalam kala tiba hujan.

Cara terbaik buat melawan suhu dingin artinya menghangatkan tubuh dari dalam beserta makanan. Tapi bukan sembarang bakso. Makanan pribadi mampu menaikkan suhu dalam tubuh Knda secara alami, yang sekaligus juga menyehatkan sebab diperkaya sang nutrisi serta antioksidan penguat kekebalan tubuh yang Knda amat sangat butuhkan buat bertahan hayati dalam cuaca dingin.

Bagaimana mampu makanan menghangatkan tubuh?

Proses menghangatkan tubuh melalui makanan dianggap beserta proses thermogenesis. Setelah makanan masuk ke dalam tubuh, sistem pencernaan akan memulai tugasnya: mencerna makanan selama beberapa jam. Makanan yang dicerna ini akan diubah tubuh sebagai tenaga buat menggerakkan tubuh, yang mampu menghangatkan tubuh dari luar. Sebagian tenaga sisanya diubah sebagai panas yang dipergunakan buat memelihara temperatur dalam tubuh.

Dilansir dari Live Strong, The National Council of Strength and Fitness melaporkan bahwa jumlah panas yang didapatkan dari makanan tergantung dalam jenis makanan yang dikonsumsi serta jumlah kalori dalam makan tadi.

Apa saja makanan yang mampu menghangatkan tubuh?

Cobalah sebelas makanan ini buat mempertinggi suhu tubuh Knda secara alami dari dalam supaya permanen hangat selama musim hujan meradang.

1. Jahe

Jahe mendapatkan rasa pedas serta kualitas termogeniknya dari kombinasi dari 2 senyawa tajam: gingerol serta shogaol. Jahe dianggap mampu meredakan sakit kepala serta problem pencernaan, akan tetapi jahe juga bagus buat menghangatkan tubuh dalam hari yang dingin. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism, dilansir dari Eat This, menemukan bahwa jahe juga mengurangi rasa lapar, diduga mungkin memainkan kiprah potensial dalam menjaga berat badan.

Jahe mampu dimasukkan dalam sup ayam atau secangkir te hangat. Atau mungkin Knda keliru satu penikmat setia wedang jahe? Tapi sebenarnya, mengunyah jahe mentah diketahui bekerja lebih efektif buat menghangatkan tubuh sebab mencerna makanan mentah mampu mempertinggi suhu tubuh buat waktu yang lebih lama daripada makanan yang dimasak.

BACA JUGA: Daftar Makanan yang Bisa Memicu Kentut

2. Bawang putih

Seperti jahe, bawang putih dikenal mampu mempertinggi sirkulasi tubuh, mencegah pembekuan darah, serta menyampaikan Knda kehangatan tubuh yang Knda dambakan. Asal jangan lupa, bawang putih lebih baik dikonsumsi mentah supaya Knda mampu menikmati lonjakan temperatur tubuh lebih lama. Bika Knda tak tahan bau menyengatnya, Knda mampu masukkan potongan harga bawang ke dalam poly sekali sajian, seperti pasta, sup, atau sebagai acar sahabat makan.

tiga. Cabe serta lada hitam

Mengonsumsi makanan beserta rempah-rempah seperti cabai merah atau lada hitam merangsang sistem sirkulasi darah yang menimbulkan sensasi hangat dalam seluruh tubuh, menurut studi yang diterbitkan tahun 2006 dalam jurnal Physiology & Behavior. Ini seluruh berkat senyawa aktif yang terkandung dalam dalamnya, yaitu capsaicin. Cabe serta lada hitam juga ditemukan berpotensi memiliki imbas yang nir main-main dalam perasaan kenyang serta pemecahan lemak tubuh.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Makanan Pedas Baik buat Kesehatan

Sangat krusial buat berhati-hati dikala mengonsumsi cabai serta lada hitam, sebab beberapa jenis dari rempah ini mampu sungguh membakar bagian dalam mulut serta kerongkongan jikalau Knda nir terbiasa makan makanan pedas. Mereka yang memiliki tukak lambung juga nir diperkenankan mengonsumsi cabai jenis apa pun, sebab cabai mampu memperlambat penyembuhan kondisinya.

4. Oatmeal

Oats terbuat dari gandum utuh; diperkaya sang serat serta protein botani yang membutuhkan waktu lebih lama buat dicerna daripada karbohidrat sederhana seperti kue serta roti manis. Melahap semangkuk oatmeal hangat nir hanya akan menyampaikan Knda rasa kenyang yang lebih tahan lama, akan tetapi juga menghangatkan tubuh sebab proses pencernaan ini juga memproduksi tenaga panas yang lebih poly.

Selain itu, oat mengandung pati bertenaga yang dianggap beta-glukan. Penelitian dalam Nutrition Reviews melaporkan bahwa asupan beta-glucan sebanyak tiga gram sehari saja mampu menekan kadar kolesterol dursila sampai 5-10 %, terlepas dari kadar kolesterol tubuh Knda normal atau tinggi dalam awalnya.

