Masak Bersama Anak Itu Tidak Merepotkan, Kok. Ini 3 Tips Serunya!

Masak Bersama Anak
Salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan anak Knda pada makanan yang sehat &  bergizi adalah mengajak mereka ikut memasak. Memasak beserta anak akan membiarkan mereka terlibat dalam semua proses masak. Mulai dari mencatat & membeli bahan yang akan dibeli sampai proses menyiapkan & memasak makanan itu sendiri. Lalu, apa saja yang harus & dihentikan dilakukan dikala memasak beserta anak? Simak tips-tipsnya pada bawah ini

Tips memasak beserta anak supaya aman & menyenangkan

1. Perhatikan pilihan menu & bahan makanan yang akan dimasak

Saat Knda menyiapkan makanan beserta mereka, coba masak bahan-bahan dari menu makanan yang sehat. Jelaskan alasan mengapa kita perlu memilih bahan makanan rendah lemak sebisa mungkin. Knda pula mampu menjelaskan mengapa lebih baik memilih ayam & ikan ketimbang daging merah.

Jelaskan pula mengapa lebih sehat mengonsumsi keju rendah lemak ketimbang keju jenis lainnya yang memilik lemak tingi. Pada dasarnya, berikan sejumlah pilihan makanan sehat, & abaikan anak-anak memilih menu apa yang akan dimasak. Pastikan pula menu tersebut disukai semua orang pada tempat tinggal & buat anak Knda merasa terlibat dalam semua proses.

dua. Bagi tugas dikala memasak beserta anak

Mengenai pembagian tugas, Knda pula harus memahami apakah umur mereka sudah relatif untuk melakukannya. Contohnya, Knda nir mungkin memberikan pisau tajam untuk memotong sayuran pada anak berumur 6 tahun.

Sebagai gantinya Knda mampu menyuruhnya untuk mencuci sayuran saja. Atau, jangan abaikan mereka mengambil pinggan dari dalam oven yang panas atau melakukan hal lain yang relatif berbahaya . Knda mampu menyuruhnya untuk membuka pintu oven atau menghias makanan supaya lebih elok.

3. Pada dikala makan, puji anak sebab sudah membantu menyiapkan makan

Memasak beserta anak pastinya memiliki kenangan sendiri. Untuk membuat anak lebih bersemangat makan makanan yang bergizi, coba puji anak dikala waktu makan datang. Katakan pada anggota famili yang lain, bahwa si adik atau kakak sudah bantu orangtua memasak.

Ucapkan pula terima kasih pada anak karena sudah membantu, meskipun hanya donasi mini saja. Dengan begitu, anak akan merasa dihargai & cita-cita untuk memasak makanan yang sehat akan muncul lewat cara memasak beserta anak yang menyenangkan ini.

Ada beberapa hal lain yang perlu diingat dikala melibatkan anak pada dapur

Pastikan bahwa ada orang dewasa yang menemani dikala anak Knda memasak, mampu Knda sendiri atau orang dewasa lain. Jangan tinggalkan anak sendirian pada dapur, sertakan pula kakak yang sudah akbar atau pengasuh (bila ada), yang mampu mendampingi bersamaan.
Saat anak Knda mengupas sayur atau butir, ajari mereka untuk mengarahkan sisi yang tajam ke arah yang berlawanan dari mereka. Untuk anak yang motorik & keseimbangannya belum baik, jangan abaikan anak melakukan hal ini.
Jelaskan cara untuk menimbang jumlah bahan makanan. Meskipun nir pakai ukuran pasti, pakai estimasi menggunakan gelas, piring atau botol yang ada pada tempat tinggal.
Gunakan sisi kompor yang ada pada belakang dikala memasak pada atas kompor. Pastikan gagang panci & penggorengan  mengarah ke dalam. Ini supaya anak-anak nir akan tak sengaja menyenggol & menjatuhkannya dari kompor.
Ajarkan anak Knda untuk memegang gagang panci atau indera masak dengan betul. Setelahnya, ingat mematikan kompor & oven setelah Knda selesai.
Beri tahu anak bahwa jikalau dia kesulitan melakukan sesuatu (misalnya mengambil piring dari lemari atas), dia harus minta donasi orangtua.
loading...

0 komentar untuk Masak Bersama Anak Itu Tidak Merepotkan, Kok. Ini 3 Tips Serunya!