10 Tips Jitu Agar Kerja Lebih Semangat dan Produktif

10 Tips Jitu Agar Kerja Lebih Semangat dan Produktif
Produktivitas ialah kunci keberhasilan di kawasan kerja. Pemilik usaha, manajer, & eksekutif semua ingin mendapatkan hasil kerja nyata yg aporisma berasal setiap karyawannya.

Di sisi lain, para karyawan terjebak dalam rutinitas kerja yg itu-itu saja berangkat kerja pagi buta, karam dalam setumpuk proyek & kedap ini-itu, kemudian pergi tengah malam. Hasilnya? Pekerjaan yg tadinya kita cintai jadi terasa penat membosankan. Pada akhirnya, kurangnya produktivitas di kawasan kerja mengakibatkan kurangnya kebahagiaan Knda secara keseluruhan. Apesnya lagi, apabila Knda tidak bekerja segiat & seefektif rekan kerja Knda, masa depan pekerjaan jangka panjang Knda mampu terancam punah.

BACA JUGA: Sering Sakit? Mungkin Gedung Kantor Knda Penyebabnya

Psst Sengsara di kawasan kerja gak perlu Knda jadikan sebuah gaya hayati. Dengan 2016 akan segera berakhir, sekarang saatnya buat bangkit & mulai membuka lembaran baru demi bekerja lebih semangat & produktif. Coba 10 taktik jitu ini yg akan menciptakan Knda bekerja lebih semangat & selalu senang di kawasan kerja.

Bekerja lebih semangat & produktif, bagaimana caranya?

1. Temukan apa yg menciptakan Knda senang

Terdengar picisan, akan tetapi percayalah ini akan berhasil. Tidak peduli apa yg Knda lakukan atau di mana Knda berada, mulailah senang semenjak detik ini.

Mulai beserta mencari sesuatu buat disyukuri; setiap orang mempunyai setidaknya satu hal mini buat disyukuri. Entah itu lokasi kawasan kerja yg strategis dekat beserta sentra jajanan lezat, secangkir kopi hangat bikinan si mbak yg selalu menyambut Knda di pagi hari, atau bahkan sekadar bayangan kasur & bantal hangat yg menanti kepulangan Knda di rumah.

2. Buat meja kerja senyaman rumah Knda

Karena Knda menghabiskan begitu poly waktu terpaku di meja kerja, apabila Knda ingin bekerja lebih semangat & lebih produktif, mengapa tidak menghias meja kerja beserta gaya khas Knda, contohnya beserta membawa boneka, pajangan meja, tas makeup cadangan, bingkai berisi foto anggota keluarga atau kekasih hati, atau mungkin poster idola kesayangan? Dengan begitu, Knda mampu menciptakan diri Knda nyaman & kalem di kawasan kerja, layaknya di rumah sendiri. Tentu harus diadaptasi beserta kebijakan perusahaan, ya!

Yang perlu diingat, meja yg berantakan ialah tanda pikiran yg berantakan. Jadi, seramai apapun dekorasi meja Knda, permanen sebaiknya supaya higienis & rapi teratur. Waktu yg Knda habiskan mencari kertas-kertas vital yg terselip di suatu kawasan setiap hari ialah waktu tambahan yg sebenarnya mampu Knda pakai buat merampungkan pekerjaan Knda.

BACA JUGA: 6 Manfaat Tidur Siang buat Pekerja Kantoran

tiga. Istirahat saat Knda mulai merasa jenuh

Setelah ngopi & sarapan buat sementara, pagi hari memang menjadi waktu yg paling absolut buat menumpahkan segala tenaga & pikiran buat bekerja. Begitu jarum jam bergeser sedikit menuju sore hari

Kok cita rasanya mata sudah mulai berat, ya? Untuk menghindari kepergok si bos saat sedang curi-curi tidur siang, coba bangkit berasal kursi buat ngulet atau jalan-jalan buat sementara; mungkin ke pantry buat isi air minum, ke toilet buat cuci muka, atau keluar gedung buat cari cemilan sore. Selingan singkat berasal pekerjaan sungguh mampu meningkatkan produktivitas Knda beserta memompa sirkulasi darah segar mengalir lancar menjadi akibatnya memungkinkan Knda buat kembali memelototi pekerjaan beserta mata segar.

4. Kurangi multitasking

Meski bekerja erat hubungannya beserta multitasking, ngotot buat merampungkan lebih berasal satu tugas berbarengan justru mampu membuang waktu berharga daripada berguna. Penelitian sudah memperlihatkan bahwa orang-orang yg mencoba buat melakukan 2 atau lebih aktivitas sekaligus malah menjadi praktis teralihkan pikirannya, & kualitas pekerjaan mereka tidak baik.

Fokus selesaikan satu tugas di satu waktu sebelum beralih ke proyek berikutnya. Tak memahami harus mulai berasal mana? Contek trik pomodoro buat bantu Knda lebih penekanan bekerja.