5. Nasi merah

Nasi merah (brown rice) artinya beras yang setengah digiling (hanya dihilangkan kulit luar padinya saja) serta nir melalui proses pemolesan berulang sebagai beras putih. Sama seperti gandum, nasi merah artinya karbohidrat kompleks yang lebih lambat dipecah sebagai tenaga, sehingga menghangatkan tubuh selagi Knda mencernanya.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung 2 zat aktif kafein, serta polifenol yang dianggap catechin yang terbukti mempertinggi panas tubuh serta bekerja sama mempertinggi imbas masing-masing. Catechin dalam teh hijau mampu mempertinggi proses thermogenesis beserta menghambat enzim pribadi dalam tubuh. Sementara kafein mempertinggi metabolisme beserta merangsang divestasi asam lemak dari jaringan lemak tubuh, yang dalam gilirannya mampu mempertinggi suhu tubuh.

BACA JUGA: Matcha vs Teh Hijau, Apa Bedanya?

7. Umbi serta sayuran akar

Sayuran akar serta umbi-umbian seperti kol serta brussel sprout, kale, ubi jalar, labu, wortel, serta kentang artinya keliru satu grup sayuran yang paling efektif buat menghangatkan tubuh. Keduanya memerlukan lebih poly tenaga buat diolah dalam tubuh daripada rekan-rekan sayuran lain yang tumbuh dalam atas tanah.

Selagi tubuh bekerja buat mencernanya, tenaga diciptakan melalui proses thermogenesis, yang mempertinggi suhu tubuh. Kelompok sayuran ini juga diperkaya sang vitamin A serta C, kalsium, kalium, serat, serta sedikit zat besi.

8. Daging tanpa lemak

Bika telapak tangan serta kaki Knda selalu terasa dingin, mungkin Knda memiliki kurang darah defisiensi besi. Beberapa orang beserta kondisi ini terpenuhi kecukupan gizinya, akan akan tetapi tubuh kesulitan buat menyerapnya; ad interim yang lain hanya nir nisbi makan makanan kaya zat besi. Makan makanan tinggi protein sejati mampu membantu menghangatkan tubuh Knda beserta lebih baik dibandingkan beserta diet tinggi karbohidrat atau tinggi lemak.

Potongan daging sapi, babi, atau unggas tanpa lemak serta serta telur seluruh cocok beserta kriteria dalam atas akan tetapi juga permanen rendah lemak jenuh berbahaya. Walaupun poly sumber protein botani lain seperti sereal serta kacang-kacangan (kacang tanah atau walnut), tubuh manusia menyerap zat besi lebih poly dari protein hewani jikalau dibandingkan beserta sumber lainnya.

9. Apel

Apel tinggi kandungan serat larut serta tak larut. Serat larut memperlambat proses pencernaan ad interim yang nir mudah larut membantu makanan lain melewati sistem tubuh beserta lebih lancar. Kombinasi keduanya memproduksi perut yang nir mudah lapar serta juga tak mudah bermasalah. Hanya saja, pastikan Knda mengunyah apel tanpa terlebih dulu mengupas kulitnya.

Kulit apel artinya sumber serat yang lebih kaya daripada dagingnya sendiri, kata Melissa Rifkin, RD, seseorang pakar diet bariatrik dalam Montefiore Medical Center New York City, dilansir dari Health. Plus, apel terdiri dari hampi 86% air, sehingga menudap apel dalam kala musim hujan tak hanya akan menghangatkan tubuh akan tetapi juga menjaganya permanen tercukupi cairan.

10. Pisang

Pisang kaya akan vitamin B serta magnesium. Keduanya membantu tiroid serta kelenjar adrenal menghangatkan tubuh dalam cuaca dingin. Tambahkan irisan pisang ke dalam mangkuk oatmeal Knda atau oleskan irisan pisang beserta selai kacang buat snack sore menemani rintik hujan. Racik roti gandum lapis selai kacang serta irisan pisang buat menambah asupan magnesium serta vitamin B ke piring Knda.

11. Minyak kelapa

Minyak kelapa mungkin terdengar akrab dalam telinga belakangan ini, sebab minyak yang satu ini masuk ke dalam jajaran superfood yang nisbi trendi dalam global kesehatan, kecantikan, sampai dalam global makanan. Pamor minyak kelapa diakui poly pakar berkat sifat antivirus serta imbas penyembuhannya dalam kulit serta rambut. Selain itu, minyak kelapa juga telah terbukti meningkatkan kecepatan proses metabolisme tubuh, sehingga mempertinggi suhu tubuh inti Knda.

Minyak ini mengandung lemak jenuh sehat yang lambat dipecah sang tubuh buat diubah sebagai tenaga panas, bukan hanya disimpan dalam lemak. Alhasil, lonjakan panas inti tubuh ini efektif menghangatkan tubuh Knda dari dalam.
loading...

0 komentar untuk 11 Makanan Penghangat Tubuh Saat Sedang Kedinginan