Mengenal Tiga Jenis ASI yang Berbeda

Mengenal Tiga Jenis ASI yang Berbeda
ASI dibuat secara alami sang wanita dan menyediakan nutrisi dasar untuk bayi Anda selama beberapa bulan pertama hidupnya. ASI memiliki tiga tahap yang berbeda yaitu: kolostrum, transitional milk (ASI transisi), dan mature milk (ASI matur).

Kolostrum

Kolostrum ialah tahap pertama ASI yang berlangsung selama kehamilan sampai beberapa hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum berwarna kekuningan atau krem. Colostrum juga lebih kental dari ASI yang diproduksi nantinya. Kolostrum kaya akan protein, vitamin yang larut dalam lemak, mineral, dan immunoglobulin. Immunoglobulin ialah antibodi yang diberikan dari ibu ke bayinya dan memberikan imunitas pasif untuk bayi. Imunitas pasif melindungi bayi dari banyak penyakit bakteri dan virus. Dua sampai empat hari setelah melahirkan, kolostrum akan digantikan memakai ASI transisi

ASI transisi

Transitional milk alias ASI transisi menggantikan kolostrum dalam empat hari setelah persalinan. ASI transisi mengandung lemak yang tinggi, laktosa, vitamin, dan lebih banyak kalori dibandingkan memakai kolostrum. ASI transisi berlangsung sekitar dua minggu dan kepada saat ini payudara Anda akan menjadi lebih akbar, lebih kencang, dan dapat membuat tidak nyaman atau bahkan terasa sakit. Menyusui secara teratur dan membantu bayi Anda menyusu memakai baik dapat meredakan rasa tidak nyaman kepada payudara Anda di masa ini.

ASI matur

Mature milk atau ASI matur muncul setelah ASI transisi dan mulai muncul sekitar akhir dari minggu kedua setelah persalinan. ASI matur lebih cair dan mengandung lebih banyak air dibanding ASI transisi. ASI matur mengandung 90 persen air dan 10 persen karbohidrat, protein, dan lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan energi. Terdapat dua tipe dari ASI matur: foremilk dan hindmilk. Foremilk terjadi kepada awal sesi menyusui dan mengandung air, vitamin, dan protein. Hindmilk terjadi kepada akhir sesi menyusui saat payudara hampir kosong dan mengandung kadar lemak yang lebih tinggi. Tahap ASI matur berlangsung sampai Anda menyapih anak Anda. Namun demikian, seiring memakai pertumbuhan anak Anda dan dia mulai memakan makanan padat dan cairan lain, kandungan nutrisi dan ketersedian ASI Anda akan berubah.

BACA JUGA:

Begini Caranya Memompa ASI memakai Benar
Apakah Bayi Saya Sudah Minum Cukup ASI?
Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui
loading...

0 komentar untuk Mengenal Tiga Jenis ASI yang Berbeda