Mencari Tahu Arti Tangisan Bayi Anda

Mencari Tahu Arti Tangisan Bayi Anda
Sering kali kita mendengar bayi menangis, terlebih lagi kepada bayi baru lahir. Knda sebagai orangtua baru mungkin gundah harus memperlakukan bayi Knda bagaimana ketika dia menangis. Tangisan bayi yang tidak berhenti meskipun Knda sudah berusaha menenangkannya kadang membuat Knda panik.

Mengapa bayi menangis?

Tangisan bayi merupakan cara bayi untuk berkomunikasi bareng Knda. Bayi menyampaikan apa yang dia inginkan & apa yang dia butuhkan melalui tangisan, sehingga tangisan bayi ini memiliki banyak arti. Berikut ini merupakan arti dari tangisan bayi:

Bayi lapar

Lapar umumnya penyebab paling awam mengapa bayi menangis. Bayi yang baru lahir umumnya lebih seringkali menangis, yang mungkin ditimbulkan lantaran dia lebih seringkali merasa lapar. Bayi baru lahir memiliki perut yang masih mini sehingga dia hanya mampu menampung makanan dalam jumlah mini & makanan tersebut tidak bertahan lama dalam perutnya, hal ini membuat bayi baru lahir lebih cepat lapar. Aika bayi menangis, Knda mampu memberinya ASI. Beri ASI kepada bayi sesering mungkin didasarkan  bareng cita-cita bayi, ini biasa dianggap bareng ASI on-demand.

Atau, jikalau Knda tidak memberi ASI melainkan memberi susu formula, beri dia susu formula bareng jeda minimal dua jam setelah dia menyusu terakhir. S,etiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda, ada yang minum susu lebih jarang dalam jumlah lebih banyak & ada jua yang minum susu lebih seringkali dalam jumlah yang lebih sedikit. Ketahuilah kebutuhan bayi Knda bareng baik. Knda sebagai ibu merupakan orang yang paling mengerti bayi Knda dibandingkan bareng orang lain.

Bayi ingin menangis

Pada bayi yang masih berumur kepada bawah 4 bulan, menangis kepada sore & malam hari merupakan hal yang wajar terjadi. Bukan berarti ada suatu kasus kepada bayi Knda. Walaupun Knda sudah menghiburnya & berusaha mengerti kebutuhannya, namun bayi Knda tidak berhenti menangis sampai wajahnya memerah & kelelahan. Menangis yang tidak ada hentinya, umumnya berlangsung dalam waktu beberapa jam dalam sehari, dianggap bareng kolik. Kolik mungkin berafiliasi bareng kasus kepada perut yang ditimbulkan lantaran alergi atau intoleransi susu. Atau ada jua teori yang berkata bahwa kolik merupakan cara bayi menceritakan pengalaman & rangsangan baru setelah dia melewati hari yang panjang.

Bayi perlu sentuhan

Kadang bayi menangis hanya lantaran dia sedang merasa ingin disentuh & diperhatikan. Aika bayi menangis, Knda mampu memeluknya, menggendongnya, menghiburnya, atau hanya melakukan hubungan fisik dengannya. Hal ini mungkin memberinya kenyamanan & rasa diperhatikan sang orang sekelilingnya. Dengan memeluk atau menggendongnya, bayi mungkin merasa nyaman ketika mendengar detak jantung Knda, merasa lebih hangat, & mungkin jua dia bahagia bareng aroma tubuh Knda.

Bayi ingin tidur

Arti lain dari tangisan bayi ialah mungkin dia sedang mengantuk & ingin tidur. Kadang bayi mengalami kesulitan untuk tidur, dia harus menemukan posisi yang nyaman supaya dia mampu tidur bareng nyenyak. Terlalu banyak orang kepada sekelilingnya mungkin membuat dia tidak mampu tidur sehingga dia menangis. Bayi yang menangis lantaran butuh tidur umumnya menampakan tanda-tanda, seperti tidak tertarik bareng mainan atau orang, mengucek matanya, matanya tampak berkaca-kaca, & menguap. Aika hal ini terjadi, gendong bayi & bawa dia ke tempat yang tenang, serta ninabobokan bayi sampai dia tertidur.

