Bagaimana Cara Mengetahui Jika Bayi Kembar Anda Identik

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Bayi Kembar Anda Identik
Wajar jikalau seseorang mak ingin segera mengetahui apakah bayi yang dikandungnya kembar identik atau nir. Terlepas sumber rasa ingin memahami mak, dokter akan menyelidiki kandungan buat menyesuaikan penanganan andai istilah ternyata bayi kembar berada dalam satu plasenta (kembar monokorionik).

Ibu yang mengandung bayi identik lebih rentan mengalami komplikasi dalam masa kehamilan. Meskipun sebagian akbar kembar monokorionik lahir sehat, tercatat sebesar 15% anak kembar sumber satu plasenta mengalami twin-to-twin transfusion syndrome (TTTS). TTT adalah kelainan plasenta yang menjadikan galat satu bayi mendapat terlalu poly darah ad interim kembaran lainnya mendapat terlalu sedikit asupan darah.

Bika diketahui mengandung bayi kembar monokorionik, Knda membutuhkan supervisi spesifik menjadi akibatnya akan lebih acapkali bolak-pulangke tempat tinggal sakit buat investigasi & scan.

Apa saja menerangkan kelahiran kembar identik?

Ahli sonogram akan melakukan scan USG buat melihat syarat bayi & plasenta dalam investigasi trimester pertama. Pemindaian ini dilakukan sebelum usia kehamilan menginjak 14 minggu.

Temuan USG dalam bayi kembar bisa berupa:

Dichorionic diamniotic (DCDA)

Setiap bayi memiliki plasenta, membran dalam (amnion), & membran luar (korion) masing-masing. DCDA adalah bukti diri sumber 1/3 kembar identik & seluruh kembar non-identik, menjadi akibatnya kembar DCDA bisa identik, bisa jua nir.

Monochorionic diamniotic (MCDA)

Kedua bayi berada dalam satu plasenta & membran luar yang sama, akan tetapi memiliki membran dalam masing-masing. MCDA adalah bukti diri sumber 2 pertiga kembar identik, menjadi akibatnya kembar MCDA dipastikan identik.

Monochorionic monoamniotic (MCMA)

Kedua bayi berada dalam satu plasenta, membran luar, & membran dalam yang sama. Kembar MCDA adalah perkara yang sangat langka & hanya terjadi 1% sumber seluruh kembar identik. Kembar MCMA dipastikan identik.

Seberapa akuratkah implikasi scan kehamilan?

Scan ke 2 mungkin akan dilakukan andai istilah implikasi scan awal belum bisa dipastikan keakuratannya.

Scan USG adalah metode yang tergolong seksama buat menyelidiki syarat bayi kembar & plasentanya. Namun, nir timbul agunan bahwa implikasi USG bisa memastikan bahwa bayi dalam kandungan adalah kembar identik atau bukan. Berada dalam satu plasenta memang adalah bukti diri kembar yang identik, akan tetapi syarat plasenta yang diamati lewat USG belum mengklaim kepastian karena plasenta kembar non-identik pun bisa melebur menjadi satu.

Ketika membawa susunan genetik yang sama, kembar identik niscaya akan identik secara genetik & selalu berjenis kelamin sama. Kemungkinan Knda akan memiliki 2 anak wanita atau 2 anak pria.

Apakah kembar identik lebih simpel dipastikan waktu bayi sudah lahir?

Bika ternyata bayi kembar yang lahir adalah sepasang pria & wanita, tentu saja mereka nir kembar identik.

Bika ternyata bayi kembar yang lahir berjenis kelamin sama & masing-masing memiliki plasenta mereka sendiri, ke 2 bayi bisa identik, bisa jua nir.

Knda mungkin bisa mengetahui kepastian memiliki kembar identik dalam waktu kelahiran sehabis dokter menyelidiki plasenta bareng seksama. Tes darah jua bisa dilakukan lewat tali pusar setiap bayi. Plasenta bisa dikirim ke laboratorium buat diperiksa apakah ke 2 bayi kembar identik atau nir. Namun umumnya, tes ini hanya dilakukan atas alasan medis.

Setelah bayi lahir, Knda bisa menyelidiki gejala kembar identik, misalnya:

Golongan darah
Warna mata
Warna rambut
Bentuk kaki, tangan &, pendengaran
Pola gigi

Bika Knda masih bertanya-tanya, Knda bisa melakukan tes DNA dalam bayi. Tes DNA adalah metode yang paling seksama buat mengetahui apakah bayi kembar identik atau nir.

Melalui tes DNA atau zygosity determination, jenis kehamilan kembar kembar identik (monozigot) atau fraternal (dizigotik) bisa diketahui. Tes ini dilakukan bareng cara merogoh sampel mini sel pipi buat dikirim ke laboratorium. Sel-sel ini diambil sumber dalam verbal bayi menggunakan cotton bud.
loading...

0 komentar untuk Bagaimana Cara Mengetahui Jika Bayi Kembar Anda Identik