Begini Cara Membiasakan Anak Agar Mau Sarapan Setiap Hari

Begini Cara Membiasakan Anak Agar Mau Sarapan Setiap Hari
Dengan jam sekolah yang menuntut anak untuk bangun subuh & langsung melesat berangkat, kadang sulit untuk menyajikan sarapan pagi yang sehat untuk anak. Padahal, sarapan itu penting untuk menunjang performanya selama seharian mengenyam pendidikan.

Mengapa sarapan pagi itu penting untuk anak?

Tubuh manusia menghasilkan tenaga berdasarkan karbohidrat, & memecahnya menjadi glukosa. Setelah semalaman tanpa kuliner, tubuh Anda telah menguras simpanan glukosanya. Tubuh kemudian mulai memakai cadangan tenaga berdasarkan otot, seperti glikogen & asam lemak. Inilah mengapa kita memerlukan sarapan sebelum menjalani hari.

Sarapan memberikan tenaga yang dibutuhkan anak untuk melalui hari yang melelahkan. Sarapan pagi pula dapat membantu tubuh memakai kuliner bersama lebih efisien sepanjang hari, sehingga anak lebih jarang merasa lapar. Penelitian memperlihatkan bahwa sarapan pagi yang sehat dapat membantu anak-anak belajar lebih baik pada sekolah. Artinya mereka pula dapat lebih berkonsentrasi dalam mengingat & menyelesaikan kasus.ahkan ketika bermain.

Anak-anak yang selalu sarapan pagi pula cenderung untuk:

Kehadiran sekolah yang lebih baik dibanding anak-anak yang jarang sarapan; anak-anak yang tidak sarapan tidak akan mendapat cukup nutrisi untuk selama sisa hari
Lebih sehat secara emosional dibanding anak-anak yang tidak sarapan
Lebih jarang mengonsumsi cemilan manis & berlemak, yang dapat mengelola berat badan sehat.

 Seperti apa sarapan pagi yang sehat?

Sarapan pagi yang sehat memerlukan porsi karbohidrat, protein, & lemak yang seimbang untuk menjaga tingkat tenaga sepanjang pagi.

Untuk bayi & balita, sarapan dapat memakai sereal nasi, atau bubur susu & buah. Sementara untuk anak-anak usia sekolah & remaja memiliki pilihan menu sarapan yang lebih luas. Misalnya bubur ayam, oatmeal, sereal wholegrain rendah gula, telur rebus, omelette, roti panggang, sampai buah & yogurt.

Ide kreatif supaya anak mau sarapan pagi setiap hari

Anda merupakan panutan yang penting dalam soal kuliner. Tunjukkan anak-anak bahwa sarapan itu nikmat & merupakan bagian penting dalam keseharian kita merupakan cara yang baik untuk membuat mereka mulai rajin sarapan. Anda pula dapat menjelaskan manfaat sarapan kepada mereka.

Berikut beberapa ide sarapan untuk membuat kebiasaan sarapan pada pagi hari:

Buatlah sarapan sebagai waktu untuk duduk & bercengkerama bersama anak-anak Anda. Menjadi contoh yang baik merupakan cara yang tepat untuk mengubah kebiasaan mereka.
Bika anak Anda mengatakan bahwa dia tidak lapar pada pagi hari, cobalah untuk membuat smoothie yang sehat, bersama susu, yogurt & buah seperti pisang, sebagai pengganti sarapan tradisional.
Pilihan lain merupakan makan kuliner ringan pada rumah, seperti semangkuk kecil oats atau buah. Anda dapat memberi cemilan yang sehat untuk anak Anda makan sebelum sekolah, seperti sandwich atau yogurt bersama buah.
Bika kesibukan pada pagi hari menghalangi sarapan, cobalah untuk memasang alarm anak 10 menit lebih awal, atau menyiapkan tas anak & seragam semalam sebelumnya. Anda pula dapat menyiapkan sarapan pada malam sebelumnya, simpan oat pada mangkuk yang tertutup, atau siapkan topping seperti buah potong, kacang-kacangan & kismis pada wadah.
Anak-anak yang rewel merespon lebih baik jikalau kuliner disajikan lebih menarik berdasarkan biasanya. Anak-anak yang lebih kecil menyukai roti panggang atau buah, & anak-anak yang lebih dewasa dapat memilih kuliner non-sarapan, seperti pasta.
Anak-anak yang lebih dewasa & remaja mungkin akan menolak untuk sarapan pagi sebagai cara memperlihatkan kemandirian mereka. Cobalah untuk tidak mengembang-besarkan kasus ini. Anda dapat mengingatkan anak Anda mengambil satu buah segar pada meja makan atau roti panggang selai kacang untuk dibawa ke sekolah. Anak Anda pula dapat memilih sendiri sarapan sehat versinya pada ketika belanja bulanan.
loading...

0 komentar untuk Begini Cara Membiasakan Anak Agar Mau Sarapan Setiap Hari