Jerawat Juga Bisa Muncul di Area Kewanitaan! Bahaya Atau Tidak, Ya

Jerawat Juga Bisa
Tidak peduli seberapa rajin Knda menjaga kulit Knda permanen higienis, jerawat memiliki cara liciknya tersendiri buat terdapat dalam dikala-dikala terburuk & terkadang, dalam daerah yg paling tidak terduga. Di paras, dalam punggung, dalam dada, & bahkan dalam vagina. Ya, jerawat dalam vagina mungkin saja terjadi dalam poly perempuan. Apa, sih, yg jadi penyebabnya? Dan yg terutama, bagaimana cara mengobati jerawat dalam vagina? Baca selengkapnya dalam sini.

Kenapa bisa terdapat jerawat dalam vagina?

Sama misalnya jerawat paras, jerawat dalam vagina (lebih tepatnya dalam daerah vulva, bagian terluar dari kemaluan yg bisa dipandang sang mata telanjang) adalah peradangan kulit yg ditimbulkan sang tersumbatnya pori-pori sang kelebihan minyak alami kulit, sel kulit meninggal, & pertumbuhan bakteri. Peradangan kulit ini kemudian mengembang menjadi bintil jerawat yg berisi nanah. Jerawat dalam vagina jua bisa timbul output perubahan hormon & stres berat.

Penyebab lain yg jua awam dari jerawat dalam vagina adalah folikulitis, yaitu infeksi & pembengkakan folikel rambut. Folikulitis bisa terjadi output bercukur; rambut yg tumbuh ke dalam; mengenakan celana dalam yg ketat, atau busana yg menggosok kulit; atau folikel yg tersumbat atau teriritasi sang keringat atau produk perawatan kulit (sabun kewanitaan, contohnya).

Penyebab jerawat dalam vagina yg lebih berfokus

Pada beberapa problem pribadi, jerawat dalam area initim ini bisa ditimbulkan sang syarat kesehatan pribadi, contohnya adalah acne inversa (hidradenitis suppurativa) & Molluscum contagiosum.

Acne inversa adalah peradangan kulit kronis yg memengaruhi kelenjar keringat dalam selangkangan & dalam bawah payudara. Acne inversa ditandai bareng bintik jerawat berulang yg terasa sakit & mengandung nanah. Bedanya bareng jerawat biasa, jerawat acne inversa nir simpel sembuh & bisa meninggalkan bekas luka. Menurut Hidradenitis Suppurativa Foundation, penyakit ini dimiliki sang 4 % populasi rakyat global.

Sementara itu, Molluscum contagiosum adalah penyakit kelamin output infeksi virus yg ditandai bareng keluarnya bisul mirip jerawat yg bisa terjadi dalam manapun dalam tubuh, termasuk area vagina. Bedanya bareng jerawat biasa, jerawat Mollusca umumnya berbentuk lebih mini akan namun menonjol, & berwarna daging. Jerawat Mollusca jua bisa berbentuk mirip mutiara & memiliki lesung pipit dalam pusatnya.

Bagaimana cara mengobati jerawat dalam vagina?

Jerawat dalam vagina dalam umumnya nir berbahaya & bisa diobati misalnya jerawat dalam bagian tubuh lainnya. Sama halnya bareng jerawat dalam paras, jangan coba-coba buat memencet jerawat yg timbul dalam dekat vagina atau vulva, alasannya hal ini bisa menyebabkan infeksi makin parah. Sebagai gantinya, kompres area yg bermasalah denga waslap hangat suam kuku buat mengempiskan peradangan.

Dr. Michele Farber dari Schweiger Dermatology, dikutip dari She Knows, menyarankan Knda buat membasuh area vagina yg berjerawat bareng sabun yg mengandung benzoil peroksida, baik menjadi indera pengobatan juga pencegahan jerawat. Dengan catatan, usapkan bareng hati-hati dalam kulit keratin saja (bagian kulit yg lebih tebal & berambut) & hindari menggosokkan sabun dalam kulit mukosa (bagian lembut dalam dalam bibir vagina). Pastikan jua buat menghindari produk pembersih yg mengandung bahan iritan, misalnya sulfat, gliserin, paraben, phthalate, kedelai gluten, atau susu.

Meski jerawat dalam vagina umumnya bukan problem akbar, namun waspadai jikalau jumlahnya terdapat poly atau berulang atau monoton. Hal terbaik yg bisa Knda lakukan adalah berkonsultasi bareng dokter kandungan wacana problem jerawat Knda. Dokter bisa memastikan apakah benjolan dalam daerah vagina itu sebenarnya bisul output penyakit kelamin atau hanya jerawat biasa dari penumpukan kotoran.

Cara mencegah terdapat jerawat dalam vagina

Untuk menghindari kemunculan kloter jerawat baru dalam area intim, selalu utamakan kebersihan vagina & jaga agar daerah vulva agar selalu kemarau. Cepat-cepat ganti busana dalam bareng yg baru selesainya berkeringat dari kegiatan seharian atau berolahraga.
loading...

0 komentar untuk Jerawat Juga Bisa Muncul di Area Kewanitaan! Bahaya Atau Tidak, Ya