Berenang Ternyata Ampuh Mengatasi Rasa Sedih dan Kecewa Karena Patah Hati

Berenang Ternyata Ampuh
Tak selamanya tidur atau mendengarkan lagu bingung mempan buat menyingkirkan rasa duka serta kecewa. Bika saat ini Enda sedang berjuang mati-matian buat mengembalikan mood yang terpuruk yang akan terjadi patah hati, kenapa tidak berenang saja? Penasaran apa hubungannya berenang bareng mengatasi rasa duka? Cari tahu dalam artikel ini.

Berlama-usang menanggung kesedihan serta kecewa meningkatkan risiko kematian yang akan terjadi penyakit jantung

Meski normal bagi setiap manusia buat memiliki kesedihan serta amarah terhadap sesuatu yang tidak berjalan semestinya, tanggapan emosional ini mampu menghasilkan seseorang menjadi lesu, putus keinginan, tak berdaya, tidak bersemangat, bahkan menarik diri berasal lingkungan. Oleh karena itu banyak orang yang memilih menghindar berasal situasi yang mampu memicu kesedihan supaya tidak mengalami imbas-imbas tadi. Banyak juga yang memilih buat tidak mengacuhkan gejolak emosi ini karena tak sporadis tidak tahan menghadapi kesedihannya.

Namun, memendam emosi mampu membahayakan kesehatan Enda. Kesedihan serta rasa kecewa yang tidak diatasi mampu berujung dalam depresi klinis. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research menemukan bahwa orang yang suka memendam emosi mengalami peningkatan risiko kematian dini yang akan terjadi penyakit jantung koroner.

Orang yang terbiasa memendam emosinya akan membawa pikiran negatif dalam tubuh yang mampu mengganggu keseimbangan hormon. Hal ini lalu meningkatkan risiko penyakit yang berafiliasi bareng peradangan serta kerusakan sel, seperti kanker, osteoporosis, serta sindrom iritasi usus (IBS).

Kenapa berenang mampu menjadi cara mengatasi rasa duka?

Menurut Aimee C. Kimball seorang psikolog  sekaligus ketua pelatihan mental dalam Center for Sports Medicine dalam University of Pittsburgh Medical Center, berenang mampu mengurangi rasa duka, kecemasan serta depresi secara signifikan. Mengapa hal ini mampu terjadi? Ketika Enda sedang berenang, tubuh Enda akan melepaskan endorfin, senyawa alami dalam dalam otak yang mampu memunculkan perasaan senang, bahkan euforia. Zat endorfin ini yang akan mengatasi rasa duka, menghilangkan stres, serta meningkatkan perasaan senang.

Kegiatan berenang ini mampu menghentikan hormon stres yang menghasilkan respon fight-or-flight, mengubah rasa cemas karena duka menjadi perasaan yang lebih rileks serta hening. Secara sederhana, berenang mampu merangsang suatu senyawa kimia dalam otak yang mendorong pertumbuhan sel saraf. Olahraga seperti berenang mampu menghipnotis serotonin yang menghasilkan atrial natriuretic peptide (ANP). ANP merupakan buat mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh, akan tetapi yang modern ditemukan bahwa ANP membantu menghilangkan stres bareng cara mengendalikan respons otak terhadap kecemasan serta stres.

Selain itu, berenang membutuhkan pernapasan dalam yang berpola, serta dikombinasikan bareng peregangan otot serta relaksasi. Kombinasi ketiganya sudah menjadi unsur vital berasal banyak metode pelatihan relaksasi lainnya, seperti yoga yang juga ampuh mengusir stres serta kesedihan.

Berenang menghasilkan tubuh Enda terasa lebih baik, sehingga ini dalam akhirnya juga mampu menghasilkan pikiran Enda lebih baik. Secara perlahan akan akan tetapi niscaya, berenang mampu membantu mengatasi rasa duka yang Enda rasakan. Berenang juga mampu menjadi olahraga pilihan buat Enda yang tidak suka mengeluarkan banyak keringat atau menghasilkan lutut Enda sakit.
loading...

0 komentar untuk Berenang Ternyata Ampuh Mengatasi Rasa Sedih dan Kecewa Karena Patah Hati