Mengatasi Terlambat Puber

Mengatasi Terlambat Puber
Sering kali, orangtua membawa anaknya ke dokter karena khawatir ia belum juga mendapat gejala puber. Jangan khawatir. Di sebagian akbar kasus, dokter umumnya dapat mengonfirmasi bahwa pertumbuhan anak Anda normal, atau mungkin puber sudah dimulai tetapi belum terlihat terang. Pemeriksaan ke dokter akan menenangkan bukan hanya Anda tapi juga anak Anda yang mungkin khawatir karena teman-temannya yang lain sudah puber lebih dulu.

Terapi hormon seksual

Pada situasi yang langka, setelah penaksiran menyeluruh, dokter anak dapat merekomendasi beberapa bulan terapi hormon, untuk memberi anak laki-laki serta perempuan dorongan kematangan seksual. Kandidat berasal terapi hormon dapat meliputi anak-anak remaja yang telah menunjukkan gejala awal pubertas tetapi belum menyeluruh. Pertimbangan lainnya merupakan andai saja puber yang terlambat ternyata berdampak pada kehidupan emosional serta sosial anak.

Anak laki-laki akan menerima suntikan testosteron serta anak perempuan diberikan tablet estrogen serta progesteron. Dosis disesuaikan dengan kadar hormon seksual yang umumnya diproduksi tubuh anak remaja. Hormon ini kegunaannya hanya akan memancing saja sampai proses pubertas kemudian berlanjut sendiri tanpa bantuan tambahan hormon.

Terapi hormon pertumbuhan

Zat kimia lainnya yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari otak merupakan hormon pertumbuhan. Beberapa kelenjar pituitari pada remaja bersekresi terlalu sedikit. Kondisi ini, dianggap hipopituarisme, menghambat pertumbuhan. Suntikan hormon pertumbuhan sintetis dapat membantu ribuan orang mencapai tinggi dewasa.

Awalnya, dipercaya bahwa hanya orang dengan kadar hormon pertumbuhan endogen yang dapat merespon terapi hormon pertumbuhan.

Namun produk-produk sekarang telah memberi manfaat pada remaja yang menjalani dialisis ginjal selama mereka menunggu transplantasi ginjal, juga remaja dengan sindrom Turner. Anak-anak perempuan dengan sindrom Turner memproduksi hormon pertumbuhan, tetapi tubuh mereka menolaknya.

Lalu, bisakah kita menambah tinggi beberapa centimeter serta meminta hormon pertumbuhan pada dokter? Ada beberapa kejadian di mana orang tua meminta perawatan hormon pertumbuhan yang tidak sesuai untuk anak. Perawatan hormon pertumbuhan hanya diberikan pada anak-anak yang terbukti memiliki kekurangan hormon pertumbuhan berasal kelenjar pituitari.

Di samping hipopituaritisme, gagal ginjal kronis, serta sindrom Turner, penggunaan hormon pertumbuhan dianggap investigasional. Perusahan asuransi tidak akan meng-cover pengobatan percobaan, serta 6 atau 7 suntikan per minggu selama 4 5 hari sangatlah mahal.

Faktor lainnya merupakan, walau perawatan jangka pendek memproduksi sangat sedikit efek samping, hormon pertumbuhan sintetik baru dijual ke pasaran sejak pertengahan tahun 1980, serta tidak banyak diketahui tentang efek jangka panjangnya, sehingga penggunaannya sebaiknya dilakukan untuk kondisi medis yang membutuhkan saja.

Selain itu, faktor keturunan merupakan penentu yang lebih berpengaruh terhadap tinggi badan dibanding dengan hormon pertumbuhan sintetis. Jadi, jika seorang anak ingin memiliki tinggi 180 cm, andai saja orangtuanya pendek, kemungkinan akbar ia juga akan pendek akibat faktor genetik.

Hello Health Group tidak menyediakan petuah medis, penaksiran, atau pengobatan.
loading...

0 komentar untuk Mengatasi Terlambat Puber