Operasi Anak Tak Selalu Menakutkan, Asal Ortu Mempersiapkan 3 Hal Penting Ini

Operasi Anak Tak
Ketika si mini harus melakukan operasi, yang pertama panik mungkin bukan anak Anda, melainkan Anda sendiri. Anda mutlak bingung, bagaimana cara menaruh pada si mini jika akan terdapat tindakan medis yang harus dilakukan supaya beliau bisa sehat kembali. Lalu apa saja yang harus Anda persiapkan? Tenang saja, tindakan operasi ialah sebuah proses yang akan membentuk si mini bisa berlari & tertawa lagi. Cari memahami persiapan operasi anak yang bisa membantu Anda di artikel berikut merupakan.

Persiapan operasi anak supaya semua berjalan lancar 

1. Persiapkan diri Anda

Hal pertama yang menjadi bagian persiapan operasi anak ialah menyiapkan diri Anda sendiri secara mental & fisik. Anda harus tetap bersikap tenang. Jika Anda sendiri tidak tenang, bagaimana Anda bisa menenangkan si mini? Percaya atau tidak, anak akan merasakan jika Anda ketakutan & stres.

Jika hal ini terasa sulit untuk Anda, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga & sahabat dekat. Tunjukkan wajah, motilitas tubuh, & bahasa tubuh yang kalem, seolah-olah semuanya akan baik-baik saja. Hal ini akan membangun suasana positif pada anak Anda sebelum operasi.

2. Tanyakan rincian prosedur medis pada dokter & perawat

Persiapan operasi anak selanjutnya ialah bertanya pada tenaga medis wacana prosedur operasi. Anda harus mengetahui detail informasi operasi yang akan direncanakan untuk anak Anda. Namun, hal apa saja yang harus Anda tanyakan? Berikut pertanyaan yang harus Anda ajukan.

Mengapa anak Anda butuh operasi medis?
Berapa lama prosedur operasi dilakukan?
Berapa lama waktu yang diharapkan di ruang operasi?
Bagaimana cara mengendalikan rasa sakit atau nyeri sesudah operasi?
Berapa lama si mini harus menginap di tempat tinggal sakit?
Bagaimana cara merawat luka sesudah operasi?
Berapa lama waktu pemulihan yang diharapkan?

3. Bicarakan pada si mini dengan tenang

Jika anak Anda sudah mulai mengerti, beliau mutlak akan menanyakan mengapa beliau terdapat di tempat tinggal sakit & tak kunjung pulang. Bicara jujur kepada anak justru akan membantu mereka untuk merasa tidak takut & lebih siap. Hal ini juga menaruh kesempatan pada si mini untuk bertanya.

Gunakan bahasa yang lebih sederhana yang berisi dukungan untuk si mini. Hindari kata-kata yang menakutkan saat Anda menjelaskan prosedur operasi. Anda bisa menaruh pada anak, Kamu terdapat di tempat tinggal sakit supaya dokter & suster memahami, di mana bagian tubuh yang sakit, izin kamu cepat sembuh & bisa main lagi sama sahabat-sahabat.

Jika terdapat pertanyaan yang Anda tidak memahami jawabannya, jawab jujur Anda tidak memahami. Tapi Anda bisa berikan kesempatan si mini untuk bertanya pada dokter & perawat. Hindari juga menyebutkan istiah medis yang sulit untuk dimengerti. Anda juga bisa dengan kitab cerita yang berkaitan dengan tempat tinggal sakit, biarkan beliau membacanya atau Anda yang membacakannya.

Lalu bagaimana supaya anak tidak takut?

Jangan menawarkan ketegangan di depan si mini bahwa Anda merasa takut, persiapan yang telah disebutkan tadi bertujuan untuk membentuk Anda tetap tenang. Jika Anda baik-baik saja & menaruh dukungan dengan kata-kata yang mudah dimengerti, si mini akan lebih berani menghadapi prosedur ini. Selain itu, Anda bisa membawakan mainan favorit si mini, hal ini untuk membentuk beliau lupa sementara bahwa akan terdapat tindakan operasi.

Penting juga bagi orangtua & orang-orang terdekat si mini untuk selalu hadir menemaninya. Kadang yang membentuk anak takut bukan prosedur operasinya, melainkan lantaran beliau harus ditinggal sendiri dengan para petugas kesehatan yang tidak dikenalnya. Yakinkan anak bahwa Anda akan selalu terdapat bersamanya. Bahkan saat operasi anak berlangsung, beri memahami si mini bahwa Anda akan tetap di ruang tunggu, tidak pergi akan ke mana-mana.
loading...

0 komentar untuk Operasi Anak Tak Selalu Menakutkan, Asal Ortu Mempersiapkan 3 Hal Penting Ini