Bayi kedinginan atau kepanasan

Bayi masih sangat sensitif terhadap lingkungan kepada sekitarnya. Ia tidak tahan bareng suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas baginya, sehingga hal ini mampu membuatnya menangis. Knda mampu memeriksa apakah bayi Knda kepanasan atau kedinginan bareng memegang perutnya. Aika perutnya terasa dingin, beri dia selimut, atau jikalau perutnya terasa panas, lepaskan selimutnya. Normal bila bayi merasa kedinginan, pakaikan bayi pakaian lebih dari satu lapis, ini mampu membantu memberinya kehangatan.

Bayi butuh ganti popok

Bayi pastinya akan menangis bila popoknya basah, yang ditimbulkan lantaran dia buang air mini atau buang air akbar. Beberapa bayi mungkin tidak tertentu menangis setelah popoknya basah, dia baru akan menangis bila dia sudah merasa tidak nyaman atau kulitnya mengalami iritasi. Ketika bayi menangis, sebaiknya tertentu periksa popoknya & jikalau popoknya basah, ganti popoknya bareng segera. Terlalu lama popok dibiarkan basah atau tidak diganti mampu menyebabkan kulit kepada pantat bayi mengalami iritasi & bayi akan merasa tidak nyaman bareng ini.

Bayi sakit

Bayi akan menangis jikalau dia merasa tidak lezat badan. Aika bayi Knda sedang tidak sehat, mungkin dia akan menangis bareng nada yang relatif berbeda (umumnya bareng nada yang relatif lemah) dari umumnya atau mungkin justru kebalikannya, dia akan lebih jarang menangis dibandingkan umumnya jikalau dia sedang sakit. Hanya Knda yang mengetahui perbedaannya. Tumbuh gigi jua mampu menjadi alasan mengapa bayi menangis terus-terusan. Bayi umumnya lebih seringkali menangis & gelisah dalam seminggu sebelum giginya tumbuh. Aika tangisan bayi disertai bareng demam, muntah, diare, atau sembelit, sebaiknya segera bawa bayi Knda ke dokter.

Apa yang harus saya lakukan segera dikala bayi nangis?

Jangan panik! Terdapat beberapa hal yang mampu segera Knda lakukan ketika mendengar bayi menangis.

Pertama, Knda mampu menggendongnya supaya bayi lebih tenang, sambil memeriksa popoknya, apakah basah. Aika iya, segera ganti popoknya. Menggendong atau memeluk bayi ialah cara terbaik untuk membuat bayi nyaman.
Cobalah untuk segera susui bayi segera dikala dia menangis. Mungkin dia lapar, terlebih lagi jikalau dia terakhir menyusu lebih dari 3 jam yang kemudian.
Aika bayi tidak ingin menyusu & popok bayi jua tidak basah, coba ajak bayi bergerak, mampu bareng menggendong sambil menggoyang atau mengayun. Aika suara tangisnya terdengar lemah, mungkin bayi lelah & ingin tidur, coba bawa bayi ke tempat yang lebih tenang. Knda jua mampu sambil menyanyikan lagu supaya bayi tertidur.
Alihkan perhatian bayi supaya bayi tidak menangis lagi, Knda mampu melakukan ci-luk-ba atau membuat mimik lucu untuk membuat bayi tertawa. Menghibur bayi jua menjadi galat satu cara supaya bayi berhenti menangis.
Memijat bayi bareng perlahan. Bayi suka disentuh sehingga memijat bayi mungkin mampu menenangkan bayi yang sedang menangis.
Membedong bayi. Selama 3-4 bulan pertama, mungkin bayi merasa lebih nyaman jikalau dibedong. Ini memberinya kenyamanan seperti yang dia rasakan ketika masih kepada dalam rahim. Membedong bayi mampu memberinya kehangatan.
loading...

0 komentar untuk Mencari Tahu Arti Tangisan Bayi Anda