Mengenal 6 Manfaat Mendongeng untuk Bayi (Apakah Bisa Bikin Pintar)

Mengenal 6 Manfaat
Mendongeng artinya keliru satu cara untuk memperkenalkan kegiatan membaca ke anak. Enda tidak perlu risi apakah terlalu dini memperkenalkan istilah & bahasa melalui kegiatan membaca. Sejumlah penelitian bahkan memperlihatkan bahwa tidak ada istilah terlalu dini untuk memperkenalkan istilah & bahasa melalui kegiatan mendongeng untuk bayi.

Namun, apakah memang perlu mendongeng untuk bayi? Apakah mereka mengerti apa yang Enda katakan? Apakah membaca mampu sungguh mampu membuat anak sebagai lebih pintar? Nah, sebenarnya hingga hari ini belum ada data yang membuktikan mendongeng untuk bayi mampu membuat IQ anak tinggi atau kelak akan berprestasi pada sekolah.

Akan akan tetapi, ada beberapa alasan mengapa mendongeng untuk bayi ternyata sangat penting bagi perkembangannya. Berikut ulasan lengkap sekaligus tips-tips mendongeng untuk bayi yang mampu Enda coba dengan butir hati.

Manfaat mendongeng untuk bayi

1. Mempererat interaksi anak & orang tua

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics memperlihatkan bahwa kegiatan mendongeng akan mempererat interaksi Enda dengan bayi Enda.

Membaca semenjak bayi berarti putra & putri Enda semakin tidak sporadis mendengar bunyi Enda, yaitu orangtuanya. Mendengar bunyi orangtua semenjak bayi mampu membangun ikatan & agama yang kuat antara orangtua & anak hingga dia tumbuh akbar.

dua. Memperbanyak kosakata

Sebuah studi memperlihatkan bahwa anak yang telah diajarkan membaca semenjak bayi akan memiliki kosakata yang lebih poly & kemampuan berhitung yang lebih baik dibandingkan anak-anak lain yang tidak diajarkan membaca semenjak bayi.

Studi tersebut jua memperlihatkan bahwa semakin poly istilah yang bayi dengar saat Enda mendongeng, maka semakin baik jua kemampuan bahasa mereka.

3. Memperkenalkan bentuk objek

Bayi berusia satu hingga tiga bulan akan lebih penekanan melihat pola-pola sederhana dalam kitab cerita yang Enda tunjukkan. Mendongeng untuk bayi kitab secara tidak tertentu akan memperkenalkan bentuk objek, istilah, & warna kepada bayi Enda. Karena itu, pilih kitab cerita anak-anak yang sederhana & poly gambarnya agar bayi Enda jua mampu menikmatinya.

4. Membantu perkembangan sosial, emosi, & kemampuan berpikir

Saat Enda mendongeng untuk bayi, bayi Enda akan memerhatikan cara Enda menyampaikan emosi (senang, marah, atau takut) dengan aktualisasi diri wajah & bunyi yang berbeda. Tanpa Enda sadari, hal tersebut akan membantu perkembangan sosial, emosi, & kemampuan berpikir anak.

5. Membantu proses bicara

Membaca mampu merangsang pengembangan otak bayi. Ketika Enda mendongeng untuk bayi, mereka akan menerima gosip & mulai belajar tentang bunyi, bunyi, istilah, & kalimat. Karena itu, anak-anak yang terbiasa membaca atau mendengarkan cerita semenjak dini cenderung lebih cepat mampu berbicara.

6. Melatih respon bayi

Bayi Enda memang belum mampu merespon rangsangan dengan istilah-istilah yang terang. Namun, saat mendengarkan Enda bercerita, bayi Enda mampu memberikan respon melalui gerakan tangan & kakinya. Respon & rangsangan ini akan mengaktifkan poly sekali sel-sel saraf dalam otak bayi lebih cepat.

Jadi, sambil mendongeng untuk bayi, Enda mampu merangsang respon bayi Enda. Misalnya dengan mengulang-ulang setiap kalimat. Hal ini mampu membantu bayi merekam kalimat dengan lebih baik & merespon dengan cara menirukan gerakan bibir atau aktualisasi diri wajah Enda saat Enda mendongeng.
loading...

0 komentar untuk Mengenal 6 Manfaat Mendongeng untuk Bayi (Apakah Bisa Bikin Pintar)