Kenapa ASI yang Beku Tidak Boleh Dipanaskan

Kenapa ASI yang Beku Tidak Boleh Dipanaskan
Bagi Anda perempuan pekerja & punya anak bayi, memerah ASI & menyimpannya dalam freezer sanggup mempermudah Anda dalam memberikan ASI ke bayi Anda. Penyimpanan ASI perah ini sanggup membantu menyediakan ASI kapan saja bayi butuhkan, walaupun bayi sedang tidak beserta atau dekat memakai ibunya.

Penyimpanan ASI dalam waktu usang di dalam freezer membentuk ASI beku & tahan usang. Namun, perhatikan cara-cara yg kondusif dalam mencairkan ASI beku. Langsung memanaskan ASI beku memakai merebusnya atau menaruhnya di dalam microwave sangat tidak disarankan. Mengapa?

Mengapa tidak boleh memanaskan ASI beku?

ASI merupakan kuliner yg paling sempurna buat bayi sampai usianya 6 bulan. Di dalam ASI, masih muncul aneka macam macam nutrisi yg dibutuhkan buat pertumbuhan & perkembangan bayi. Selain itu, ASI pula mengandung antibodi yg sanggup membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi yg masih lemah.

Paling baik memang memberikan ASI langsung ke bayi Anda. Namun, aneka macam hal mungkin sanggup membentuk aktivitas menyusui bayi ini menjadi sulit, terutama bagi perempuan pekerja. Sehingga, banyak ibu yg mengarah buat menyimpan ASI dalam kulkas pula freezer sehingga ASI tahan usang. Hal ini tentu membentuk ASI menjadi dingin atau beku.

ASI yg dingin atau beku tentu tidak sanggup langsung diberikan dalam bayi Anda. Anda wajib menghangatkan atau mencairkan ASI beku terlebih dahulu sebelum memberikannya ke bayi. Namun, bukan memakai cara merebusnya atau menaruhnya di microwave!

Jangan sekali-kali memanaskan ASI beku supaya mencair memakai cara ini. Memanaskan ASI hanya akan ganggu nutrisi & antibodi yg terkandung dalam ASI. Bika sudah rusak, maka ASI sudah tidak berguna lagi bagi bayi & usahakan dibuang. ASI yg dihangatkan memakai cara cepat ini pula membentuk panas tidak tersalurkan secara merata dalam ASI. ASI yg terlalu panas pula sanggup melukai pengecap bayi ketika diberikan.

Bagaimana cara mencairkan ASI beku yg baik & kondusif?

Merebus atau menaruhnya di microwave memang menjadi cara paling cepat dalam mencairkan ASI beku. Namun, ini sanggup ganggu kualitas ASI. Cara terbaik dalam mencairkan ASI beku merupakan memakai perlahan. Anda sanggup mengarah asal cara-cara berikut adalah buat mencairkan ASI beku.

Cara 1: pindahkan asal freezer ke kulkas

Bika bayi tidak membutuhkan ASI segera, Anda sanggup memindahkan ASI beku asal freezer ke kulkas. Cara ini sanggup mencairkan ASI beku secara perlahan, membutuhkan waktu setidaknya 24 jam. (Ingat, Anda tidak sanggup membekukan ASI lagi dalam freezer setelah ASI mencair dalam kulkas)

Bika ASI sudah mencair dalam kulkas, kemudian Anda sanggup menghangatkannya di dalam mangkuk air hangat. Caranya, tempatkan ASI dingin dalam wadah (seperti botol) & rendam wadah tadi dalam air hangat. Berikan ASI dalam bayi dalam keadaan hangat. Pastikan panas sudah tersalurkan merata dalam cairan ASI memakai cara menggoyangkan botol secara perlahan (jangan mengocoknya).

Cara 2: taruh di bawah air mengalir

Bika bayi membutuhkan ASI segera, keluarkan ASI beku asal freezer & kemudian taruh ASI beku di bawah air mengalir. Cara ini sanggup mencairkan ASI beku memakai memakai lebih cepat. Setelah ASI beku mencair semua, rendam ASI dalam air hangat seperti cara sebelumnya. Ikuti cara menghangatkan ASI dingin seperti cara sebelumnya (cara 1).

ASI yg sudah mencair & sudah dihangatkan memakai air hangat hanya sanggup bertahan sampai 24 jam. Bika lebih asal 24 jam & ASI tidak diminum atau dihabiskan sang bayi, usahakan ASI dibuang.
loading...

0 komentar untuk Kenapa ASI yang Beku Tidak Boleh Dipanaskan