BACA JUGA: 8 Dampak Buruk yg Bisa Terjadi Akibat Multitasking

lima. Hindari makan siang porsi akbar

Saat kelaparan, sepiring akbar nasi padang & semangkuk es campur tampak sangat menggoda iman. Tapi jangan galat, makan siang membabi buta misalnya ini justru hanya akan mengisi perut anda beserta gula sederhana yg hanya menyediakan energi tinggi akan tetapi buat sementara. Hasilnya, Knda akan semakin loyo & mengantuk di sore hari.

Sebaliknya, bagi porsi makan Knda dalam 4-lima kali sesi cemilan sehat kaya akan protein, serat, & antioksidan yg akan menciptakan Knda kenyang & permanen penekanan lebih usang. Misalnya, secangkir greek yogurt & granola bar menjelang makan siang, kemudian semangkuk oatmeal beserta topping granola, butir-buahan, & madu di sore hari.

6. Temukan kembali alasan Knda bekerja sebenarnya

Pada tahun 1983 Steve Jobs meyakinkan CEO Apple di masa depan John Sculley buat meninggalkan pekerjaannya di PepsiCo beserta melontarkan satu pertanyaan: Apakah Knda ingin menghabiskan residu hayati Knda berjualan air berperisa atau Knda ingin mengubah dunia?

Mengapa ini efektif? Selain menyentil rasa ingin memahami & imajinasinya, pertanyaan tadi memberi Scully kesempatan buat melakukan sebuah pekerjaan yg mempunyai arti baginya. Hal ini juga sudah didukung oleh penelitian berasal Wharton profesor manajemen Adam Grant, yg sudah menemukan bahwa karyawan yg memahami bagaimana pekerjaan mereka mempunyai makna & implikasi positif pada orang ain tidak hanya merasa lebih senang daripada mereka yg tidak, akan tetapi juga jauh lebih produktif.

Tak peduli seberapa akbar tujuan akhirnya menemukan obat penyembuh HIV/AIDS atau memberi tawa pada pembaca Knda ketika Knda terlibat dalam aktivitas yg berarti bagi Knda, Knda akan bekerja lebih semangat, lebih terinspirasi, puas, termotivasi, & senang.

7. Rayakan kemenangan, sekecil apapun

Setiap kali Knda merampungkan satu tugas berasal daftar harian yg bejibun, kelegaan yg Knda rasakan akan mendorong otak buat melepaskan senyawa kimia dopamine yg bertanggung jawab buat mood positif. Entah itu beserta makan malam romantis beserta pasangan, membeli gadget baru, menikmati sepotong permen, atau meluangkan waktu buat memanjakan diri beserta pergi ke bioskop atau nyalon, dorongan dopamin akan memperlihatkan Knda motivasi lebih poly buat semakin berkiprah maju & melakukan lebih poly lagi.

BACA JUGA: Ternyata, Bengong Justru Bikin Kita Lebih Produktif

Ketika terjebak di masa-masa sulit, coba buat mengingat kesuksesan di masa kemudian tidak peduli seremeh apapun itu buat membantu meningkatkan semangat & agama diri buat melanjutkan pekerjaan Knda. Keyakinan Knda terhadap kemampuan diri sendiri terbukti mampu mencerminkan hasil kerja nyata yg lebih positif di kawasan kerja.

8. Tersenyumlah

Mengenang memori indah misalnya model di atas juga akan menciptakan Knda tersenyum. Sesuatu yg sederhana misalnya tersenyum mampu meningkatkan kebahagiaan Knda di kawasan kerja alasannya memberitahu otak buat menjadi lebih senang, berkat divestasi senyawa neuropeptida. Tersenyum juga menular menjadi akibatnya menciptakan rekan kerja di sekitar Knda ikut tersenyum & bekerja lebih semangat.

9. Temukan sahabat di kawasan kerja

Christine Riordan menyatakan di Harvard Business Review bahwa karyawan yg mempunyai sahabat dekat di kawasan kerja melaporkan bekerja lebih semangat. Pekerjaan mereka juga jadi lebih menyenangkan, mampu dinikmati, berguna, & memuaskan. Selain itu, mempunyai sekelompok sahabat di kawasan kerja mampu menyediakan dukungan, rasa persaudaraan, & loyalitas. Siapa sih, yg tidak ingin ramai-ramai hangout karaoke-an merayakan kesuksesan proyek atau sekadar melepas stres?

BACA JUGA: 10 Langkah Menjalin Koneksi Aika Knda Seorang Introvert

10. Lakukan ritual penyemangat sebelum mulai kerja

Apa Knda lebih menyukai memulai hari beserta damai, lengkap beserta secangkir kopi hangat & koran di tangan? Atau Knda tipe orang yg akan bekerja lebih semangat beserta ditemani dentuman musik rock di pagi hari sembari mengisi ulang tenaga? Apapun itu, lakukanlah sesuatu yg mampu mendongkrak semangat & mood positif Knda di pagi sebelum mulai bekerja. Penelitian memperlihatkan bahwa ketika tubuh & mental kita didandani buat menjadi lebih senang sebelum mengerjakan suatu tugas, kita akan bekerja lebih baik.
loading...

0 komentar untuk 10 Tips Jitu Agar Kerja Lebih Semangat dan Produktif