7 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid

7 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid
Perut kram, kembung, sakit kepala, mual terdengar familiar? Knda tidak sendirian. Banyak perempuan menderita nyeri haid parah (disebut dismenore) yg diikuti sang sensasi tajam menusuk, berdenyut, panas, atau kram dalam perut bagian bawah & punggung.

Tak peduli seberapa ingin Knda hanya meringkuk dalam bawah selimut buat marathon serial TV kesayangan & menghabiskan sekotak martabak elok cokelat keju jauh berasal peradaban insan, kita seluruh memahami betul bahwa sejumlah hal ini tidak betul-betul-betul-betul menyingkirkan penderitaan PMS. Tapi, dari sebuah studi baru yg diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complimentary Medicine, dilansir berasal Womens Health Magazine, terdapat satu trik mini yg mungkin bisa menyampaikan Knda keringanan berasal perut kram, kembung, & menerangkan-menerangkan PMS lainnya: yoga.

Bagaimana yoga bisa mengatasi nyeri haid?

Kontraksi rahim menjadikan poly rasa sakit selama daur menstruasi alasannya adalah rahim yg menegang akan merusak darah mengalir lancar ke dinding rahim. Akibatnya ialah perut kram, nyeri punggung, & kaki pegal-pegal yg familiar selama detik-detik menjelang menstruasi. Ironisnya, perut kram yg membangun kita ogah buat poly beraktivitas fisik justru bisa memburuk jikalau Knda kurang motilitas.

Yoga, sebuah teknik fisik, mental, & keseluruhan alami yg telah teruji, bisa menekan keparahan kram perut output PMS yg melemahkan poly perempuan. Pose yoga, atau asana, berpotensi buat meringankan rasa sakit langsung bareng merentangkan pinggul & sendi & mengurangi stres emosional yg bisa membangun otot tegang & mengencang.

Gerakan yoga yg bisa meringankan perut kram output PMS

1. Reclining Twist
Reclining Twist (asal: popsugar)
Reclining twist ialah cara yg kalem buat menaikkan fleksibilitas tulang belakang sisi ke sisi, yg bisa meringankan nyeri perut & punggung bawah.

Begini caranya:

Berbaring telentang, silangkan lutut kiri dalam atas sisi kanan tubuh Knda.
Rentangkan tangan lebar-lebar, posisi paras melihat ke kiri
Tahan lima napas, nikmati tulang belakang Knda memanjang & berputar. Knda mungkin juga bisa mendengar beberapa gemeretakan
Gunakan otot perut buat membalikkan lutut ke posisi awal & ulangi buat sisi lainnya

2. Wide Childs Pose
Wild Childs Pose (asal: popsugar.com
Pose ini memanjangkan punggung bawah & membuka pinggul ad interim ke 2 lutut terpisah lebar & perut rileks dalam antaranya. Peregangan ini akan mengurangi nyeri pinggul apapun, & membantu menaikkan atau mempertahankan kesehatan pinggul. Pose inir akan memicu perasaan relaksasi & kenyamanan.

Begini caranya:

Tempatkan lutut dalam lantai, lebarkan keduanya hingga jeda yg nyaman. Kemudian lipat tubuh ke depan, rentangkan lengan Knda dalam depan Knda.
Istirahatkan dahi dalam atas matras atau tolehkan kepala Knda ke satu sisi, tahan lima napas. Putar kepala buat menghadap ke sisi kebalikannya & tahan lima napas lagi.

3. Arching Pigeon
Arching Pigeon (asal: popsugar.com)
Arching pigeon dijuluki menjadi pembuka pinggul alasannya adalah pose ini ampuh buat mengurangi kram perut, & membantu Knda merasa lebih kalem. Arching pigeon merangsang organ-organ internal, membentang otot bokong dalam, lipatan paha, & psoas otot panjang dalam sisi kolom tulang belakang & panggul. Melatih pose ini bisa membangun pinggul lebih fleksibel, mengurangi sesak yg ditimbulkan sang stres & ketegangan.

