Mengatasi Mabuk Kendaraan Pada Anak

Mengatasi Mabuk Kendaraan Pada Anak
Mabuk tunggangan disebabkan oleh frekuwensi yang dikirim menurut indra konvoi, seperti: mata, bagian dalam telinga, saraf dalam kaki serta tangan, ke otak. Dalam keadaan normal, ketiga area ini akan merespon konvoi yang terjadi. Ketika frekuwensi diterima serta dikirim tidak sinkron satu sama lain, contohnya saat Anda melihat konvoi secara cepat dalam sebuah film, mata Anda akan mencicipi pergerakannya, akan tetapi bagian dalam telinga serta saraf Anda tidak akan merasakannyaotak Anda akan menerima frekuwensi serta aktivitas yang saling bertentangan serta menghasilkan Anda merasa mual. Hal yang serupa juga terjadi saat anak Anda duduk di kursi yang rendah dalam mobil, sebagai akibatnya ia tidak dapat melihat keluar jendela. Bagian dalam telinganya dapat mencicipi konvoi, akan tetapi mata serta sarafnya tidak merasakannya.

Tanda serta gejala mabuk tunggangan dalam anak-anak

Mabuk tunggangan biasanya dimulai dengan sedikit rasa mual, keringat dingin, lelah, serta tidak nafsu makan. Biasanya akan dilanjutkan dengan muntah-muntah. Anak mungkin tidak dapat mengungkapkan rasa mualnya, akan tetapi akan terlihat saat mukanya menjadi pucat serta gelisah, menguap, serta menangis. Lalu, ia akan kehilangan nafsu makan (bahkan masakan kesukaannya), serta muntah. Hal ini dikarenakan perjalanan dengan mobil membuatnya mual, akan tetapi biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu.

Penyebab mabuk tunggangan

Tidak muncul alasan jelas mengapa beberapa anak lebih seringkali mengalami mabuk tunggangan daripada anak lainnya. Karena banyak anak yang awalnya mabuk tunggangan merasa sakit koordinator beberapa tahun kemudian, banyak yang percaya bahwa mabuk tunggangan artinya bentuk awal menurut migrain.

Mabuk tunggangan biasanya terjadi di perjalanan kapal, pesawat, atau saat sedang dalam perjalanan yang berguncang, seperti turbulence atau goncangan di pesawat, atau laut bergelombang. Stress serta rasa gembira juga dapat memicu rasa mabuk tunggangan atau memperparahnya.

Bagaimana cara mencegah mabuk tunggangan dalam anak-anak?

Jika anak Anda mulai mengalami gejala mabuk tunggangan, sebaiknya Anda menghentikan aktivitas yang membuatnya mabuk tunggangan. Jika terjadi di mobil, melipir sejenak ke kawasan istirahat serta biarkan anak keluar untuk cari angin sebentar. Jika Anda dalam perjalanan jauh, Anda perlu melakukan beberapa pemberhentian singkat. Jika kondisi ini dikarenakan bermain ayunan atau komidi putar, hentikan permainan serta jauhkan anak menurut mainan tadi.

Karena mabuk darat di mobil paling seringkali dirasakan menurut mabuk tunggangan lainya, banyak tips pencegahan yang telah dikembangkan. Selain melakukan pemberhentian singkat, cobalah hal-hal berikut ini!

Jika anak Anda belum makan 3 jam sebelum perjalanan, berikan anak Anda snack ringan sebelum perjalanan. Ini juga dapat diaplikasikan dalam perjalanan pesawat serta kapal. Hal ini dapat mengurangi rasa lapar, yang ternyata dapat menghasilkan gejala mabuk tunggangan memburuk
Coba alihkan perhatian anak Anda menurut rasa mual. Cobalah dengar radio, menyanyi, atau mengobrol.
Cobalah lihat pemandangan di luar mobil, bukan membaca atau bermain games.
Jika tips di atas tidak membantu, hentikan mobil, biarkan anak Anda berbaring dengan mata tertutup. Kompres dingin dalam dahi juga dapat membantu mengurangi gejala mabuk mobil.

Obat untuk mabuk tunggangan

Jika Anda akan melakukan perjalanan serta anak Anda pernah mabuk mobil sebelumnya, Anda dapat memberikannya obat anti mabuk sebelum perjalanan sebagai langkah preventif. Beberapa obat ini dapat dibeli di apotek tanpa memakai resep, akan tetapi konsultasikan dalam dokter anak Anda sebelum menggunakannya. Meskipun obat ini dapat membantu, kadang obat ini akan menyebabkan efek samping seperti rasa kantuk (yang berarti saat Anda sampai ke kawasan tujuan, anak Anda akan terlalu lelah untuk menikmatinya), verbal serta hidung kering, atau penglihatan memburam.

Kapan Anda harus menghubungi dokter?

Jika anak Anda mengalami gejala mabuk tunggangan saat tidak terjadi gerakan, seperti jika anak Anda sakit koordinator; sulit mendengar, melihat, berbicara, atau berjalan; atau jika tatapan anak Anda kosong, beri memahami dokter anak Anda mengenai hal tadi. Hal ini sanggup jadi gejala masalah lain selain mabuk tunggangan.

BACA JUGA:

Muntah Pada Bayi serta Balita: Mana yang Normal, Mana yang Berbahaya
Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Makanan Manis
Mempersiapkan Liburan untuk Anak yang Mengidap Asma
loading...

0 komentar untuk Mengatasi Mabuk Kendaraan Pada Anak