Panduan Membersihkan Area Intim Bayi Perempuan dan Laki-Laki

Panduan Membersihkan Area
Kulit pada kurang lebih organ intim bayi sangat sensitif. Permukaan indera kelaminnya pun sangat halus sehingga Enda tidak sanggup sumber-asalan saat membersihkannya. Jika terlalu seringkali membersihkan atau menyeka area organ intim bayi, hal ini berisiko mengiritasi kulit bayi. Sementara bila jarang dibersihkan, tentu sanggup mengundang penyakit yg tidak diinginkan. Lantas, bagaimana cara membersihkan organ intim pada bayi laki-laki & bayi wanita? Simak tipsnya ini dia.

Cara membersihkan organ intim bayi laki-laki

Tiap kali mengganti popok & memandikan bayi, usap bagian penis & skrotum bayi secara perlahan buat membersihkan kotoran yg menempel. Enda sanggup memakai kain lembut yg higienis atau kapas yg dicelupkan ke air. Atau gunakan air yg dicampur bareng sabun khusus atau tisu bayi yg bebas pewangi & alkohol.

Untuk membersihkan area organ intim bayi laki-laki sebenarnya tidak memerlukan persiapan khusus. Kepala penis bayi laki-laki mempunyai kemampuan buat membersihkan dirinya sendiri sampai batas tertentu. Jadi, tidak perlu menarik kulit kulupnya saat dibersihkan. Pasalnya, hal ini sanggup berisiko merobek kulit kulup & melukai bayi. 

Saat masih bayi, kulup penis secara alami menempel pada kepala penis sehingga hal ini tergolong normal. Kulup bayi yg tidak disunat ini baru akan terpisah berdasarkan kepala penis saat bayi menginjak usia 2 sampai 3 tahun. Jadi, Enda tidak perlu repot-repot buat menarik kulupnya agar tidak menyebabkan bahaya pada bayi.

Jika bayi Enda sudah disunat, itu ialah kulit kulup penis yg sebagai tempat berkumpulnya kotoran sudah diangkat atau dibersihkan. Enda pun lebih gampang & berhemat waktu saat membersihkan organ vital bayi. Cukup bareng membasuhkan air secara perlahan, terutama pada beberapa hari pertama sehabis sunat.

Tidak perlu terburu-buru buat memakaikan popok baru. Justru akan lebih baik jikalau Enda membiarkan penis bayi laki-laki Enda mendapatkan udara sebanyak mungkin buat meningkatkan kecepatan proses penyembuhan. Jila luka bekas sunat sudah sembuh & Enda ingin memakaikan popok, arahkan penisnya ke bawah buat melindungi organ vitalnya berdasarkan gesekan.

Cara membersihkan organ intim bayi wanita

Saat mengganti popok & memandikan bayi, bersihkan organ vital bayi wanita Enda selalu berdasarkan depan ke belakang buat membersihkan kotoran yg menempel. Enda sanggup memakai kain lembut yg higienis atau kapas yg dicelupkan ke air. Atau gunakan air yg dicampur bareng sabun khusus atau tisu bayi yg bebas pewangi & alkohol.

Enda boleh memakai tisu bayi yg bebas pewangi maupun alkohol buat menjaga kulit alami bayi. Ingat, cara membersihkannya selalu berdasarkan depan ke belakang. Hal ini bertujuan agar bakteri berdasarkan anus tidak masuk ke dalam vagina sehingga bayi Enda terhindar risiko terkena infeksi saluran kemih.

Vagina bayi wanita sebenarnya mempunyai kemampuan buat membersihkan dirinya sendiri. Akan akan tetapi, bila usai memakai popok Enda melihat masih ada kotoran yg masuk ke dalam labia (bibir vagina) bayi, lakukan hal-hal ini dia:

Segera cuci tangan, pastikan jari tangan Enda dalam syarat yg higienis.
Pisahkan labia bayi secara perlahan, ambil kain lembut yg higienis.
Bersihkan bagian labia bayi bareng kain secara perlahan, usapkan berdasarkan atas ke bawah atau depan ke belakang & sepanjang lipatan pada organ vital bayi.
Bersihkan masing-masing sisi labia hingga tidak menyisakan kotoran. Pastikan organ intim bayi sungguh higienis.

Pada beberapa minggu pertama sehabis lahir, area vagina bayi mungkin membengkak & merah. Jangan cemas, hal ini normal terjadi yg akan terjadi pengaruh hormon ibu saat berada pada dalam rahim. Namun, bila hal ini terus terjadi selama enam minggu pertama, segera periksakan bayi Enda ke dokter.
loading...

0 komentar untuk Panduan Membersihkan Area Intim Bayi Perempuan dan Laki-Laki