Begini caranya:

Duduk dalam lantai bareng lutut kanan ditekuk & kaki kiri lurus memanjang dalam belakang Knda
Letakkan tangan dalam pinggul & perlahan lengkungkan punggung hingga Knda mencicipi rentangan optimal dalam pinggul kiri depan. Bika variasi ini terasa terlalu menyakitkan, bersandarlah ke depan & tempatkan tangan dalam depan Knda. Bika Knda ingin peregangan yg lebih maksimum, angkat ke 2 tangan terentang dalam udara
Tahan selama lima napas atau lebih, ulangi pose buat sisi kebalikannya

4. Camel pose
Camel Pose (asal: popsugar.com)
Pose ini serius dalam perut. Sikap unta menaikkan fleksibilitas dalam tulang belakang, merangsang sistem saraf, membuka dada & bahu, & menaikkan sirkulasi & pencernaan. Tulang belakang kita hampis sebagian akbar waktu tersita dalam posisi condong ke depan berasal berjam-jam duduk dalam meja atau mengendarai tunggangan beroda empat. Karena tulang belakang juga dimaksudkan buat beranjak dalam ke 2 arah, perilaku ini bisa membantu memulihkan fleksibilitas alaminya alasannya adalah berlatih pose ini akan memperpanjang tulang belakang ke arah belakang & atas. Pose unta ini juga akan meregangkan & menstimulasi perut, yg baik buat mengatasi keluhan perut kram.

Begini caranya:

Berlutut dalam atas tikar yoga & raih pergelangan kaki Knda bareng ke 2 tangan bisa keliru satu saja (rentangkan tangan yg bebas ke udara)
Tumpu berat badan Knda ke depan, dalam lutut, buat menaikkan peregangan dalam paha depan, perut, & dada. Turunkan kepala ke arah punggung & tahan selama lima napas. Tukar posisi tangan jikalau Knda hanya dengan satu, pulang tahan dalam lima kali hitungan napas
Angkat torso buat mengembalikan tubuh Knda pulang ke posisi awal

lima. Cat pose
Cat Pose (asal: medicaldaily.com)
Cat pose memungkinkan Knda buat meregangkan tubuh atas & leher sambil menyampaikan pijatan lembut dalam tulang belakang & organ-organ perut. Aliran ini akan mengirimkan tenaga melalui tulang belakang buat melancarkan peredaran darah & mengurangi kecemasan. Posisi ini membantu jikalau kram menstruasi yg ditimbulkan sang sembelit.

Begini caranya:

Bertumpu dalam ke 2 lutut & telapak tangan. Pastikan tangan lurus sejajar bahu & lutut dalam bawah pinggul
Ambil napas dalam-dalam, kemudian turunkan dagu perlahan menunju dada, sejauh yg Knda bisa
Lengkungkan punggung (mirip kucing yg meregangkan tubuhnya) & buang napas ketika Knda bangkit berasal posisi. Ulangi 3-lima kali.

6. Tiger Pose
Tiger Pose (asal: medicaldaily.com)
Pose harimau ialah cara yg sangat efektif buat mengurangi nyeri punggung bawah. Gerakan yoga ini membentangkan tulang belakang berikut saraf-sarafnya, juga melemaskan saraf punggung bawah. Selain itu, pose harimau juga membantu meregangkan otot-otot perut.

Begini caranya:

Bertumpu dalam ke 2 lutut & telapak tangan. Pastikan tangan lurus sejajar bahu & lutut dalam bawah pinggul
Sekarang, angkat satu kaki & rentangkan menuju langit .Tahan selama 3 hitungan napas
Kembali ke posisi awal & ganti posisi kaki.  Angkat kepala buat mendongak ke atas agar menjaga posisi tulang belakang permanen selaras

7. Half Bound Squat
Half Bound Squat (asal: popsugar.com)
Pose ini akan meregangkan pinggul, penyebab pokok kram perut Knda.

Begini caranya:

Mulai dalam posisi jongkok biasa, satukan kaki Knda berdekatan. Turunkan bokong menuju tumit. Bika bokong tidak hingga tumit, selipkan lipatan selimut
Tarik napas & ayunkan lutut ke kiri sambil memutar tubuh atas ke kanan. Buang napas, capai siku kiri atas Knda bareng tangan kanan berasal belakang buat memperpanjang torso. Tahan lima napas
Kemudian seret tangan kiri Knda dalam antara lutut. Turunkan bahu kiri menghampiri lutut kiri sejauh mungkin yg Knda bisa (jadi Knda memeluk lutut bareng ketiak Knda)
Buka dada & menatap ke atas bahu kanan. Jaga pinggul selaras & lutut sejajar satu sama lain menghadap ke depan. Bernapas terus selama 30 hingga 60 detik buat lima kali. Tarik napas, menatap pulang ke depan, & menghembuskan napas buat pulang ke posisi awal. Tukar posisi.

BACA JUGA:

6 Tips Motivasi Diri Supaya Lebih Rajin Berolahraga
Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yg Pudah Dibuat
Muncul Flek Darah Saat Tidak Menstruasi: Haruskah Khawatir?
loading...

0 komentar untuk 7 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid