6 Manfaat Mengejutkan di Balik Alkohol dan Minuman Keras

6 Manfaat Mengejutkan di Balik Alkohol dan Minuman Keras
Salah satu temuan yg paling konsisten dalam global nutrisi belakangan ini adalah bahwa konsumsi alkohol dan minuman keras (dalam jumlah mini) bisa menaikkan kesehatan tubuh secara awam dan menuntun Knda kepada umur panjang. Manfaat alkohol buat kesehatan berkisar dari menguatkan otak, hingga menyembuhkan pilek dan masuk angin.

Manfaat alkohol bagi kesehatan

Berikut ini adalah 6 manfaat alkohol yg mungkin didapat bila Knda mengonsumsinya dalam jumlah seperlunya.

1. Baik buat kesehatan jantung

Asupan sewajarnya dari setiap minuman keras atau alkohol bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 %, berdasarkan review yg melibatkan lebih dari 100 studi prospektif dari Harvard School of Public Health, dilansir dari Live Strong.

Para peneliti dari Mediterranean Neurological menemukan bahwa mengonsumsi bir dalam batas sewajarnya setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 25 %. Tim peneliti menyimpulkan, minum bir hingga 1,tiga liter setiap hari buat laki-laki, dan setengahnya buat perempuan (lebih kurang 0,65 liter) bisa memiliki efek menguntungkan buat jantung Knda.

Sama halnya memakai mengonsumsi anggur merah (red wine). Selain cantik buat kesehatan jantung, minum anggur merah sewajarnya diketahui bisa membantu Knda menurunkan berat badan, mengurangi kelupaan, menaikkan sistem imun tubuh, dan mencegah pengeroposan tulang.

Manfaat alkohol terhadap kesehatan jantung berkaitan memakai kemampuannya buat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan taraf kolesterol dursila (LDL) dalam darah, dan mengurangi gangguan darah yg bisa berakibat penyumbatan arteri bareng agresi jantung yg bisa mengikuti.

BACA JUGA: Gejala Serangan Jantung Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

2. Bir kaya akan vitamin B

Bir nir selamanya berisi kalori kosong. Berbagai studi menemukan bahwa bir mengandung thiamin dan riboflavin (2 jenis vitamin B), juga kalsium, magnesium, dan selenium yg lebih poly daripada wine dan cider. Para peneliti menganggap hal ini ditimbulkan sang bahan dasar yg dipergunakan buat membangun bir (mirip jelai atau hops/pucuk pohon cemara) dan disparitas cara pembuatannya.

Senyawa aktif dalam hops bisa melindungi Knda dari risiko Alzheimer dan penyakit Parkinson, berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry dilansir dari Shape. Peneliti dari Cina menemukan bahwa hop mengandung xanthohumol yg dikenal memiliki manfaat antioksidan dan antikanker, berfungsi buat memperlambat perkembangan penyakit neurodegeneratif.

Namun demikian, bir jenis dark brew diketahui memiliki keunggulan nilai gizi yg mengalahkan jenis bir lain. Satu gelas standar (12-ons) bir lager memperlihatkan kurang dari satu gram serat, ad interim dark brew mengandung lebih dari satu gram serat per gelas hidangan. Yang lebih mengejutkan lagi, bir dark brew mengandung kandungan zat besi 121 ppb (parts per billion) dibandingkan memakai bir biasa yg memiliki 92 ppb dan fermentasi bit non-alkohol sebesar 63 ppb.

Zat besi membawa oksigen dari paru ke seluruh otot tubuh dan sistem organ lainnya, menjadi akibatnya waktu asupan zat besi Knda kepada bawah homogen-homogen, oksigen akan mengalir lebih lambat, yg bisa membangun Knda merasa lelah, indolen, dan praktis murka.

BACA JUGA: Tips & Trik Asah Otak Agar Tidak Cepat Pikun

tiga. Baik buat kesehatan ginjal

Meski minuman bersoda dan sirup telah dikaitkan memakai peningkatan risiko pembentukan batu ginjal (23-33 %), mengonsumsi bir dan wine kepada kenyataannya justru memperlihatkan persentase risiko yg jauh lebih rendah: 41% penurunan risiko kepada bir dan 31 % buat wine.

Selain itu, konsumsi rutin dari alkohol sewajarnya diketahui bisa menurunkan risiko keluarnya batu empedu. Sebaliknya, orang-orang yg nir rutin memasukkan alkohol dalam konsumsi kesehariannya nir memperlihatkan adanya interaksi yg signifikan terhadap risiko tadi.

Senyawa aktif dalam minuman keras menghipnotis kolesterol baik dan nir baik dalam darah, akan namun juga menghipnotis taraf kolesterol yg terkandung dalam empedu. Ditambah lagi, memiliki berat badan berlebih adalah galat satu faktor risiko keluarnya batu empedu. Maka, konsumsi minuman keras secara bertanggung jawab bisa membantu Knda mengelola berat badan sehat.

BACA JUGA: Membedakan Sakit Perut Karena Gas, Usus Buntu, Atau Batu Ginjal

4. Vodka baik buat menjaga kesehatan ekspresi dan gigi

Vodka memiliki taraf alkohol yg tinggi, yg juga memiliki kualitas antibakterial yg sangat baik. Saat dipergunakan menjadi obat kumur cara lain, vodka bisa membunuh bakteri penyebab bau ekspresi, dan bila Knda ingin menambahkan faktor sehatnya, Knda bisa tuang beberapa btg cengkeh, lembaran daun mint, atau sebatang kayu manis buat menaikkan kesegarannya.

lima. Meningkatkan kinerja otak

Rutin menenggak bergelas-gelas alkohol diketahui bisa menghambat otak dalam jangka panjang, namun bila Knda memahami triknya dan mengonsumsi minuman keras favorit Knda memakai sewajarnya, alkohol bisa membantu mencegah penurunan fungsi kognitif otak.

Penelitian dari Loyola University menemukan bahwa peminum miras yg mengontrol jumlah konsumsinya memperlihatkan penurunan risiko kerusakan kognitif sebesar 23 %, termasuk penyakit Alzheimer, dan bentuk lain dari demensia bila dibandingkan memakai gerombolan orang non-peminum minuman keras.

Sebuah studi terbitan Consciousness and Cognition memperlihatkan bahwa konsumsi minuman keras dalam porsi sewajarnya memiliki keterkaitan memakai fungsi pemecahan persoalan out of the box, alias creative thinking. Tim menemukan bahwa laki-laki yg meminum vodka cranberry hingga taraf alkohol dalam darahnya mencapai 0,75 % berhasil memecahkan persoalan kreatif dalam waktu yg lebih cepat daripada gerombolan laki-laki yg nir meminum alkohol.

BACA JUGA: lima Manfaat Berkumur memakai Air Garam

6. Wine baik buat mencegah flu dan masuk angin juga memelihara kesehatan mata

Memang, konsumsi alkohol kronis bisa menghambat sistem kekebalan tubuh dan justru menempatkan Knda kepada risiko yg lebih tinggi terhadap poly sekali macam penyakit, namun kuncinya adalah: sedikit saja!

Studi yg dilakukan sang Oregon Health & Science University terhadap simpanse Makaka (primata yg memiliki rancangan sistem imun tubuh paling mirip memakai insan) menemukan bahwa simpanse yg mengonsumsi wine dalam batas lumrah memperlihatkan peningkatan kualitas sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, simpanse yg minum terlalu poly memperlihatkan kekebalan tubuh yg melemah.

Segelas red wine, bila dibandingkan memakai white wine, memiliki kandungan zat besi, magnesium, potasium, dan lutein juga zeaxanthin yg lebih tinggi. Semua senyawa ini adalah karotenoid yg bisa mengurangi risiko Knda terhadap katarak dan degenerasi makular (hilangnya penglihatan sentral implikasi kerusakan kepada tengah retina, sekaligus penyebab pokok kebutaan kepada usia 50 tahun ke atas).

Ingat, terlalu poly malah berbahaya

Sebelum Knda membuka botol sampanye Knda buat merayakan info baik ini, ingatlah bahwa tanggung jawab adalah kunci demi mendapatkan holistik manfaat ini. Minum bertanggung jawab artinya homogen-homogen satu gelas minuman keras pilihan Knda dalam satu hari buat perempuan dan 2 gelas sehari buat laki-laki. Di luar panduan sehat ini, Knda justru akan membahayakan kesehatan Knda.

BACA JUGA: 7 Bahaya Menenggak Banyak Alkohol Sekaligus
loading...

0 komentar untuk 6 Manfaat Mengejutkan di Balik Alkohol dan Minuman Keras