Mengenal Hipertensi Pada Anak, Apakah Sama Seperti Orang Dewasa

Mengenal Hipertensi Pada Anak, Apakah Sama Seperti Orang Dewasa
Dulu kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi poly dialami sang orang dewasa atau lansia. Akan namun, kini ini kondisi tersebut pula sudah dimiliki anak-anak dan remaja. Ya, hipertensi tak lagi identik bareng usia tua, anak-anak pun pula bisa mengalaminya. Lantas, apa penyebab hipertensi dalam anak? Apakah sama mirip hipertensi dalam dewasa? Bagaimana pengobatannya?

Apa saja indikasi dan indikasi-indikasi hipertensi dalam anak?

Faktanya, anak yang berusia 3 tahun sudah bisa mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi dalam anak tentu saja akan membuatnya berisiko hipertensi pula ketika dewasa. Sementara itu, hipertensi dalam orang dewasa telah terbukti bisa mengakibatkan aneka macam risiko penyakit kronis hingga kematian dini.

Sedikit berbeda bareng orang dewasa, anak-anak memiliki batasan tersendiri dalam menentukan tekanan darahnya naik atau nir. Berikut artinya batas hipertensi dalam anak:

0-13 tahun

Normal: dalam bawah persentil 90
Prehipertensi: persentil 90-95
Hipertensi: lebih berasal persentil 95

14-18 tahun

Normal: dalam bawah 120/80 mmHg
Prehipertensi: 120/80 hingga 129/80 mmHg
Hipertensi: 130/80 mmHg

Pada anak dalam bawah 13 tahun, batasan tekanan darah memakai persentil, didasarkan  bareng umur, jenis kelamin, dan tinggi badannya. Untuk tahu apakah si mini memang betul mengalami darah tinggi, sebaiknya periksakan anak ke dokter.

Penyebab hipertensi dalam anak

Hipertensi yang terjadi dalam anak-anak sebenarnya memiliki penyebab yang sama bareng hipertensi dalam orang dewasa. Tekanan darah naik yang akan terjadi jantung yang bekerja dan memompa darah lebih keras yang akan terjadi sesuatu hal. Nah, penyebab jantung memompa lebih keras ini tergantung bareng jenis hipertensi yang si mini alami. Hipertensi dalam anak terbagi sebagai 2, tergantung bareng penyebabnya, yaitu:

Primer, yaitu kondisi tekanan darah yang terjadi pribadi sebab pola hayati yang kurang baik.
Sekunder. Tekanan darah semakin tinggi yang akan terjadi suatu kondisi kesehatan tertentu yang sebelumnya telah dialami. Misalnya saja si mini mengalami suatu gangguan fungsi ginjal atau jantung.

Pengobatan apa yang dilakukan untuk mengatasi hipertensi dalam anak?

Pengobatan hipertensi dalam anak akan diubahsuaikan bareng penyebabnya. Aika si mini alami hipertensi primer, maka yang akan dilakukan artinya penerapan pola makan sehat, diet rendah garam, dan program penurunan berat badan bagi anak yang obesitas. Semua hal tersebut dilakukan demi mengendalikan tekanan darah permanen normal.

Sementara, bila anak mengalami tekanan darah tinggi yang akan terjadi kondisi kesehatan lain, contohnya gangguan fungsi ginjal, maka tentu kondisi kesehatan tersebut yang harusnya diobati terlebih dulu. Untuk mengetahui metode pengobatan yang cocok bagi si mini, sebaiknya konsultasikan bareng dokter anak.

Jangan cemas, hipertensi dalam anak sangat mungkin dicegah

Hipertensi primer sangat mungkin untuk dicegah, apalagi jikalau masih anak-anak. Sebagian akbar, hipertensi primer ditimbulkan sebab pola hayati yang kurang baik. Misalnya saja anak gemuk, jarang melakukan kegiatan fisik, dan nir makan makanan yang sehat dan berserat, bisa saja membuat beliau terkena darah tinggi.

Maka itu, sebaiknya terapkan pola hayati yang sehat dalam si mini sejak dini. Dengan begitu, beliau akan terlepas berasal risiko kegemukan dan penyakit kronis lainnya yang mungkin bisa menyerang anak-anak.
loading...

0 komentar untuk Mengenal Hipertensi Pada Anak, Apakah Sama Seperti Orang Dewasa